KabarNet

Aktual Tajam

Ribuan Santri Blokir Tol Cikapa

Posted by KabarNet pada 15/10/2009

CIREBON- Janji warga Pondok Pesantren (Ponpes) Babakan, Kecamatan Ciwaringin untuk memblokir jalan Pantura bukan isapan jempol. Mereka menggelar aksi protes terhadap pembangunan jalan tol Cikapa (Cikampek-Palimanan) dengan memblokir jalan Pantura Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Selasa (13/10).

Aksi yang dimulai pukul 14.00 itu diikuti para santri Pontren Babakan, Ciwaringin, dan masyarakat sekitar yang menolak pembangunan jalan tol Cikapa. Sebelum orasi, para santri menggelar salat gaib yang dipimpin KH Marzuki untuk mendoakan agar pihak terkait dalam proyek jalan tol Cikapa segera sadar. Selanjutnya, para pendemo menggelar tahlil dan zikir bersama di jalan tersebut.

Sambil meneriakkan kalimat tahmid, tahlil, dan takbir, para santri melampiaskan kekesalan dengan membakar foto dan replika patung Muhammad Jusuf Kalla, Menteri PU Joko Kirmanto, dan Menteri Agama Maftuh Basyuni sambil menginjak-injaknya hingga menjadi abu. Ketiga tokoh itu oleh mereka dianggap orang yang terlibat dalam tol Cikapa.

Menurut pengasuh Pontren Babakan, KH Zamzami Amin, pergeseran pembangunan jalan tol Cikapa dari utara Cirebon menuju selatan adalah harga mati bagi warga Pontren Babakan. “Kami akan tetap berjuang sampai kapan pun. Dengan dipecahnya kawasan Pontren Ciwaringin oleh proyek jalan tol Cikapa, berarti telah mengoyak-oyak kerukunan para kiai. Sepanjang sejarah belum pernah ada kasus seperti ini. Bahkan hari ini (kemarin, red) akan dilakukan penggusuran rumah dan tanah terhadap beberapa kiai sesepuh,” paparnya kepada para wartawan.

KH Zamzami menambahkan, datangnya surat sosialisasi yang berasal dari gubernur diyakininya melanggar hukum. “Menurut UU No 38 tentang jalan pasal 54 menyebutkan, setiap orang dilarang mengusahakan suatu ruas jalan sebelum adanya penetapan menteri. Tapi surat yang datang bukan dari menteri melainkan dari gubernur. Hal ini telah melanggar ketentuan pidana bab 8 pasal 23 ayat 5 dan setiap orang yang melanggar UU tersebut dikenakan sanksi penjara 15 tahun dan denda Rp15 miliar. Jika harus ditempu dengan jalur hukum, kami siap melawan,” terangnya.

Sementara itu, salahsatu orator aksi Baekuni mengatakan, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten adalah kebijakan orang gila. “Apa gunanya ada bupati?” tegasnya.

Sementara itu, KH Marzuki menuturkan, pesantren adalah basis budaya, tradisi pendidikan Islam, dan pesantren lahir sebelum adanya bangsa ini. “Kami koalisi santri menuntut pemindahan secepatnya trase jalan tol Cikapa yang melintas di Pontren Babakan. Mencabut SP2LP yang telah ditetapkan gubernur Jabar No 620/KEP.184-SAREK/2008 tanggal 7 Maret 2008 tentang penetapan trase. Cabut kembali surat Menteri PU No TN.01.01-MN/180 tentang pelaksanaan pengadaan tanah ruas jalan tol Cikapa. Serta menuntut kepada menteri agama yang telah ikut campur memberikan desakan dan keputusan yang bukan wewenangnya melalui surat No MA/35/2009 tanggal 20 Februari 2009 agar mencabut kembali dan meminta maaf secara terbuka kepada kiai dan sesepuh Pontren Ciwaringin,” paparnya.

KH Marzuki juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan umat Islam untuk bersama-sama menyelamatkan pendidikan Islam dan Pontren Babakan, Ciwaringin yang akan dihancurkan oleh pemodal yang tidak berpihak kepada rakyat. Aksi yang berlangsung selama dua jam itu menyebabkan arus kendaraan dari Cirebon menuju Bandung dialihkan ke Palimanan menuju arah Jakarta. (mid/JPNN.COM/ara)

15 Tanggapan to “Ribuan Santri Blokir Tol Cikapa”

  1. Syuhada Rofiqie said

    Salam sejatera untuk pembaca yang budiman

    Melihat dan mendengar adanya berita ini sungguh sangat memalukan… bagi saya dan masyarakat asli babakan engatak bahwa demo ini hanya sebuah pertunjukkan dan hiburan semta dan tidak lebih…..! kenapa..?
    saya akan uraikan secara detail mengenai hal ini, karena saya asli warga babakan…….!
    1. yang demo hanya segelintir orang(kurang Kompensasi).
    2. yang demo bukan ASLI WARGA BABAKAN CIWARINGIN mereka hanya santri-santri polos di bawah umur yang tidak tahu pasti permasalahnya yang mereka tahu hanya ” TOL MEMEBELAH PESANTREN” sejati mereka semua tidak tahu bahwa mereka hanya diperalat oleh kyainya saja. tolong sedikit objektif dalam memandang sebuah permasalahan. adanya pembangunan jalan TOL itu sendiri satu senti pun tidak membelah pesantren babakan…. ini adalah politik kejam yang dilakukan oleh sekelompok kecil, karena memanfaatkan kepolosan para santrinya untuk melancarkan misi “kenyang perut”. jika para pembaca budiman masih belum percya silahkan tanya warga asli babakan sendiri apakah TOL tersebut akan membelah pesantren babakan..?

    jika masih tidak percaya ada bukti yang lebih reel dari pembangunan jalan tol ini. dan tolong di fikirkan baik- baik buat para wali santri apa mau anak anda menjadi seorang yang berperangai buruk..? saya yakin tidak….! kasihan mereka mereka tidak tahu apa-apa, mereka seharusnya belajar dan mengamalkan apa yang telah didapat setelah mondok di pesantren bukan hasilnya jadi tukang demo…..! dan buat para oknum kyai yang kontra terhadap TOL sehingga membuat Opini lucu bahwa Pembangunan ini akan membelah pesantren babakan . jangan pernah membawa nama warga babakan..untuk misi anda- anda semuanya….

    ingat anda sosok yang harusnya patut diteladani bukan ditelanjangi karena kebodohan ini…. ingat juga para kyai pendahulu saya yakin tindakan anda ini pasti akan di tentang keras-keras.. anda menikmati fasilitas dari pemerintah untuk pembangunan pesantren anda tapi anda sendiri yang mengingkari semua itu…. sungguh tak tahu malu………..!

    jangan pernah bawa nama hukum kalau anda tidak memahami arti dari hukum yang sebenarnya…! apa anda mau menanggung kerugian dari pemindahan jalur TOL ini…….? bayangkan jika Tol berhasil dipindah berapa kerugian yang harus di tanggung oleh pemerintah ini..? apa anda sanggup mengganti semuanya…?

  2. Syuhada Roifiqie said

    Citra ulama di babakan mulai memudar karena Ulahnya sendiri…. amu dikemanakan kultur asli dari warga ababakan yang bersahaja…..?

  3. Inilah potret agama Islam. Munafik…. sembahyang ditengah jalan. Pakai putih-putih lagi. Tapi hatinya busuk. agama hanya diperalat. santri-santi yang goblok-goblok dijadikan tameng.

    enggak heranlah….. dikawini aja mau apa lagi hanya untuk disuruh sembahyang kayak orang gila ditengah jalan.

  4. Alin Soeryaraga said

    agama adalah rohmatin lil alamin…. dengan jalan tol akan membuat distribusi sebagai murah sehingga harga2 barang akan bersaing… kiai2 jangan jadi samin… apalagi mau uang! think positif ya!

  5. Alexa said

    Emang para kiai itu pengen uang

  6. virus said

    mr jhony walker..anda orang mana . saya akan kejar anda sampai ketemu….anda adalah anjing…..kalo ngomong gak di jaga….awas saya selalu akan mencari alamat anda..siap-siap menemui kesakitan yang amat sangat…dasar anjing luh. dasar babi…

  7. hahaha…apa yang dipaparkan Syuhada Rofiqie atau Nuruzzaman (menantu Ayip Hud) atau Agus Aziz atau Amin Fuad atau siapapun karena tak berhasil mendapatkan “upeti” dari calo tanah. Cuma Nuruzzaman yang dapat mobil Xtrail, cecunguknya ga dapet apa-apa hahah..sudah ditipu Eten Roseli ketipu orang sendiri (sesama calo amatir) mereka tertipu, terlalu percaya dengan iming-iming yang diucapkan Ir. Eten Roseli (Pejabat TPT jawa Barat). masa menteri PU yang di demo kalian yang gusar hehehe…. belum dapet jatah ya hayooo…kasihan deh lu…makanya mas, jangan terlalu Thoma’. proyek Tol Cikapa tak semudah dan tak segampang yang kalian kira. fakta yang membuktikan, kalau berani berbuat harus berani bertanggungjawab. hahah lucu, saking nafsunya sama duit yang tdk kesampaian, ngocehnya umpet-umpetan. nongol donk kalau berani. hahahaha…

  8. aseli babakan said

    Hoii jangan mengatas namakan Asli Babakan kalau anda masih nyari dana kebupati,kemanalah mengatas namakan pesantren ingat kalau anda asli babakan, apakah ada ulama pendahulu kyai amin,dan kawan2 apa mereka mengemis…kepada pemerintah…tidak sama sekali…!!!!! jadi sangat di sayangkan mengatasnamakan asli babakan tapi justru menjual nama babakan.!!!! hanya untuk perut sendiri saya tahu siapa anda….!! jangan memutar balikkan fakta. ga usah bawa nama yang telah ” IRA ” sebutkan di atas….!!! mereka mengomentari apa yang sebenarnya terjadi dan mereka bukan calo seperti ” KANJENG RAI IRA “….islami tapi busuk buat apa…?? aku yakin dengan jadinya tol cikapa ” SIRA GA melu nikmati fasilitas ” paham dadi ora usah sok gegulat Mr.Jhony sapa lah…..atau siapa…?? mereka berkomentar karena mereka malu terhadap apa yang anda kerjakan ( menjual nama Kyai,babakan hanya demi kepentingan kelompokmu sendiri ) paham….!!!!

  9. aseli babakan II said

    ikuh ning fotoe ga ngadeg lagi dedonga gage kopensasie mudun…kang ning guri dadi cucuke imam gage bonuse metu….!!

  10. Jumirah Estelle said

    Buat Virus : jaga you’re COCOT….mader gawene bebodo wong, bolak-balik gawa proposal..jaluk sumbangan sok,kalau anda bijak dalam menyikapi suatu permasalah ga harus seperti itu ” apa kata Anjing itu pantas buat orang yang kamu tuju ” kalau bagi sira dia anjing berarti kamu orang lebih busuk dari satoan…??? hmmmmm iya asale ijasae oli tuku terus ana tambahan pelajaran bahasa binatang makae pinter ning lambe dudu istighfar bae tapi kata-kata kotor pun kau mudah tuk ucapkannya…!!! siapa Mr.Jhon kamu ga usah tahu…!!! mader kerjae turu gegulat duit bli jelas,ngomong maksiat tapi facebook karo maksiat tetep jalan bagen umpet-umpetan….!! isiiiiiiin pisan euyyyy…!!!! ternyata kamu mulia di depannya tapi derajatmu rendah tak bisa menjaga lisanmu…jaga akhlak kalau kamu suka menyalhakn orang lain…!!

  11. kimardiyah said

    waduh..waka…waka ee……dukungggggg euyyyy!!!!!!! maradona VS Ozil Ya menang Ozil…buktie spanyol kang juara…!

  12. Tukang Becak Babakan said

    Bismillahirrohmaanirrohiim ….

    Assalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

    Dengan ini saya sampaikan bahwa, TOL CIKAPAadalah salah satu program pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.
    adanya jalan tol karena fasilitas jalan raya mulai padat dengan kendaraan baik itu umum aupun pribadi.
    jalur tol CIKAPA yang melintas di desa Babakan bukan membelah atau menggusur pesantren tetapi, membelah wilayah desa Babakan.

    yang saya khawatirkan sebagai tukang becak, jalan tol akan merubah fisik jalan babakan jalur kalap (kasab-lapangan).
    kalo toh jalan raya babakan dialihkan diatas jalan tol, otomatis saya sebagai tukang becak merasa dirugikan karena, jalan menjadi naik.

    menanggapi demo tolak tol, yang dilakukan di jalan raya cirebon-bandung tepatnya di pintu masuk desa babakan pada waktu itu, menggelar sholat ghoib untuk korban gempa padang. saya kecewa. karena pada hari itu saya tidak mendapat penumpang satu pun.
    jalan di blokir pendemo menggelar sholat ghoib. knapa mesti di jalan? bukannya masjid di Babakan ada 3 masjid?

    melihat teman-teman sopir juga mengeluh karena, perjalanan terhambat. laju yang ditarget lambat. penumpang pun gelisah, mereka mengeluh dan merasa dirugikan oleh warga babakan yang menggelar demo.

    saya sebagai warga babakan merasa malu, isin, wirang ,,,,

    Pada ngaji kitab tapi bli pada ngaji rasa ….

    ora pro TOL ora Kontra TOL (KON-TOL), langka sing mikiri kita wong miskin.

    Wis, kesuwun.
    Assalaamu’alaikum …….

  13. BABURAKMAN (bABAKAN bURAK iMAN) said

    aSSALAAMU’ALAIKUM.
    SALAM SEJAHTERA
    OM ASTIASTU

    PRO-KONTRA ITU HAL YANG WAJAR.
    TETAPI, SAYA MOHON JANGAN SALING MENGHINA, MENGEJEK APALAGI MEMBUKA AIB.
    BUKANNYA DI PESANTREN KITA DIAJARKAN UNTUK TIDAK MENGghibah?

    BABAKAN ITU LUCU…
    ADA SALAH SATU PESANTREN YANG PUNYA HAJAT, MAKA… PESANTREN LAIN CUEK.
    TETAPI KETIKA ADA IVENT KONSER IWAN FALS YANG MENGUNDANG KERICUHAN ANAK MUDA MAKA MEREKA CEPAT TANGGAP…

    PERPECAHAN BABAKAN BUKAN HAL BARU,
    DARI DULU-DULUNYA.

    JANGAN MENGAKU ASLI BABAKAN, KARENA… PENGURUS ATAUPUN PENGASUH DALAM HAL INI KYAI.
    TIDAK ADA YANG ASLI BABAKAN.
    KETURUNAN KABEH.

    WIS, AJA PADA TUKARAN… LANGKA GUNAE ….
    GAGE PADA WAWUAN …..
    MELAS NING KYAI SANUSI, KYAI MUKHTAR, KYAI KHARIRI, KYAI KHANNAN, KYAI SYAEROZIE, KYAI MASDUQI ALI, KYAI YAHYA, KYAI MUNTAB LAN KYAI-KYAI PENDAHULU SEJENE.

    AJA DAU KENANG TOL BAE WIS PADA RIBUT, TUKARAN, SALING JAMA’AH FITNAH, WADAN-WADANAN.
    MASIH AKEH SEJENE KANG LUWIH PENTING, SING PERLU DIPIKIRI KANGGO PESANTREN DAN MASYARAKAT.

  14. achay sayidi bacicir said

    saya setuju dengan baburakman dan tukang becak ,
    ayu pada tahlilan, ayu pada marhabanan, ayu pada istighosah, bari atie pada tenang.
    satukan hati sambung tali silaturahmi,
    jadilah tauladan santri yang dianjurkan oleh nabi,
    khususon ilaa ruh syyidina MUHAMMAD SAW
    wailaa arwah almarhum kiyai babakan
    ALFAATIKHAH…………..

  15. Anonim said

    Janagan Kalian Menghina Kyai Penyangga Bumi Penerus Para Wali,, Apabila Iman Kalian Belum Sampai Tenggorokan Saja Berani Menyatakan Iman !!! Apakah Tingkatan Kalian Setara Para Alim-Ulama??
    Mereka Bukan Melakukan Solat Wajib,, tapi Memohoon Kepada YANG MAHA TEGAK YANG MAHA KUASA Merapatkan Diri Pada ALLAH Membuktikan Kekompakan Dan Persatuan ISLAM yang Kuat…
    Beliau_Beliau Pembela Islam,, Menjungjung Tinggi Agama ISLAm

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: