KabarNet

Aktual Tajam

Menorah Yahudi Terpancang di Manado

Posted by KabarNet pada 27/11/2010

MANADO – Menorah, salah satu lambang suci peribadatan Yahudi, menjulang setinggi 62 kaki di sebuah puncak dataran tinggi pinggiran kota Manado. Ukuran Menorah tersebut mungkin paling besar di seluruh dunia.

Lama dikenal sebagai daerah yang banyak dihuni penganut dan misionaris Kristen, wilayah tersebut kini semakin banyak menampakkan identitas Yahudi. Dengan restu dari pemerintah daerah setempat, orang-orang keturunan Yahudi Belanda membuat ruang bagi komunitas mereka di kawasan itu.

Bendera-bendera Israel terlihat di pelataran ojek dekat tugu menorah raksasa. Salah satunya terletak di dekat sebuah sinagog yang dibangun sekitar enam tahun lalu. Bintang Daud besar menghiasi langit-langit sinagog itu. Tugu, sinagog dan fasilitasnya semua dibangun dengan biaya dari kas pemerintah daerah.

Sebelum meminta bantuan dari komunitas Yahudi lain di luar Indonesia, kaum Yahudi setempat mempelajari ajaran agama mereka lewat internet. Halaman-halaman Taurat hasil cetakan dari internet mereka kumpulkan. Rekaman video berisi ajaran Yahudi mereka unduh dari YouTube. Mereka bertanya tentang agamanya kepada Rabi Google.

“Kami hanya berusaha menjadi Yahudi yang baik,” kata Toar Palilingan, 27, sebagaimana dikutip The New York Times (22/11). Memimpin sebuah acara makan malam perayaaan Sabbath di kediaman keluarganya, Toar mengenakan pakaian ala Yahudi, dengan topi hitam lebar, kemeja putuh dengan setelan jas warna hitam.

Bersama sekitar sepuluh orang Yahudi, mereka biasanya beribadah di sebuah sinagog peninggalan Belanda di pinggiran kota Manado. “Tapi jika dibandingkan dengan Yahudi di Yerusalem atau Brooklyn,” kata Toar Palilingan yang kini juga dikenal dengan nama Yaakov Baruch, “kami belum sebanding.”

Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, namun sejak berpuluh-puluh tahun lalu secara diam-diam pemerintah telah melakukan kerjasama di bidang militer dan ekonomi dengan negara Zionis itu. Beberapa tahun belakangan, para pengusaha dari Israel dan Yahudi dari negara lain secara diam-diam berkunjung ke Indonesia untuk mencari peluang usaha.

Salah satu di antaranya adalah Moshe Kotel. Pria berusia 47 tahun ini lahir di El Salvador namun memiliki kewarganegaraan Israel dan Amerika Serikat. Dia telah mengunjungi Manado setiap tahun sejak 2003 dan memiliki bisnis telur organik. Kotel yang memiliki istri orang Manado mengatakan gugup, ketika pertama kali mendarat di bandara setempat.

“Waktu itu sudah pukul 11 malam. Dan saya membawa tefilin,” cerita Kotel. Tefilin adalah sepasang kotak kulit kecil hitam tempat menyimpan gulungan perkamen berisi ayat-ayat Torah yang biasa dililitkan di tangan dan lengan ketika mereka membaca kitab sucinya.

“Tapi setelah melihat ada bendera-bendera Israel di taksi-taksi bandara, saya selalu merasa diterima di sini,” katanya. Pemerintah Sulawesi Utara mendirikan tugu menorah itu tahun lalu dengan biaya 150 ribu dolar AS, kata Margarita Rumokoy, kepala Dinas Pariwisata setempat.

Denny Wowiling, seorang anggota DPRD, mengatakan dirinya mengajukan pembangunan menorah itu setelah melihat tugu serupa yang terdapat di depan gendung Knesset di Israel. Katanya, dia berharap tugu itu dapat menarik turis-turis dan pengusaha dari Eropa berkunjung ke daerahnya. “Agar orang-orang Yahudi melihat bahwa ada simbol sakral ini, simbol sakral mereka, di luar negaranya,” kata Denny yang seorang penganut Kristen Pantekosta.

Dua tahun sebelum menorah raksasa itu didirikan, sebuah developer Kristen juga mendirikan patung Yesus setinggi 98 kaki di puncak sebuah bukit di sana. Ukurannya sekitar 3/4 dari patung Kristus Redeemer yang terkenal dari kota Rio de Janeiro.

Menurut Anthony Reid, seorang pakar masalah Asia Tenggara di Universitas Nasional Australia, pada masa penjajahan Belanda komunitas Yahudi menguasai bisnis di banyak kota dagang di Indonesia. Seringkali mereka menjalani usaha real estate, bertindak sebagai penghubung antara pemerintah kolonial dan penguasa setempat.

Pada masa sebelum kemerdekaan, keluarga keturunan Yahudi Belanda di Menado menjalankan agama mereka secara terang-terangan. Setelah itu mereka pindah agama Kristen atau Islam dengan alasan untuk keamanan. “Kami menyuruh anak-anak agar jangan pernah bicara tentang leluhur Yahudi kami,” kata Leo van Beugen, 70, yang dibesarkan sebagai pengikut Katolik Roma. “Jadi cucu-cucu tidak tahu.” Van Beugen adalah kakek-pamannya Toar Palilingan.

Baru lebih dari sepuluh tahun lalu, ketika mereka berdebat tentang Bibel dan Musa, nenek-bibinya mengungkap tentang darah Yahudi mereka. Toar Palilingan yang bekerja sebagai dosen di Universitas Sam Ratulangi, memiliki ayah seorang Kristiani dan ibu seorang Muslim. Mereka juga menjadi dosen di tempat yang sama. Saudara dari keluarga ibunya merupakan keturunan imigran Yahudi Belanda abad ke-19, Elias van Beugen.

Nenek-bibinya menyarankan Toar menemui keluarga Bollegraf, salah satu keluarga Yahudi terpandang di Menado. Oral Bollegraf yang kini berusia 50 tahun, menganut Kristen Pantekosta sepanjang hidupnya, tapi dia tahu bahwa kakeknya adalah orang yang memelihara satu-satunya sinagog di Menado di rumah keluarganya.

“Dulu kami tidak tahu kalau kami Yahudi,” kata Bellograf yang belum lama ini mengunjungi Israel bersama Toar Palilingan. “Tapi semua orang di kota ini mengetahui kami keluarga Yahudi.” Toar melakukan kontak dengan rabi Mordechai Abergel, seorang utusan gerakan Chabad Labavitch di Singapura. Chabad Lubavitch sendiri bermarkas di Brooklyn, Amerika Serikat. Menurut Abergel, Toar Palilingan telah melakukan sebuah “usaha yang hebat” untuk menyambung kembali akar Yahudinya, meskipun dia belum melakukan perpindahan agama secara penuh.

Untuk menunjukkan komitmennya pada apa yang dia sebut sebagai ‘kemurnian’ ajaran Yahudi ultra Ortodoks, Toar Palilingan kadang mengenakan pakaian khas Yahudi berupa setelan warna hitam putih saat berada di tempat-tempat umum di Manado, bahkan ketika dia berada di Jakarta. “Kebanyakan orang Indonesia belum pernah bertemu orang Yahudi, jadi mereka mengira saya dari Iran atau tempat lain,” kata Toar.

Source

27 Tanggapan to “Menorah Yahudi Terpancang di Manado”

  1. abihanif said

    ya ..merekalah otak di balik revisi pancasila sejak 18 Agustus 1945 sampai sekarang. Sila pertama seharusnya “ke-Tuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya” ditentang oleh Alexander Andries Maramis (A.A. Maramis) yang ternyata memang Yahudi sejati, karena takut Indonesia menjadi Negara Islam yang kuat di kemudian hari. Namun bila kita lihat kenyataannya sekarang, negeri kita ini adalah sarangnya malapetaka, bencana dan kerusakan moral dimana-mana, sebab bangsa ini telah mencampakan syariah Nya dalam denyut langkah kehidupannya umat islamnya sendiri..

  2. cantrik said

    inalillahi wainaillaihi rojiun.

  3. bukan padang pasir said

    baguslah..
    biar beragam budayanya..
    manado gak kenal monarki dari dulunya.
    @abihanif
    terguncang yah? takut amat ama yahudi? klo bangunan,patung/orangnya menggigit baru lu urusin 🙂 bos prosesor /komputer lo, yahudi lho!
    klo mengenai pancasila, mmg cm islam yg berjuang? manado gak sedikit bro! bahkan diinternasionalnya. Bgt juga dgn suku2 lain, No Sara yg penting merdeka!

  4. Abdullah said

    Kenapa pemerintah pusat diam saja ada yahudisasi di RI? para ulama dan masyrakat kenapa diam? tunggulah kehancuran Indonesia oleh para yahudi, bangsa pembunuh dan terlaknat!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. Agama untuk perdamaian said

    Jikalau memang ada satu Kuasa yang bertanggung jawab atas segala ciptaan yang ada. Dan Kuasa itu menghendaki kebencian dan kekerasan. Maka bukankah lebih baik segala ciptaan itu ada tanpa Kuasa itu sendiri? Namun praduga ini tak mungkin, karena satu-satu alasan Kuasa itu untuk menciptakan adalah cinta. Jika Ia adalah cinta, maka Ia juga tak menghendaki kebencian dan kekerasan. Ia melestarikan kebenaran dengan mencintai.

  6. Mudah-mudahan Indonesia ditimpa bencana besar sebagaimana Allah telah menghancurkan sebuah negeri dimasa lalu, yang dikarenakan Penguasa beserta seluruh rakyatnya telah ingkar akan kebenaran aturan hukum yang telah diturunkan oleh Allah.

    Kematian merupakan tanda kemenangan bagi orang-orang yang beriman dan bencana bagi orang-orang yang ingkar akan kebenaran hukum-hukum Allah.

  7. Kalu di Jawa anda islam bisa buat apa saja dikplauan Jawa, tetapi kalau dibahagian Indonesia Timur mati kutuk dibawah kekuasaan kresten. Mereka mau bangun tugu Yahudi itu hak kekuasaan orang Kresten di Daerah…karena mayoritasnya aja kresten pemimpin didaerah kan kresten hak mereka mengapa Jawa islam mau masuk campur…?

    Kerusuhan di Maluku 1999 islam Jawa sudah dibantai seperti tikus-tikus islam dibantai oleh Zionis di Gaza. Saat itu Jawa ingin membuat maluku negara islam dan syariat islam,
    aklhir islam jawa keok juga pulang kampung bawah harta rampasan orang maluku…untuk kehidupan keluarga mereka di Jawa.

  8. aisyah machfudz said

    Landasan kita pancasila jadi jangan salahkan pemerintah kalo ngga bisa melakukan apa2 pas yahudi bekembang di sini karena memang tak ada landasan hukum yang melarang orang yahudi tinggal di sini. Yahudi itu musuh islam bukan musuh indonesia jd kalau ingin memberantas, orang islamlah yang harus bergerak untuk menegakkan syariat islam di bumi indonesia. bergerak dengan cara yang baik, sesuai dg Al qur’an. tidak asal tebas.

  9. toni said

    biarkan aja. urus keyakinan kita aja, yang penting mereka tidak ganggu kita. lakum di nukum waliyadiin. pintarkan orang Islam, supaya tidak reaktif. kembangkan Islam yang substantif. Muhammad hanya memeraangi mereka karena mereka mengganggu orang Islam. sebatas tidak menggannggu, ya biarin aja.salam damai.

  10. Kata Bpk Tebe... said

    @toni : yakin mmereka gak ngapa2in di Indonesia…..atau jangan nasib kita akan sama dengan nasib saudara2 kita di Palestina sana….
    “dari kumpulannya terbuang” ptongan puisi karya Chairul Anwar…

    Mencegah lebih baik daripada mengobati loh…
    Karena sudah tau mari kita cegah sama2….lagi pula sistem di Indonesia tidak mengakui agama yang namanya Yahudi kan??
    Harusnya pemerintah daerahnya diusut tuh,,karena telah melanggar.

  11. jagung said

    Mengusir Yahudi dari manado???
    mimpi….kasian..

    Daerah di bagian timur itu paling jarang diperhatikan INDONESIA, mereka bisa besar karena kerja keras mereka.. dan cari investor sendiri. contohnya makassar (calon kota dunia), manado, ambon dan lainnya.

    Kalian mau se enaknya bilang usir… EDAN. tenan..
    Sudah memberi apa kalian semua buat manado???

    Negara ya negara..agama ya agama jangan dicampur boss..
    BTW Mando itu 80% kristiani memang bisa apa FPI masuk kesana?? NGak yakin saya bisa tembus

  12. situmeang said

    udah tau yahudi itu membenci kristen masih mau aja di bodohi….dasar orang bingung….udah tau yahudi itu orang paling biadab di dunia masih mau di bodohi….dasar oarang2 bigung

  13. ALIEN said

    Tahukah anda siapakah dalang yang telah mengubah wajah dunia ini jadi sedemikian parah seperti sekarang ini ?

    dimana :

    Pemerintahan dan pejabat negara bisa diatur seenaknya.
    Kekayaan di berbagai negara berkurang tanpa memakmurkan tuan tanah.
    Negara-negara miskin dan berkembang makin terlilit utang luar negeri.
    Badan dunia menjadi makin tak bergigi.
    Paham kebebasan makin menghancurkan etika dan moral agama merajalela.
    Pakta pertahanan makin menekan negara-2 Islam yang kaya sumber alam.
    Skenario terorisme makin menyudutkan Islam.
    Media-media terkenal dan strategis makin terliohihat memprofokasi Islam.
    Rakyat di negara-2 berkembang makin miskin.
    Pajak dan pungli makin menggila.
    Yang halal dan haram makin tak kelihatan batasnya.
    Para ulama makin tersingkir atau lupa diri.
    KKN makin mejerumuskan hampir seluruh lapisan masyarakat.
    Narkoba dan miras bmakin menjamah generasi muda penerus bangsa.
    Kurikulum pendidikan makin tidak menunjang lulusan siap pakai.
    Berbagai virus penyakit aneh makin bermunculan.
    Hubungan antar negara-2 Arab makin renggang dan meminta perlindungan kafir.
    Nilai tukar mata uang dunia makin tak terkendali dan tak bernilai.
    Harga-2 saham strategis makin merapuhkan perekonomian dunia.
    Kerukunan hidup beragama makin renggang dan saling mencurigai.
    Perang antar pihak makin bermunculan dengan berbagai motif.
    Perlombaan senjata pemusnah masal makin mengkhawatirkan.
    Upaya menjauhkan umat Islam dari agamanya makin merajalela.
    Berbagai mafia dan KKN makin merusak sendi-2 kehidupan bangsa.
    Lingkungan hidup makin rusak oleh industri-2 tak bertanggungjawab.
    Keimanan sebagai umat beragama di dunia makin menipis.

    Jawabannya adalah orang-2 kafir.

    Siapakah orang-2 kafir itu ?

    Adalah mereka-2 yang tidak percaya kepada firman-2 Allah SWT yang tercantum dalam kitab-2 suci asli yang diturunkan kepada Rasul-2 Utusan dan sabda-sabda Nabi yang di utus oleh-Nya.

    Menurut riwayat sebagian besar nenek moyang :

    Bangsa Yahudi memilih membangkang terhadap ajaran keselamatan yang disampaikan oleh Nabi Musa AS yang diwahyukan kitab suci Taurat (yang asli) oleh Allah SWT.

    Bangsa Nasrani memilih untuk tidak mentaati ajaran keselamatan yang dibawa oleh Nabi Isa Al-Masih ibnu Maryam yang diwahyukan kitab suci Injil (yang asli) oleh Allah SWT.

    Perbedaan antara keduanya adalah :

    Bangsa keturunan Yahudi lebih fokus pada mengejar kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi dan politik untuk mengejar mimpinya untuk ‘menguasai dunia’.

    Bangsa keturunan nasrani lebih fokus pada ketaatan pada urusan rohani yang disampaikan oleh pemimpin agama diantara mereka.

    Di manakah Islam ?

    Oleh karena Islam adalah satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah SWT yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul sejak Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW, maka tidak diajak berteman baik selain sekedar dimanfaatkan berbagai potensi yang dimilikinya. Jadi amat benar, jika ada yang menyarankan agar Islam mulai bangkit untuk menjadi umat yang cerdas, beradab, maju, mandiri dalam segala hal dan makin beriman kepada Allah SWT agar bisa membedakan mana yang diridhoi oleh Allah SWT dan mana yang tidak dalam berbagai hal, sepetti : pergaulan, perbuatan, ilmu, kekayaan dan lain-lain.

  14. hendri said

    cp deh

  15. krisna kusumawardana said

    Bagi kami, kejahatan bukanlah hanya dilakukan oleh zionist saja.Seperti pernyataan yaakov baruch yg menganggap hanya yahudi zionist sekuler saja yg membantai palestina.Yaakov berlindung dg kata kata bahwa ia yahudi ortodok yg anti zionist,ia mendukung palestina.Tapi bagi kami sama saja.Sekuler atau ortodok sama sama Yahudi.Zionist baru lahir di Bassel Swiss baru baru saja.Sedangkan kejahatan monyet Yahudi sudah di lakukan sejak zaman dulu sebelum zionisme lahir.Jadi bagi Yaakov tidak ada toleransi untuk hidup di indonesia.Mangga emutan ku sadayana.Ulah terkecoh ku pernyataan Baruch.Dia bilang seperti itu adalh politik dia.Maklum dia adalah Rabbi yahudi manado dan ketua IJC,Indonesian Jews Community.Jadi wajar dia bilang seperti itu.

  16. Bacalah said

    urus dulu agama kalian masing2…
    apa kalian udah menjalankan nya ??
    jangan munafik…

    kalo kalian percaya Tuhan ada, pasti Tuhan menolong kita..

    tapi kalo kalian tidak percaya Tuhan ada, berpikir logis lah..
    apa yang harus kalian perbuat..

    hidup adalah pilihan..
    hidup mati ada di tangan kita sendiri !!!

  17. santi said

    kt tdk ush terlalu ikt campur urusan orang………it kn hak org2 yg ad dsn

  18. master chi said

    saya sebetulnya netral dengan hal ini.

    yahudi adalah agama, Rasulullah SAW saja selama menjadi kepala pemerintahan rakyatnya terdiri dari beragam agama, mulai dari Islam, kristen, yahudi, dllbiarkan saja yahudi ada

    yang perlu diwaspadai adalah pergerakan yahudinya, karena bukan tidak mungkin akan terjadi yahudisasi kepada umat Islam dan gerakan zionisme.

    apabila ada yahudisasi dan gerakan zionisme terhadap umat Islam namun pemerintah membiarkan. kita doakan semoga Indonesia menjadi negeri yang terkena azab. amin

  19. ALIEN said

    Betul sekali, sesuai dengan sabda nabi bahwa akan ada :
    – 1 golongan dari 73 golongan Islam yang langsung masuk surga.
    – 1 golongan dari 72 golongan nasrani yang langsung masuk surga.
    – 1 golongan dari 71 golongan Yahudi yang langsung masuk surga.

    Jadi berdasarkan hadist di atas, maka tidak semua orang-2 Yahudi dan Nasrani itu tersesat, bahkan orang Islam sendiri malah ada yang akhirnya tersesat. Jadi yang sesat dan harus diwaspadai adalah kelompok tertentunya saja, bukan Yahudi atau Nasraninya. Sebagian mereka juga ada yang lurus dan yang lurus tersebut pastilah yang benar-benar taat pada kitab suci yang diterima oleh Nabi MDaud AS, usa AS dan Nabi Isa AS, sama seperti umat Islam yang taat pada kitab suci Al-Quran dan hadist nabi. Jadi sependapat dengan Master Chi, bahwa kita baiknya tidak membabi buta dalam menilai sesuatu. Telitilah seksama hingga akhirnya memperoleh pandangan bahwa tidak semua Yahudi dan Nasrani itu tidak taat kepada kitab-2 sucinya, karena sebagian ada yang benar-2 taat hingga akan masuk sebagai salah satu dari 72 dan 71 golongan yang akan langsung masuk surga sebagaimana diisyaratkan dalam sabda nabi di atas.

    Seharusnya jika semua umat manusia di dunia ini termasuk yahudi, Nasrani, Arab dan lainnya memahami betul dan taat pada kitab-2 suci sebagai pedoman hidupnya, maka Insya Allah akan selamat di dunia dan akherat hingga masuk pada 1 dari 71, 72, 73 golongan yang akan masuk surga yang dijanjikan Allah SWT kepada orang-2 yang beriman dan bertakwa kepada-Nya tanpa memandang dari suk bangsa mana dia berasal, apakah Yahudi, Nasrani atau lainnya.

  20. Anonim said

    JIaaahhh manadooo….kata orang jawa mene ado mana adoh tenan…

  21. Anonim said

    bodoh semua!!!ini masalah bangsa kenapa disambung2kan ke agama …ya masyarakat seperti inilah yang bikin indonesia hancur !!!mau qta muslim,nasrani,yahudi tapi qta tetap 1..INDONESIA ! klo masyarakat ny udah pecah belah gini pasti bangsa luar akan coba masuk lagi menjajah dengan alasan ‘perdamaian’….pikir itu BODOH!!

  22. Gladys said

    Ngapain lo pada ngurusin agama org ? jgn ngerasa sok bner deh lo lo pada ..
    Org2 Kristen jarang tuh ngurusin agama lo pada .. jangan sok suci deh jdi org !
    Lo pada tau kan arti Bhineka Tunggal Ika yg artinya berbeda2 tetapi tetap satu .. kalo lo saling menghina agama lo masing2 brrti lo ga ngehargain arti Bhineka Tunggal Ika ! Kalo ngomong mikir duluu yaa lo pada ,, Mulut tuh di sekolahin !

  23. johan said

    keberadaan org yahudi di manado tak perlu di permasalahkan. Yg jadi masalah apabila mereka mulai bakar kafe. Di skotik. Atw melakukan teror bom

  24. daeng said

    ga masalah itu udah biasa, termasuk warisan dari para leluhur kita siich.memang kita tidak bisa pungkiri , kalau leluhur bangsa ini selalu memerangi kapiir2 western dan cecunguk2 penghianat bangsa yang biadab dan berbudaya nista seperti liberalism dan sekuler namun penjajah2 itu dulu telah hengkang dari bumi pertiwi ini namun ternyata masih ada para cucu penghianat NKRI tersebut masih ingin meneruskan penghianatan kembali ya kita hajar lagi !!!

  25. Anti Mata Satu said

    yahudi bertujuan meniadakan agama didunia ini, yahudi tidak memiliki tuhan, dan tidak diakui diIndonesia. yahudi mencoba merusak semua agama, terutama Islam dan Kristen. contohnya adalah peristiwa 11 september 2001, penghancuran WTC dan pentagon. yahudi mencoba merekayasa bahwa osama bin laden lah yg membuat itu semua, padahal itu ulah mereka sendiri Amerika dan Yahudi Israel. cari di Youtube yang berhubungan dengan fakta peristiwa WTC atau 11 september atau 9/11. dan jangan sampai orang kristen di maluku menjadi yahudi.
    *tambahan cari artikel tentang makna uang dollar amerika tentang WTC.
    I love Indonesia

  26. Mr.Nunusaku said

    Kalau ada Yahudi di Menado karena mereka tahu Menado adalah daerah kresten pengikut agama Yahudi, yang harus diperhatikan kalu ada islam dari Jawa masuk ke Menado itu harus diwaspadai, karena sdh menjadi kenyataan islam adalah manusia teroris sukah membuat teror, jadi islam dari Jawa harus diwaspadai, karena bagaiamanpun mereka selalu bermimpi untuk membuat negara islam dan hukum syaria.

    Lihat peristiwa kerusukan Maluku 1999 dalam yang mengatur kerusuhan di Maluku adalah eleit pusat dari Jakarta Jawa, tetapi Pattimura pasukan mereka Kaberesia Maluku telah mematahkan semua serangan Jihad dari Jawa. Dan banyak kuburan tak bernama di Maluku, dan sebagian 4 Kontaenera mayat laskar Jihad perampok dari RI Jawa sudahpulang kampung dengan hasil jarahan orang Maluku…itu islam saat mau menjadikana Maluku negara islm

  27. Usro said

    Tahukah anda siapa Patimura ?

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: