KabarNet

Aktual Tajam

Tragedi Priok: Satpol PP Dijebak Polisi & TNI?

Posted by KabarNet pada 18/04/2010

INILAH.COM, Jakarta – Beberapa saat menjelang bentrokan di depan makam Mbah Priok, tiba-tiba personil dari polisi dan TNI yang ikut, mundur. Satpol PP seperti dijebak?

Dugaan ini disampaikan oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu, Hotma Sinambela. Dalam diskusi bertema “Siapa Butuh Satpol PP?” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (17/4), Hotma mengungkapkan fakta Tragedi Priok, 14 April lalu.

Hotma mengatakan, 50 anggotanya ikut bergabung dengan 1.750 personil Satpol PP se-DKI Jakarta dalam peristiwa itu. Hotma merasa, Satpol PP sengaja dipasang di garda terdepan proses eksekusi. Begitu bentrokan terjadi, personil dari kepolisian dan TNI malah meninggalkan lokasi. “Kita ditinggalkan di lapangan oleh rekan-rekan polisi dan TNI,” ujar Hotma, dengan kalimat yang diulang-ulang sebagai penegasan.

Hotma kemudian mengungkap kronologis kejadian itu. Selasa (13/4) pukul 09.30, digelar rapat di kantor Walikota Jakarta Utara. Ada perintah agar dikerahkan personil Satpol PP dari 5 kota dan 1 kabupaten yang ada di wilayah DKI. Diputuskan pula perlunya bantuan dari 2 SSK Brimob Polda Mero Jaya, 2 SSK dari Samapta, Garnisum, POM AL, 20 aparat Kodim, dan personil kecamatan. Total ada sekitar 2000-an petugas.

Rabu pagi pukul 05.00, seluruh personil menggelar apel dan langsung meluncur ke lokasi makam Mbah Priok. Sampai lokasi, warga sudah siap bentrok. Banyak diantaranya membawa sajam, seperti samurai. Ada dugaan telah terjadi miskomunikasi, di mana warga beranggapan Satpol PP akan menggusur makam Mbah Priok. Padahal, sasarannya hanya gapura terdepan saja. Korban pertama jatuh justru dari Satpol PP. “Tameng rekan kami terbelah kena samurai dan orangnya menjadi korban,” kata Hotma.

Akibatnya, suasana makin panas. “Karena polisi lepas tangan, ya terpaksa satpol PP yang maju ke depan,” tegasnya, dengan nada tinggi.

Berikut Foto-foto “TRAGEDI PRIOK II”…………….

Foto-foto di atas, kami ambil dari berbagai sumber dalam negeri dan luar negeri. Mudah-mudahan peristiwa memilukan ini tidak terulang kembali di bumi pertiwi ini.

STOP KEKERASAN!!!… STOP KEDHOLIMAN!!!…

Admin.

34 Tanggapan to “Tragedi Priok: Satpol PP Dijebak Polisi & TNI?”

  1. taUbat said

    Tragedi Priok: Satpol PP Dijebak Polisi & TNI?

    Sebagai masyarakat biasa dan hanya pendapat pribadi saja, memandang peristiwa tragedi ini adalah adanya pembiaran konflik dilapangan terus berlanjut dan semua lepas tanggung jawab.

    Sudah diprediksi akan terjadi benturan hebat antara Satpol PP dan Warga, ketika setelah sholat subuh melihat berita di TV bahwa ada pertahanan di makham Mbah Priok yang akan digusur.

    Disitu ada beberapa stasiun TV, Wartawan, anggota DPR dan Tokoh masyarakat dll.

    Untuk memediasi dan menghentikan Satpol PP, tetapi terlihat adanya perlawanan dari pimpinan Satpol PP dan semakin beringas, tayangan ini disaksikan seluruh pemirsa TV dan anehnya……. tidak ada yang menyikapi komando dari satpol PP tersebut.

    Sedangkan ini adanya di Ring 1 (Jakarta) artinya barometernya Nusantara.

    yang menjadi pertanyaan siapakah yang mestinya bertanggung jawab ?

  2. Semendo said

    Yang patut disesalkan adalah sepertinya kejadian seperti ini terus berulang. Entah korbannya aparat atau rakyat, tetap aja mereka semua makhluk tuhan…

  3. soetrisno said

    Pelajaran berharga bagi pemerintah yang merasa memiliki otoritas paling kuasa, bila kumpulan massa yang terkotiminasi adanya gerakan membela kebenaran untuk menegakan Keadilan,dan penistaan terhadap Agama jangan coba-coba untuk melawannya kecuali kalau rezim sudah siap menerima besarnya korban jiwa yang anda inginkan, ya monggo!!

  4. 'Arief said

    Sebenarnya ini peristiwa biasa saja, seperti peristiwa-peristiwa penggusuran yang lain.
    Namun menjadi tidak biasa, karena kasus Priok ini berkaitan SARA.
    Dimanapun bila menyinggung wilayah SARA, runyam akibatnya.
    Terkait juga dengan latar belakang berbagai kepentingan yang demikian fundamental di belakangnya.
    Bila memakai etika dan pendekatan persuasif, tentu lain lagi kejadiannya.
    Sudah ada dua atau tiga makam habib yang juga tokoh2 pendakwah dan penggerak islam masa lalu, bukan cuma bangunannya yang dibongkar, makamnya juga dipindah. Tidak masalah. Salah satunya pada masa gubernur Ali Sadikin.
    Tapi maaf saya tidak tau persis rincian latar belakangnya. Bisa jadi waktu itu di bawah rezim Orba. Mungkin lain suasananya.

    Yang jelas, semoga tidak terjadi lagi.

  5. engeldvh said

    wah, susah juga kalo dibilang pol pp dijebak…
    mungkin ini bagian dari strategi menghadapi massa
    Kayak perang juga kan, pasti ada bagian depan dan ada pelapis
    mungkin saja begitu, ga usah berpikiran negatif dulu…..^^b
    Oiya, silakan berkunjung….ada oleh – oleh EDITOR PDF GRATIS
    http://engeldvh.wordpress.com/2010/04/18/editlah-file-pdf-dengan-pdf-ocr/

  6. Fauzan said

    yang jadi korban itu saya kira rata-rata orang islam. baik dari warga maupun dari satpo PP. itulah islam indonesia. kalau sudah berurusan dengan habib, nyawapun disetor. sementara tenang-tenang saja. para provokatori dari belakang. jadi itu semua karena kebodohan orang islam indonesia. kalaupun satpol PP dijebak Polisi dan TNi, maka berarti itu komendannya adalah yang membel. sehingga dia biarkan para satpol PP, dibunuh oleh warga. sebab kalau tidak, asal semua yang bawa sajam dilucuti sama polisi dan TNI, pasti dah tidak akan terjadi seperti itu.

    soal kuburan habib…. emangnya kenapa kalau kuburan habib. mengkramatkan kuburan habib, bukankah itu juga syrik????

  7. Hamba ALLAH said

    Ternyata para penguasa/para pejabat tinggi Negeri ini tak pernah henti-hentinya.mengadu domba rakyat kecil yg tak berdosa.
    dengan mengatasnamakan merenovasi/demi ketertiban mereka sebenarnya tak lain hanya untuk mencuri ataupun menduduki lahan milik rakyat & demi kepentingan bisnis semata mereka tertawa bagai tak tercela sedikitpun
    dan selama ini penguasa tidak pernah bertanggung jawab atas tindakan yg mereka buat,bagai melempar batu lalu sembunyi tangan….
    jadi jelaslah kita tlah kebenaran sedikit demi sedikit mulai terungkap
    dan pastilah kita tlah mengetahui siapakah para PENGECUT & PECUNDANG yang sebenarnya…

  8. Fauzan said

    yang mengadu domba rakyat kecil itu adalah tanah itu akan dibagi sama semua orang yang ikut dalam peristiwa itu???? kalaupun dibayar, paling yang dapat duit cuma itu. jadi yang mengadu domba rakyat kecil itu adalah. orang islam indonesia bodoh. kalau sudah mati atau terluka begitu ikut merasakan??? mereka hanya menjanjikan mati sahid dan dapat bidadari 72. itu thok. makanya mikir dong. jangan mau diperalat.

  9. mbah said

    kalau boleh mbah bertanya : apakah peristiwa periuk itu karena adanya Rp 11 milyar.
    sebab sekarang lagi ngetren uang paling berkuasa melalui mafia kasus, mafia hukum……

  10. Raden said

    @mbah,
    INJIL MARKUS, Injil Makelar Kasus 🙂

  11. FAIZIN - said

    @Fauzan

    6. Fauzan berkata
    19 April 2010 pada 16:23

    soal kuburan habib…. emangnya kenapa kalau kuburan habib. mengkramatkan kuburan habib, bukankah itu juga syrik????

    *

    buat @Fauzan
    dari FAIZIN

    Ee…ee..e… maap..
    Ee… e..eee… nganu…
    Ee… eee..e… orang bertanya musti dijawab…

    Menurut ensiklopedia, Syirik adalah konsep dalam Islam untuk merujuk pada aktivitas mempersekutukan dan/atau mempersamakan Tuhan dengan makhluk atau sesuatu selain Tuhan. Aktivitas ini sendiri memiliki lawan yakni konsep Tauhid, yaitu konsep Islam untuk ke-Esa-an Tuhan.

    Berziarah ke makam, ke kuburan para Wali, ke kuburan para Habib, ke kuburan orang2 suci, bahkan ke kuburan Nabi, untuk mendoakan orang yang kuburannya diziarahi (karena jasa2nya), sambil berdoa memohon kepada Allah SWT, sambil membaca biografi orang2 suci tsb untuk mengingat perjalanan hidup beliau dengan tujuan mengambilnya sebagai suri tauladan, sepanjang tidak ada niatan dalam hati untuk mempersekutukan dan/atau mempersamakan dan/atau menyetarakan Allah SWT dengan sosok yang diziarahi maka aktifitas tsb tidak termasuk syirik. Bahkan hal tsb dianjurkan dalam ajaran Islam karena mengingatkan manusia akan kematian.

    Ee… e..eee… nganu…
    Ee…ee..e… maap..
    Ee…ee..e… dari FAIZIN.

  12. Paulus Nabi Palsu said

    Hei Fauzan alias Jhony Walker bodat !! lo urus aza tuh agama lo yg cinta kasih itu tapi ajarannya terorisme, perzinahan, pemerkosaan, incest, dan pornografi sampe pendeta, uskup, kardinal bahkan Paus sendiri melakukan pedofil sama domba2xnya yang sesat, dasar teroris lo

  13. faku alamat said

    NAMA FAUZAN NGEN***.
    ANJI**….DST>>>>>

  14. dewa perdamaian said

    orang udah mati aja aj d ziarah khan…..gitu aj d agung2 khan…yg penting di doan khan..ng perlu d makamx…berdoa dmn2 jg bisa…….kalian smua tersesat iblis sebetulx…cmn berkedok agama…..

  15. anti anarkis... said

    mengkeramatkan kuburan adalah perbuatan syirik…………….asal kalian tau…resapi arti al qur’an….osama bin laden aj ng pernah namax berziarah kubur…

  16. ROHANIAWAN said

    @anti anarkis…
    …osama bin laden aj ng pernah namax berziarah kubur…???

    Mas, kalo ga ngerti agama jgn ngomong agama. Patokan Syari’at itu rujukannya pada Al-Qur’an dan Sunnah, bkn ke Osama bin laden.

    Ziarah kubur itu sunnah/ dianjurkan sesuai perintah Nabi Muhammad SAW, karena hal tersebut mengingatkan kita akan kematian. Tentunya cara berziarah sesuai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan tidak berlebihan.
    _________
    @dewa perdamaian

    “orang udah mati aja aj d ziarah khan….”???

    Kalo yg wafat manusia ya diziarahi sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.. tapi kalo yang mati kerbau/ sapi ya gak perlu diziarahi!!! jadi kalo anda (muslim) mati perlu diziarahi dan di doakan, kalo gak mau berarti….??? GITU AJA KOK REPOT…..

  17. dewa said

    hai rohaniawan yg terhormat

    klau emang ng mau repot knp hrs testimoni bang……emang berjiarah itu sunnah tp jgn terlalu d keramat khan ap d anggap tempt yg istimewa…yg penting doax aj….manusia klau dah mati tuh tinggal bangakaix..d arab aj kita ng boleh liat makan nabi mohamad SAW…penjagax bilang syirik klau liat lama2…ini kenyataan bang…..kecuali..knp hrs berjairah ma bangkai…kecuali kita mengenang jasax tinggal d doa khan menurut keyakinanx masing2..,ng perlu k kuburan…ng harus k kuburan….pakai logika lah….

    anti anarkis
    : aku setuju dgn opini mu….logika itu

  18. sri lestari said

    peace aj deh…..lbh baik damai…krn damai itu indah…..jgn mrasa diri kita plng bnr……tidak ad agama yg mengajar kan umatx tuk permusuhan tau bahkan tuk saling menyakiti…..

  19. ROHANIAWAN said

    @sri lestari

    Terima kasih atas nasehatnya.
    ________________________________

    @DEWA

    Nabi Muhammad SAW melakukan ziarah kubur, bahkan memerintahkan pada umatnya untuk berziarah, tentunya dgn tata tertib ziarah yg benar. Bagaimana anda mengatakan ziarah kubur itu = Menziarahi BANGKAI??? Bagaimana dgn Nabi Muhammad SAW yang sering kali berziarah ke pemakaman baqi’??? Apakah Baginda Nabi Muhammad SAW menziarahi BANGKAI??? Astaghfirullah…

    Jika anda orang Islam, maka anda adalah orang yang tidak berpendidikan dan bodoh dalam agama, sehingga anda berani melecehkan sunnah Nabi Muhammad SAW..

    MAYYIT dlm bhs Indonesia berati BANGKAI.. Jika kedua orang tua/ saudara kita wafat, tidak pantas kita sebut mereka telah Mati dan menjadi BANGKAI!.. Berbahasa pun ada etikanya, tidak asal NYEPLOSS macam ember BOCOR..

  20. Wong Cilik said

    Ini tentang Tragedi Priok dengan pihak Satpol PP yang ditugaskan Tuan vs rakyat sekitar yang mempertahankan makam Mbah Priok.

    Bukan tentang perang antar agama, jangan dibelokin dong, mas, mas ….

  21. RASIONAL said

    @ROHANIAWAN

    Kisah si pandir baca puisi,
    tertulis gurun… dibaca sungai.
    Kalau masalah adat tradisi,
    Jangan dibahas… dengan keledai.

  22. RASIONAL said

    @ROHANIAWAN

    Kayu tempinis dari kuala,
    dibawa orang naik pedati.
    Kalau membahas ilmu agama,
    Jangan berdebat melawan sapi.

  23. RASIONAL said

    @Wong Cilik

    Wong Cilik berkata
    11 Mei 2010 pada 08:40

    Ini tentang Tragedi Priok dengan pihak Satpol PP yang ditugaskan Tuan vs rakyat sekitar yang mempertahankan makam Mbah Priok.

    Bukan tentang perang antar agama, jangan dibelokin dong, mas, mas ….

    – – – –

    Membaca pantun haruslah fasih,
    Kalaulah gagap pasti tak elok.
    Wong Cilik benar… terima kasih,
    Siapa duluan yang lancang belok?

    …siapa duluan…
    …yang lancang belok…?

  24. Jalan-jalan ke pulau Penang
    Lihat nasi dipatok ayam
    Kalau takut jangan nyerang
    Lebih baik bersikap diam.

  25. Anonim said

    huhh…. seru juga neh peristiwa-2 yang terjadi klw diliat, maaf neh bukannya sok pintar atau apa, tapi apakah seperti SatPol PP itu diberikan pendidikan terlebih dahulu, sbelum mereka benar-2 menjadi anggota dan mengemban tugas sebagai seorang Pol PP ?? soalnya klau dilihat selama ini hanya pakaiannya saja yang gagah dan rapi, tapi prilaku mungkin (mohon maaf) lebih baik satuan Hansip yang cuman ditugaskan buat jaga malam….
    seolah-2 selalu dengan kekerasan dan keberingasan mereka bisa melakukan apa saja, klw memamg tidak ada pembekalan tentang norma serta etika yang baik buat mereka, mendingan bubarin aja dah… bubarrrr…. atau kalu masih dipertahankan namanya diganti aja jadi Sat P&P (Satuan Prusuh & Perusak)….

  26. mr.coki said

    INILAH CIRI2 DARI DATANGNYA HARI KIAMAT………JDX LBH BAIK MARI KITA BERSAMA2 LBH MENTEBALKHAN IMAN KITA..BUKAN BEGITU SAHABAT2 QSEMUA…YG JELAS KITA AMBIL HIKMAHX DR KEJADIAN TANJUNG PRIOK INI….ALANGKAH INDAHX BILA KITA SMUA CINTA DAMAI……..

  27. NUR KHOTIMAH said

    aslkm,..salam sejahtera tuk semuanya……yg jelas smua ad negatif n positifnya…sharing yg baik…buang yg buruk.

    jgn jg menyalah hkhan SATPOL PP,…kita menyebutnya yg bnr oknum2 SATPOL PP yg mungkn moralx tdk baik…..sebagian dr mereka hanya melaksanakhan tugas……

    n dr jg pihak lawanx….lihat aj semakin waktu,semakin anarkis,..lbh mengunggulkhan otot dr pd otak….

    show yg jelas dr intix ini smua…sharing positifx..buang negatifx…….

  28. hotpelacur said

    yg jls negara yg maju negara yg rakyatnya cukup makan,minum,berpndidikan,punya pkerjaan tmpat tinggal.klu smua itu ada.ngga mungkin bntrok sperti ini..namanya juga udah susah,ditambah susah.mati pun jadi klu udah diganggu.itulah pemikiran org yg susah..mikirnya pake otot……..yg ahirnya bntrokk.

  29. hidup rukun said

    awal kejadian permasalahannya, pemerintah ingin melebarkan pelabuhan dengan mempersempit area pemakaman & pemukiman warga.

    namun warga menolak untuk disingkirkan & jemaah pengajian mbah priok tidak mau area pemakaman dipersempit,karena akan menyulitkan orang-orang yang ingin berziarah, terlebih makam habaib yang telah berjasa besar dalam Islam dipersempit makamnya untuk perluasan pelabuhan yang notabene hanya dinikmati oleh pengusaha-pengusaha & pemerintah

    makanya satpol PP dan aparat-aparat yang lain mendesak agar warga & jemaah pengajian merelakan, tapi jemaah & warga tidak sudi, karena satpol PP harus melaksanakan tugas, yang apabila tidak terlaksana akan dikenakan sanksi, maka satpol PP menggunakan jalan dialog terlebih dahulu, namun warga & jemaah tidak mau, lalu satpol PP memaksa dengan kekerasan, warga & jemaah pengajian pun terus bertahan, sehingga terpancing emosi karena satpol PP menggunakan kekerasan terlebih dahulu dan membalas satpol PP dan para aparat yang lain dengan kekerasan pula

    sehingga terjadilah bentrokan

    seandainya pemerintah tidak egois ingin mempersempit area makam dan menggusur warga, yang notabene adalah bukan tanah milik pemerintah, maka bentrokan ini tak akan terjadi

  30. Taqwa said

    Kita dicipta dengan urutan yg tertinggi:
    1. Manusia
    2. Hewan
    3. Tumbuhan
    4. Materi (batu,gunung,mayat…dll)
    Materi/kuburan di tingkat yg paling rendah kenapa dianggap penting, roh lebih penting dan kekal

  31. islam sejati said

    Situmpul kek apa kek namamu pol pp aja yg bego
    Kepala kok dipasang didengkul..
    Pol pp kok gagah2an maju..ya matek

  32. praja ARIS Rianto said

    kekerasan dibalas kekerasan

  33. damai said

    ada baiknya jika bisa diselesaikan dengan kepala dingin

  34. Anonim said

    Saling menghargai pendapat masing masing dalam menjalankan sariat agama aje dah….mengikuti emosi bisa cpt mati …berduel gara gara ihtilap …itu tanda tanda orang bodoh seperti keledai….nabi muhamad saw sudah emberi contoh ygbenar…. beliaw berjiarah …menghormati yg lebih tua…menghormati tamu dll….kok gak diteladani….
    Begini saja kita ambil contoh makam ibu bapak kita kalo digusur sedangkan adasurat tanahya kita saja marah kok…apalagi makam guru kita atau makam rosuluwloh….

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: