KabarNet

Aktual Tajam

MUI: Debus Haram! “Fatwa Itu Tidak Masuk Akal?”

Posted by KabarNet pada 18/08/2009

debus6 Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia se-Jawa dan Lampung telah mengeluarkan fatwa kesenian tradisional debus dengan menggunakan bantuan jin, setan dan mantera-mantera, hukumnya adalah haram. Perkumpulan Pencak Silat Gagak Lumayung Jawa Barat menganggap fatwa tersebut tidak masuk akal.

“Kesenian daerah itu bukan urusan Majelis Ulama Indonesia,” kata Ketua Bidang Seni Budaya Pencak Silat Gagak Lumayung Jabar Heri Anta di Bandung, Senin (17/8).

Menurutnya, banyak hal yang harus dilakukan MUI, dan bukan hanya mengeluarkan fatwa yang tidak seharusnya seperti fatwa haram merokok dan haram cara berpakaian dayak Indramayu. “Malah hal tersebut merusak citra Islam di mata masyarakat,” ujarnya.

Heri menyebutkan, kesenian debus merupakan salah satu kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang dan tidak ada aturannya dalam kitab suci. Seharusnya, MUI mengeluarkan fatwa yang sesuai dengan kitab suci. “Debus dianggap haram dilihat dari parameter sebelah mana? Biasanya yang diharamkan dalam kitab suci daging babi dan mabuk-mabukan,” imbuhnya.

Dia menambahkan pihak MUI mengeluarkan fatwa mengenai debus mungkin karena tidak ada pekerjaan. Sejak dulu sampai saat ini kesenian debus tidak pernah bertentangan dengan ajaran Islam. “Kalau bukan produk Islam mengapa harus diharamkan. Kebudayaan debus sendiri belum pernah melanggar ajaran Islam,” ujarnya.

Kalau debus mengandung unsur kekebalan, kata Heri, maka sepakbola api yang sering dilakukan di pondok pesantren seharusnya juga diharamkan. “Itu juga sama seperti debus memakai doa dahulu sebelum melakukan kegiatannya,” cetusnya.

Dia menyebutkan, pemain debus juga tidak lupa menunaikan ajaran Islam seperti puasa dan salat lima waktu. Namun, kata Heri, pemain debus tidak ibadah salat ketika melakukan aksinya. “Pemain debus melakukan aksinya tidak setiap hari kok. Apabila sihirnya yang diharamkan, sejak zaman Nabi Musa ilmu sihir sudah ada,” pungkasnya.

10 Tanggapan to “MUI: Debus Haram! “Fatwa Itu Tidak Masuk Akal?””

  1. sepakat

  2. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Semoga Amal Ibadah Puasa Kita Diterima Disisi Allah SWT

  3. Mahbud said

    Satu lagi adegan badut yang dipertontonkan oleh MUI. Sebentar lagi, pasti keluar fatwa haram untuk ondel-ondel. Dasar monyet.
    Yang pantes diharamkan itu adalah islam yang banyak menebar teror.

  4. Anonim said

    SI CERDAS DAN SI TOLOL

    Ketika Penasehat Khalifah Harun Ar-Rasyid meninggal dunia. Maka ada keinginan dari Khalifah Harun ar-Rasyid untuk mengangkat penggantinya.

    Dari sekian ribu pelamar. Terpilihlah 1 kandidat yang akan menduduki posisi PENASEHAT KHALIFAH.

    Dalam wawancara terhadap kandidat itu, hanya ada 1 pertanyaan yang diajukan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid.

    Pertanyaannya adalah Apa bedanya CERDAS dan Tolol?

    Si kandidat yang bernama Abu Nawas ini menjawab.

    Ciri-Ciri orang yang cerdas adalah apabila berkomentar dia memiliki argumentasi yang baik, valid dan memberikan solutif, serta menyampaikannya dengan akhlakul karimah.

    Sedangkan ciri-ciri orang yang tolol adalah apabila berkomentar dia marah-marah, mencaci maki yang lain, dan bahasanya kasar.

    Nah…kayaknya si Alif, Mahbub dan Mr.Jhony Walker termasuk kelompok yang TOLOL.

    HA…HA….Kacian deh lu..

  5. Enyak-e Mahbub said

    Hai mahbub….lo ini udah ku bilangin…jangan ikut-ikutan komentar…
    ilmumu belom nyampe…lo ngaji aje gak bisa…mau ngomentarin MUI…

    Ayo mahbub anakku…lo minta maaf ama bapak-bapak MUI…Enyak lo takut lo KUWALAT…

    Lo juga sholat taubat…baca istighfar…

    Jangan ulangi lagi ya…bub…

    Wassalam
    Enyak-e Mahbub

    Empok Udah binti Si Pitung

  6. mulya said

    islam melarang umatnya bertemen dengan setan dan jin,,, apakah debus pake bantuan jin atau setan..? kl ya.. berarti haram dunk,…smoga anda bisa tobat…

  7. israel raya said

    bagaimana mgkn MUI bisa dipercaya halal haramnya kalo fatwa halal aja harus diganti dgn uang,emang kalian pikir MUI ngluarin fatwa halal gratis pa??? sodara gw aja buka perusahaan minuman kaleng aja harus bayar 15 juta demi dapat sertifikasi halal,kalo ga bayar ga bakal dianggap halal,dasar ulama indonesia sekarang mata duitan dan munafik,kalo kalian ga percaya cek aja ke MUI pusat,lha wong pgn punya gelar ustadz aja jamn skarang ga harus hafal quran,ada duit 5 juta lgsg dapat srtifikat ustadz,gw berani buktiin.makanya debus dianggap haram krn ga pernah kasih pajak ma MUI dalam tiap aksinya.

  8. Zelf said

    Tidak demikian lah.
    hehehe..
    debus makai Jin dan setan.
    Di haramkan, tidak di baikan sperti itu
    tpi jika kalian menggap halal tidak maslah
    Agma mu.. agama mu.. agma ku agama ku..

    Gitu aja kok repot

  9. Musa said

    Patuh Lah kepada Pemerintah ikutin aturan pemerinta negara aj.. Bukan Ke MUI,

  10. Musa said

    kalian tau dari mana klo debus itu aliran jin dan setan..? saya pernah lihat siaran di tv. seorang Ustad cilik dengan rekan2 nya beraksi tahan bakar tahan bacok dll. itu ajaran apa? emamg dlm ajaran muslim ada ya diajarin biar tahan bacok,tahan bakar,dll, dan untuk apa demikian. klo untk nyembah tuhan ga perlu kali tahan bacok. malah kita harus bersih jujur dan tulus, ngapaen pake tahan bacok segala. Aneh emank jaman sekrang.. Budaya negara sndiri di complain.. hahaha…

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: