KabarNet

Aktual Tajam

Dokumen Rahasia Bocor, Arab Saudi Merengek Minta AS Serang Iran

Posted by KabarNet pada 30/11/2010

Rahasia Raja Arab Saudi Abdullah bin Abd Al-Aziz dibocorkan Wikileaks. Website spesialis pembocor dokumen rahasia itu mengungkapkan, Raja Abdullah merengek minta Amerika Serikat (AS) segera menyerang Iran.

Menurut data yang bocor itu, Raja Abdullah bin Abd Al-Aziz memanggil Duta Besar AS untuk Irak Ryan Crocker dan Panglima Militer AS di Irak David Pet­raeus April 2008.

“Dia (Raja Abdullah) meminta AS memenggal kepala ular (mak­sudnya Iran-red),” ujar Duta Besar Arab Saudi di Wa­shington, Adel al-Jubeir. Demi­kian memo dari Departemen Luar Negeri AS. Ular yang dimaksud adalah Iran.

Bo­coran dokumen ini juga me­nun­jukkan pemimpin Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Mesir, me­nyebut Iran sebagai setan, an­caman nyata, dan kekuatan yang akan membawa perang.

“Raja, Menteri Luar Negeri, Pa­­ngeran Muqrin, dan Pangeran Nayif setuju bahwa Kerajaan per­lu bekerja sama dengan AS untuk menentang dan menggulingkan pengaruh Iran dan subversinya di Irak,” demikian isi memo itu.

Bocornya memo tersebut dapat membuat malu pemerintahan Arab Saudi, yang saat ini kha­watir akan adanya dugaan ambisi senjata nuklir Iran. Arab Saudi hingga saat ini tidak terang-te­rangan meminta bantuan negara Barat bertindak terhadap negara tetangganya itu.

Atas bocornya dokumen ini, penasihat pemerintahan Saudi mengatakan, hal itu sangat nega­tif. Tidak baik untuk membangun kepercayaan diri. “Riyadh sebe­lum­nya sudah diperingatkan Wa­s­hington mengenai bocornya do­kumen itu. Tetapi mereka (AS) ma­sih belum tahu apa yang akan terjadi,” ujar penasihat yang tidak mau menyebutkan namanya.

Raja Abdullah hanyalah satu bahasan dari 251.287 dokumen yang dirilis Wilikileaks, Minggu (28/11). Total 15.652 di antara do­kumen dalam rentang 28 De­sem­ber 1996 hingga 28 Februari 2010 ini berstatus rahasia.

Rilis dokumen ini akan dila­kukan secara bertahap. Publikasi Wikileaks ini tujuh kali lebih ba­nyak dibanding dokumen ten­tang Perang Irak (Iraq War Logs) dan Afghanistan yang mereka pub­likasi sebelumnya.

Juru bicara Gedung Putih Ro­bert Gibbs mengatakan, la­poran Wikileaks adalah candid (apa adanya) seperti di lapangan. Bu­kan informasi yang komplet. Bukan gambaran kebijakan akhir.

“Namun, saat substansi per­cakapan pribadi dicetak di ha­laman depan surat kabar di se­luruh dunia, tidak hanya ber­dam­pak mendalam kepada kepen­tingan kebijakan luar negeri AS tapi juga sekutu-sekutu kita di dunia,” jelas Gibbs

Bekas pejabat kontraterorisme dan cyber AS Roger Cressey mengatakan, pembocoran doku­men ini akan berpotensi merusak hubu­ngan diplomatik dan pepe­rangan melawan Al Qaeda.

“Esensi kebijakan luar negeri kita adalah kemampuan berbicara terus terang dan jujur dengan mi­tra luar negeri. Pembocoran be­sar-besaran ini membuat diplo­masi kita sedang diuji,” ujar Cressey.

“Pikirkan hubungan dengan Arab Saudi, Yaman, dan Af­gha­nistan, negara yang berkerja sama dengan kita dalam memerangi Al Qaeda. Pembocoran ini akan me­ng­ganggu kemampuan kita mem­pe­ngaruhi negara lain men­du­kung prioritas kontraterorisme kita di masa depan,” lanjut Cressey.

Komunikasi Kedutaan AS di Jakarta juga ikut dibongkar. Na­mun, data-data komunikasi ini tidak menjadi bagian yang dirilis, Minggu. Menurut Wikileaks, do­kumen-dokumen ini akan mem­beri wawasan kepada selu­ruh orang di dunia tentang ak­tivitas luar negeri AS dan mem­bongkar kontradiksi antara pe­nampilan AS di hadapan publik dengan apa yang terjadi di bela­kang pintu.

Beberapa dokumen menun­juk­kan deskripsi tentang se­jumlah pe­mimpin dunia. Pe­mimpin Ko­rea Utara (Korut) Kim Jong-il dika­takan menderita epilepsi. Presiden Iran Mahmoud Ah­ma­dinejad di­bandingkan de­ngan Adolf Hitler. Presiden Prancis Nicolas Sar­kaozy dika­takan seba­gai ‘kaisar tanpa bu­sana’. Kanselir Jerman Angela Merkel digam­barkan se­bagai orang yang suka per­mu­suhan. Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin disebut ‘alpha man’. Pre­siden Hamid Karzai dijuluki ‘kena penyakit jiwa (paranoia)’.

Sedangkan Presiden Rusia Dmitry Med­vedev disebut orang yang ragu-ragu. PM Italia Silvio Berlusconi disebut terkenal de­ngan sisi liarnya. Presiden Libya Muam­mar Gaddafi disebut me­milih wanita pirang cantik seba­gai perawatnya. Bahkan, Presi­den AS sendiri, Barack Obama, di­nya­takan lebih melihat Timur dibanding Barat dan tidak me­miliki hu­bungan emosional de­ngan Eropa.

Bocoran Wikileaks juga me­nun­jukkan pejabat AS diminta memata-matai kepemimpinan PBB dan mendapat informasi tentang Se­kretaris Jenderal Ban Ki-moon. Se­lain itu, perwakilan anggota te­tap Dewan Keamanan PBB dari China, Rusia, Prancis dan Inggris, dimata-matai. [RAMOL]

Wikileaks mengakui baru mempublikasikan 200 dari 251.287 data yang mereka peroleh dari sumber tertentu. Berikut topik sejumlah bocoran data laporan lainnya dari kawat diplomatik AS yang dipublikasikan Wikileaks, seperti yang dikutip laman stasiun televisi BBC:

  • Upaya Iran untuk mencontoh roket-roket Korea Utara untuk rudal jarak jauh.
  • Korupsi di tubuh pemerintahan Afganistan, yang terbukti kian parah saat seorang pejabat senior ditemukan membawa uang tunai sebesar US$50 juta saat dinas ke luar negeri.
  • Upaya untuk mengosongkan kamp penjara di Teluk Guantanamo. Salah satunya adalah permintaan kepada diplomat Slovenia agar bersedia memungut seorang napi bila mereka ingin bertemu dengan Presiden AS, Barack Obama.
  • Jerman pada 2007 diberi peringatan agar tidak menangkap sejumlah agen Dinas Intelijen CIA yang terlibat dalam suatu operasi, dimana seorang warga Jerman yang tidak bersalah ditangkap karena bernama sama dengan seorang tersangka militer. Warga itu ditangkap dan ditahan di Afganistan.
  • Instruksi dari Menteri Luar Negeri Hillary Clinton kepada pejabat AS agar memata-matai kepemimpinan Perserikatan Bangsa-bangsa.
  • Dugaan hubungan antara pemerintah Rusia dengan kriminal yang terorganisir.
  • Percakapan Presiden Yaman kepada Panglima Militer AS saat itu, Jenderal David Petraeus, mengenai serangan atas basis-basis al-Qaida di negaranya. “Kami akan terus bilang bahwa bom-bom itu milik kami, bukan punya kalian,” kata presiden Yaman.
  • Upaya AS untuk mencegah Suriah mengirim senjata kepada kelompok Hisbullah di Lebanon.

Wikileaks juga membocorkan laporan mengenai kekhawatiran diplomat atas materi nuklir Pakistan yang bisa digunakan sebagai bom atom. Para diplomat pun mengeluhkan maraknya praktik peretasan jaringan komputer, yang diduga didukung oleh pemerintah China.

Source

Ahmadinejad Tuding AS Lakukan Propaganda yang Terorganisir

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebut bocoran pesan teleks para diplomat Amerika yang mengatakan negara-negara Arab mendesak Washington agar menghancurkan fasilitas nuklir Iran sebagai propaganda.

Ahmadinejad mengatakan penerbitan bocoran dokumen rahasia di situs Wikileaks itu hanyalah perang psikologis melawan Iran.

Dalam konferensi pers di televisi dia mengatakan seharusnya orang-orang tidak membuang-buang waktu membaca informasi seperti itu. “Kami tidak menganggap informasi ini dibocorkan,” kata Presiden Ahmadinejad.

“Kami beranggapan penerbitan itu diorganisir agar diterbitkan secara rutin untuk mencapai tujuan politik.”

Terasing
Dia menambahkan bocoran itu tidak akan mempengaruhi hubungan Iran dengan negara-negara lain. Di satu sisi penerbitan dokumen-dokumen di Wikileaks itu bisa berdampak sangat merusak terhadap Iran, kata wartawan BBC di Iran, James Reynolds.

Untuk pertama kalinya -hitam di atas putih- ada bukti bahwa negara-negara Arab secara aktif mendorong Amerika agar menyerang Iran, kata Reynolds, dan dari dokumen-dokumen itu Iran tampak terasingkan dan terancam, tambahnya.

Bila hal ini memang membuat khawatir pemerintah Iran, pemerintah tidak akan mengungkapkannya kepada umum. Sebaliknya, menurut James Reynolds, tanggapan Ahmadinejad itu tampaknya sesuai dengan pandangan Iran selama ini, bahwa segala tindakan Amerika sangat terorganisir dan bermaksud menimbulkan keretakan di antara negara-negara Muslim.

Amerika Serikat mengatakan pembocoran dokumen rahasia itu “sembrono” dan membahayakan jiwa banyak diplomat. Namun pendiri Wikileaks, Julian Assange, mengatakan pihak berwenang Amerika takut harus bertanggung jawab. [RIMANEWS.COM]

17 Tanggapan to “Dokumen Rahasia Bocor, Arab Saudi Merengek Minta AS Serang Iran”

  1. Ketakutan negara yang berambisi tapi tidak py nyali karena tdak di dukung oleh negara lain beraninya keroyoan agar tidak dituduh penjajah/teroris dengan alsan bermacam-macam agar tujuannya tercapai, negara yang selalu gelisah dalam dketakutan

  2. Anonim said

    ini adalah upaya amerika untuk memecah belah wilayah arab salah satunya dengan negara iran, document yang seharusnya rahasia bisa tersebar luas di publik ini adalah konspirasi besar untuk melemahkan iran…

  3. Pinter said

    Tau kagak ?

    Suatu ketika matahari akan terbit di sebelah barat.
    Katanya Islam akan makin berkembang di dunia barat.

    Imam Mahdi pemimpin yang akan memberantas kemiskinan, kejahatan, babi dan salib akan muncul dari belahan dunia Timur. Kok bukan Arab ya ?

    Tanda-2nya sudah banyak diantaranya negara-2 Arab yang sudah meminta perlindungannya kepada negara-2 barat, bukan negara-2 muslim. Makanya Imam Mahdi dinubuatkan akan muncul bukan dari wilayah Arab yang terkenal sebagai tempat diturunkannya para Nabi dan rasul, melainkan dunia Timur seperti Indonesia dan lain-lain.

    Negara-2 barat ketar-ketir nih ye sama belahan dunia Timur.

  4. GusPur said

    G bs berkata2 lg artikel y sgt bgs. Mungkin bnr dunia ini akan kiamat smua ssh dibedahkan y mana kawan y mana lawan.

  5. ismu said

    inilah salah satu konspirasi terbesar didunia..!!
    smuax semata2 hanya untuk melindungi zionis israel..

  6. Maju said

    Peduli amat dengan peradaban mereka, mari kta pertahankan dan perluas peradaban kita, sebelum akhirnya mereka yang semakin memperluas peradabannya ” ideologinya ” ke nusantara. jangan sampai 100 %, kalau sekarangkan masih 60 %, karna beberapa orang indonesia masih memiliki pemahaman budaya ” berbudi luhur ” dan memiliki jati diri atau tidak terpengaruh dengan budaya asing.

  7. Arab Saudi dan Amerika merupakan media Iblis untuk mengajak umat Islam didunia menjadi umat yang ingkar terhadap kebenaran Hukum Tuhan.
    mengingat sejarah masa lalu Arab Saudi adalah bagian dari daerah kerajaan Turki yang memisahkan diri dari pengaruh kedengkian kelompok Yahudi terhadap kejayaan kerajaan Islam Turki yang memiliki garis keturunan Abu Lahab.

    Maka tidak bisa disalahkan kalau yang ada didalam dominasi pemerintahan kerajaan Arab Saudi adalah orang-orang Israel dan orang-orang yang masih ada keturunan dengan Abu Lahab.

    Kehancuran Irak sangat dimungkinkan dari sikap pengecutnya negara Arab Saudi yang menjadi spionase negara-negara Nato

    Maka tidak heran pada saat munculnya Imam Mahdi agenda utamanya adalah menghancurkan Arab Saudi terlebih dulu sebelum menghadapi negara-negara Barat dan Skuler.

  8. toni said

    hahahhaa…..saudi saudi….beginikah islam ahlusunnah wal jamaah. kami pengikut imam syafii malu atas kelakuan saudi ini. tidak pernah dalam sejarah peradaban Islam, orang islam berteman dengan orang kafir untuk melenyapkan kaum muslimin. betul betul reinkarnasi Yazid bin Muawiyah laknatullah.

  9. BILA PILAR-PILAR ISLAM DIDUNIA TERNYATA ZIONIS.
    Memang benar Arab Saudi dan Amerika merupakan media Iblis untuk mengajak umat Islam didunia menjadi umat yang ingkar terhadap kebenaran Hukum Tuhan.
    mengingat sejarah masa lalu Arab Saudi adalah bagian dari daerah kerajaan Turki yang memisahkan diri dari pengaruh kedengkian kelompok Yahudi terhadap kejayaan kerajaan Islam Turki dalam kepemimpinan Khilafah Utsmaniyah
    Mereka orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan berhenti untuk merobek-robek Agama kalian hingga kalian menjadi Islam skuler dan kemudian kalian menjadi penganut agama mereka
    Maka tidak bisa disalahkan kalau yang ada didalam dominasi pemerintahan kerajaan Arab Saudi adalah orang-orang Israel dan orang-orang yang masih ada keturunan dengan Abu Lahab.
    Kehancuran Irak sangat dimungkinkan dari sikap pengecutnya negara Arab Saudi yang menjadi spionase negara-negara Nato
    Maka tidak heran pada saat munculnya Imam Mahdi agenda utamanya adalah menghancurkan Arab Saudi terlebih dulu sebelum menghadapi negara-negara Barat dan Negara Skuler.
    Seperti yang terjadi di Indonesia setelah kudeta terhadap Pemerintahan Soekarno, pengaruh Yahudi mulai ditanamkan semenjak presiden Soeharto hingga sampai kiamat nanti.
    Sekalipun Indonesia berganti-ganti Presiden pengaruh bangsa Zion tidak bisa lepas dari campur tangan pemerintahan yang ada.
    Resiko terbesar bagi Presiden Indonesia kalau tidak tunduk kepada Zionis sekalipun Presiden harus rela menjual bangsa dan negaranya. Atau dibuat dengan nasib yang seperti Presiden Soekarno dengan kematian yang tidak wajar.
    Siapa yang akan menjadi Presiden berikutnya untuk berani coba-coba membuat klarifikasi tentang SUPERSEMAR kalau tidak harus berhadapan dulu dengan CIA dan MOSSAD.
    Lebih baik menjadi Presiden yang bersujud kepada kekuasaan Dajjal /Zionis dapat kekayaan untuk tujuh turunan dari pada menjadi Presiden yang beragama akan mengalami nasib seperti yang dialami Bung Karno,
    Meski semua kekayaan alam dan tambang, termasuk BUMN harus diserahkan kepada Israel yang berwajah Amerika dan bila perlu menyiksa Rakyat dengan cara memiskinkan dulu supaya bisa memicu kematian massal a merupakan bagian dari agenda Zionisme yang sudah terprogamkan untuk REPUBLIK tercinta ini.
    Mudah-mudahan 2012 bukan batas dedline Nasifikasi terhadap bangsa Indonesia.

  10. diLuar itu Pasir diLuar itu Debu Hanya angin meniup saja..-> LaLLu terbang HiLLang tak ada..!! said

    DiLuar itu Pasir

    DiLuar itu Debu

    Hanya angin meniup saja..-> LaLLu Terbang HiLLang tak ada..!!

    seperti itu gambaran mereka yang berada diLuar isLam..

    Sedangkan kita adaLah *Satu*_ tangan kita terikat *Satu*_ Lidah kitapu *Menyatu*..

  11. Arab Saudi said

    JEDDAH, KOMPAS.com – Para diplomat AS, dalam kawat diplomatik yang dibocorkan WikiLeaks, menggambarkan dunia seks, narkoba dan rock’n’roll di balik kasalehan formal kerajaan Arab Saudi.

    Para pejabat Konsulat AS di Jeddah menggambarkan sebuah pesta Halloween bawah tanah, yang digelar tahun lalu oleh seorang anggota keluarga kerajaan, yang menabrak semua tabu di negara Islam itu. Minuman keras dan para pelacur hadir dalam jumlah berlimpah, demikian menurut bocoran itu, di balik pintu gerbang vila yang dijaga ketat.

    Pesta tersebut digelar oleh seorang pangeran kaya dari keluarga besar Al-Thunayan. Para diplomat itu mengatakan identitasnya harus dirahasiakan.

    “Alkohol, meskipun sangat dilarang oleh hukum dan pabean Saudi, sangat berlimpah di bar pesta itu dengan koleksi yang lengkap. Bartender Filipina yang disewa menyajikan koktail sadiqi, sebuah minuman keras buatan lokal,” kata kawat itu sebagaimana dilasir The Guardian. “Juga diketahui dari mulut ke mulut bahwa sejumlah tamu (pada pesta itu) pada kenyataan adalah ‘gadis panggilan’, sesuatu yang tidak biasa untuk pesta semacam itu.

    Kiriman informasi dari para diplomat AS itu, ditandatangani oleh konsul AS di Jeddah, Martin Quinn, yang menambahkan, “Meski tidak menyaksikan langsung peristiwa tersebut, kokain dan hashishsh (ganja) digunakan secara umum dalam lingkungan sosial semacam itu.”

    Pesta bawah tanah sedang “berkembang dan berdenyut” di Arab Saudi berkat perlindungan dari kerajaan Saudi, kata kawat itu. Namun pesta semacam itu hanya tersedia di balik pintu tertutup dan untuk orang yang sangat kaya. Terdapat sedikitnya 10.000 pangeran di kerajaan itu. Beberapa masih merupakan keturunan langsung Raja Abdul Aziz, sementara yang lain berasal dari cabang keluarga yang tidak langsung.

    Para diplomat yang hadir dalam pesta itu melaporkan, lebih dari 150 pria dan perempuan Saudi, sebagian besar berusia 20-an dan 30-an tahun, hadir dalam pesta tersebut. Perlindungan dari kerajaan berarti kecemasan akan diserga polisi agama menjadi tidak mungkin. Orang-orang yang masuk dikontrol melalui daftar tamu yang ketat. “Adegannya mirip sebuah klub malam di manapun di luar kerajaan itu: banyak alkohol, pasangan muda yang menari-nari, seorang DJ di turntable dan semua orang berdandan.”

    Bocoran itu mengatakan, rak di bar tempat pesta itu menampilkan jenis-jenis minuman keras terkenal.

    Para diplomat itu juga mencoba menjelaskan mengapa sang tuan rumah begitu lengket dengan pengawal Nigeria, beberapa di antaranya berjaga-jaga di pintu. “Sebagian besar pasukan keamanan sang pangeran adalah laki-laki muda Nigeria. Merupakan praktek yang umum di kalangan para pangeran Saudi untuk tumbuh bersama para pengawal yang disewa dari Nigeria atau negara-negara Afrika lainnya yang berusia muda, (seusia dengan para pangeran itu) dan akan tetap bersama dengan pangeran tersebut hingga dewasa. Waktu bersama yang lama menciptakan ikatan kesetiaan yang intens”

    Seorang pemuda Saudi mengatakan kepada diplomat itu bahwa pesta besar merupakan tren baru. Hingga beberapa tahun lalu, katanya, kegiatan akhir pekan hanya berupa “kencan” dalam kelompok-kelompok kecil yang bertemu di dalam rumah orang kaya. Menurut bocaran itu, beberapa rumah mewah di Jeddah memiliki basement bar, diskotik dan klub.

  12. alive zet said

    itulah kaum yahudi udah salah tapi slalu membangkang tidak pernah mau di atur,,,selalu menantang hukum-hukum alloh…contoh kecil aja sudah tau babi itu haram tapi dia selalu membangkang ya emang begitu lah tabiat syetan bukti yang nyata….

  13. Anonim said

    tunggulah pada saatnya nanti negara khatulistiwalah yang akan menegakan kembali tiang kebenaran di seluruh penjuru dunia dan akan mebuat bumi kembali menampakan keramahanya.pada saat ini negara katulistiwa itu sedang memperkuat jalannya roda revolusi yang sempat terhenti
    …..

  14. saiful said

    Iran negara yang paling demokratis di muka bumi…..dan sumber daya manusiax sdh terbukti paling utama

  15. mikael said

    Ada kemungkinan Negara Amerika dan sekutunya sebenarnya takut kalo Negara – negara Islam itu BERSATU ,KUAT DAN SOLID. Sdh jelas di Alquran ada Firman Tuhan yg menjelaskan tentang Yahudi dan Nasrani perlakuannya seperti apa terhadap Islam. Lihat juga peristiwa Cordova ,Tragedi Bosnia,dan banyak peristiwa pembantaian orang-orang Islam ,dll yang hrs sama-sama kita perhatikan ,pelajari dan kita telaah benar ,KNAPA DINEGARA ISLAM SELALU TERJADI KERIBUTAN,PEPERANGAN ,PERANG SAUDARA ,TERJADI JUGA KEKISRUAHAN,KEKACAUAN, DLL” Ada apaaaaa dengan smua ini ???, Knapa smua ini bisa terjadi ????, siapa dibalik semua ini???, Knapa dinegara Islam saja yang selalu ada kekacauan,Knapa Orang Islam Lemah????,Knapa Orang Islam Gampang Banget di ADU DOMBAAAAAAAA??????,Knapa,knapa,knapa,knapa,knapa,knapa,knapa??????????” Hanya Tuhan yang tahu smua itu. Mari kita sama-sama berdoa Kepada Tuhan sambil menyelidiki dan mencermatinya semoga kita semua akan mendapat jawabanya tentang smua itu. Dan Negara Islam DimUka Bumi ini menjadi bersatu padu,Kuat dan Solid,Gemah Ripah Loh Jinawi ,Dan Negara Islam Menjadi NEGARA SUPER POWER , POLISI DUNIA,…. Amin

  16. Anonim said

    Dasar provokator smua…. orang indonesia goblok… mereka orang luar dari negara kita ngapaen d urusin

    …. urus diri sndiri..anak istri uda bener ato g… jngan sok jadi orang macam betul

  17. kojo said

    Dasar provokator smua…. orang indonesia goblok… mereka orang luar dari negara kita ngapaen d urusin

    …. urus diri sndiri..anak istri uda bener ato g… jngan sok jadi orang macam betul

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: