KabarNet

Aktual Tajam

Pesawat Kepresidenan RI Rp 819 Miliar

Posted by KabarNet pada 10/02/2012

Jakarta – KabarNet: Rakyat Indonesia boleh berbangga hati karena kini pemerintah memiliki pesawat kepresidenan super mewah jenis Boeing 737-800 Business Jet-2. Alhamdulillah, pembayaran harga pesawat tersebut senilai US$ 58,6 juta atau setara Rp 525,91 miliar juga sudah dilunasi oleh pemerintah kepada Boeing Company. Masih akan ada biaya-biaya tambahan untuk perlengkapan interior pesawat dan sistim keamanan pesawat tersebut, karena pemerintah membelinya dalam bentuk “green aircraft”, yaitu istilah untuk pesawat kosong yang belum dilengkapi interior dan sistem keamanan. 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Lambock V. Nahattands, sebagai institusi pemerintah yang berwenang melakukan pembelian pesawat tersebut mengungkapkan bahwa pembayaran dilakukan dalam tiga tahap. Dana untuk pembelian pesawat itu, menurutnya, murni dari APBN tanpa menggunakan pinjaman luar negeri.

Selanjutnya Lambock memaparkan bahwa pembayaran pertama dan kedua telah dlakukan pada tahun 2010 yang lalu, yaitu pembayaran pertama sebesar US$ 11,72 juta, dan yang kedua sebesar US$ 10 juta. Sedangkan pelunasan pesawat tersebut dilakukan pada pada bulan Januari 2012 yang baru lalu sebesar US$ 36,88 juta.

Dengan dilunasinya pembayaran pesawat tersebut, maka serah terima dari pihak Boeing kepada pemerintah telah dilakukan pada 21 Januari 2012 yang baru lalu. “Selanjutnya dilakukan pemasangan 6 tangki bahan bakar oleh PATS Aircraft System agar pesawat bisa terbang nonstop 10 jam sampai 12 jam dan selesai pada April 2012,” ujar Lambock di Gedung Sekretarian Negara, Jakarta, Kamis (9/2/2012),

Tahapan berikutnya, pemerintah akan mengadakan lelang terbuka yang berlaku secara internasional untuk pemasangan perlengkapan interior kabin dan sistem keamanan pesawat. “Saat ini dalam proses pelelangan yang pemenangnya diperkirakan akan ditentukan pada akhir Februari 2012. Pekerjaan interior cabin dan security system akan dimulai Mei 2012 dan diperkirakan selesai Agustus 2013,” papar Lambock.

Pesawat kepresidenan ini diharapkan bisa didatangkan ke Indonesia pada bulan Agustus tahun depan. Pengerjaan interior kabin dianggarkan sebesar US$ 27 juta. Sedangkan sistem keamanan dianggarkan senilai US$ 4,5 juta. Jadi total biaya pembelian pesawat tersebut menjadi US$ 91 juta atau Rp 819.000.000.000 (Rp819 Miliar).

Lebih lanjut Lambock mengatakan bahwa pembelian pesawat kepresidenan tersebut telah melalui proses panjang sejak rapat kerja Sekretariat Negara dengan Komisi II DPR pada 31 Mei 2010. Pihak DPR, menurutnya, telah menyetujui pembelian pesawat kepresidenan sebab dinilai lebih efektif dan efisien ketimbang harus menyewa pesawat seperti yang selama ini dilakukan dengan PT Garuda Indonesia.

Menjawab pertanyaan seputar keputusan untuk memilih membeli pesawat jenis Boeing 737-800 Business Jet-2, Lambock menjelaskan bahwa pesawat jenis Boeing dipilih dengan mempertimbangkan berbagai aspek, antara lain faktor operasional, karena kebanyakan pilot Indonesia, termasuk yang dari kalangan TNI AU, lebih terbiasa dengan pesawat jenis Boeing karena lebih umum digunakan oleh berbagai maskapai penerbangan di Indonesia.

Disamping itu, fasilitas maintenance (atau perawatan) pesawat yang ada di Indonesia mayoritas untuk pesawat jenis Boeing ketimbang pesawat produk perusahaan lain.

Pesawat kepresidenan tersebut, menurut Lamhock, memiliki kriteria dan spesifikasi yang cocok untuk penerbangan VVIP. Antara lain, kemampaun menempuh penerbangan jarak jauh selama 10 sampai 12 jam, kemampuan mendarat di bandara kecil, kapasitas kabin penumpang yang sesuai untuk rombongan presiden sekitar 70 orang, serta dilengkapi dengan peralatan navigasi, komunikasi, insulasi kabin, serta berbagai fasilitas hiburan bagi para penumpang.

Berikut ini Redaksi mengumpulkan beberapa foto dari Pesawat Boeing 737-800 Business Jet-2, khusus untuk pembaca KabarNet yang setia:

[KbrNet/adl] pahlawan nasional; tragedi tugu tani; video; ketua kpk; dpr; nazaruddin; denny indrayana; abraham samad; mp3; free; musik; 

36 Tanggapan to “Pesawat Kepresidenan RI Rp 819 Miliar”

  1. Saiful said

    REZIM BERHATI IBLIS!
    Tega2nya beli pesawat presiden hampir 1 Triliun rupiah, smntr rakyat kelaparan.

  2. Polisi said

    rp819 miliar itu kalo dgn biaya pemeliharaannya bisa lebih dari 1 Triliyun. Duit 1 Triliun itu kalau dipakai membangun rumah utk rakyat @Rp100 juta bisa dapat 10.000 rumah!
    Gila!

  3. denbagus said

    Enak banget jadi peresiden.
    2014 nyalon ach..

  4. Doni said

    @ denbagus

    sama 2014 nyalon juga ah

    nyobain naik boeing..

  5. XYZ said

    Pepatah mengatakan : BUAH TIDAK JAUH-JAUH DARI POHONNYA.
    Artinya di sini : PERILAKU BAWAHAN TIDAK JAUH DARI ATASAN.

    Kalau para pemimpin TIDAK MENSURITAULADAI RAKYATNYA UNTUK BERHEMAT (BOROS), TIDAK BEREMPATI TERHADAP RAKYATNYA, BERMEWAH-MEWAHAN RIA, CUEK (MASA BODOH), TIDAK BERDIRI SAMA TINGGI DAN DUDUK SAMA RENDAH (TEPO SELIRO), MEMENTINGKAN KENYAMANAN DAN KESENANGAN DIRI-SENDIRI, TIDAK PUNYA MENGEMBANGKAN BUDAYA MALU, GILA HORMAT, GILA KEKUASAAN, maka jangan salahkan kalau pawa bawahannya akan berperilaku saam seperti para atasannya.

    AKIBATNYA AKAN JADI APAKAH MASA DEPAN NEGARA INI ???
    AKAN JADI NEGARA DAJJALKAH YANG SENANG BERPESTA PORA DIATAS KESENGSARAAN RAKYATNYA ???

    Mudah-mudahan masih TERSISA SEDIKIT DARI 250.000.000 ORANG BANGSA INI yang berbakat jadi pemimpin masa depan yang tidak seperti para pemimpin saat ini.
    Amin.

  6. Ogah said

    Weeeeeee, warnanya biru nih yeeeee …..
    Warna siapa ituuuuu ……Inget itu uang rakyat loooo ….
    Seharusnya warna merah putih loooooh …..
    Melambangkan PERSATUAN INDONESIA.
    Bukan segolongan …
    Mengkhayal.

  7. Rosyidi said

    Sy udah ga bisa komentar thd ulah pejabat negeri ini. (Tapi sy dan ratusan juta rakyat indonesia masih bisa menyumpahi mereka!)

  8. Tya zihab said

    Tapi konyolnya, rakyatnya disuruh beralih makan singkong dan ubi sebagai makanan utama,katanya pemerintah gak mampu mengimpor beras..semoga para penumpang pesawat ini dapat berkah dari do’a rakyat miskin dan anak2 SD yg harus lepas seragam dulu agar seragamnya gak basah waktu berangkat sekolah..makin muak aja liat president samaa pejabat2nya.

  9. AIS said

    haduh haduh haduuuuhh.. 819m itu entar plus biaya perawatan de el el bisa 1 Triliunan lebih. Itu kan duit banyak banget. Kalo buat bangun sekolah, buat proyek yg nyerap tenaga kerja u/pengangguran kan bisa.

  10. AQ said

    emang dasar pemerintah bobrok bermental proyek. Pemerintah dn DPRnya sama aja. Nih pesawat kalo ga disetujuin ama DPR yg ga bisa dibeli juga. Kalo pemerintah dan DPR betul pro rakyat, biar aja presiden SBY berhemat dn pergi pake pesawat komersiil duduk di kelas VIP emang kenapa sih? Ga mau? Khan duit hampir 1T tuh khan bisa dipake utk kesejahteraan rakyat?

  11. Penonton said

    Gimaneeeh ….

    Nasib PROGRAM KONVERSI ENERGI DARI PREMIUM KE GAS dalam jangka waktu dekat dengan alasan untuk menghemat anggaran belanja negara, kalau Pemerintah aja malah beli pesawat khusus buat seorang Presiden yang harganya hampir nyampe 1 trilyun ????

    Pegimananeeeeh ……
    Bingung aye …

  12. Ironis. Kasihan rakyat.

  13. Bisa aja naik pesawat komersil kl mau berhemat. Semua pasti bisa diatur asalkan ada political will.

  14. Ogah said

    Betul sekali apa kata bung 中 国 人 民 热 爱 和 平 …. (haiyaaa, Oe gak ngelti nih cala ngejanya)

    Kalo emang Pemerintah punya political wil (gak ada yang neken dari dalam atau luar negeri), gak mungkin Pemerintah maksain banget beli pesawat seharga hampir 1 trilyun (melakukan [pemborosan keuangan negara) disaat sebagian besar rakyatnya khususnya yang ada di pedesaan pada menagis dan ketakutan karena :
    – gedung sekolahnya sudah banyak yang pada rusak dan hampir ambruk.
    – kekurangan dan keberatan beli sembako.
    – nyuruh ganti BBM dari premium ke gas.

    Ya gak 中 国 人 民 热 爱 和 平 (N A R U T O) ?
    He, heee … daripada gak bisa nyebut …

  15. BATUL ALI said

    MEMANG PERSIDEN RI BUTA TULI BISU GILA

  16. Radus said

    Kapan ya kita bisa bikin pesawat setingkat Boeing buatan Indonesia sendiri. Sementara insinyurnya aja pergi ke Jerman dan mendesain rancangan pesawat Presiden RI ini. Wkwkwkwkw. Capek dengar orang ribut terus tapi ga ada maju2nya. Kesenjangan terus yang ada. Begitulah orang yang ga pernah belajar di sekolah, atau belajar tapi ga bisa praktek. Menyedihkan.

  17. Benci Panggung Sandiwara said

    ini merupakan taktik baru penghamburan uang rakyat…SBY dan kroninya betul2 anjing kelaparan…..terkutuklah SBY dan anjing peliharaannya.dasar anjing…..walau di beri makan se enak apapun namun kalau nampak taik dan bagkai…tetap di makan juga………nauzubillah……….

  18. Benci Panggung Sandiwara said

    semoga saat SBY dan anjing peliharaannya naik pesawat ……pesawatnya meledak/kecelakaan…..biar ngak susah malaikat mengirimnya ke neraka……..amiiiiiiiiiiiinn

  19. Anonim said

    matilah anjing politik……………

  20. Benci Panggung Sandiwara said

    anjing lebih terhormat dari pada SBY dan kroninya

  21. Anonim said

    presiden&wakil rakyat qt 2 buta smw….!!!!!!
    mrka lbih mntngin awak’e dwe ktmbang rakyate…
    rakyat da miskin,klaparan,sklah bnyk yg rusak,dllx….
    tp mrka brsenang2 ria d’atas pnderita’an rakyat….!!!!!
    pa presiden&wakil rakyat qt g’nyadar klu gaji mreka…
    dri uang rakyat………!!!!!!!!!!!!!!!!!

  22. rakyat said

    selamat terbang diatas penderitaan rakyat

  23. heriandi said

    wah,,,,,,sedap ni ada pesawat kepresidenan,,,,,yang baru,,,,,,,,,,,nyalon presiden ahh,,,,,biar bisa naik pesawat super mewah

  24. Al said

    Rp.1T,,,,,,ehmmmmmmmmm
    Buat beli cendol bisa mati kekenyangan tu, , , , ,
    *sarap

  25. wawangubug said

    65 BBJs were ordered by February 2002, with 55 delivered, while 8 BBJ2s had been ordered with 5 delivered. Completed aircraft cost approx $US42 to 47m.

    http://www.airliners.net/aircraft-data/stats.main?id=108

  26. Hebat euy!
    Saya juga jadi pengen beli 🙂

  27. Benci Panggung Sandiwara said

    jangan lihat pesawatnya, tapi lihat keuntungan buat si perut buncit SBY dan anjingnya…….dasar manusia2 rakus….tuh badan makin tambun aja….buat umpan ular di neraka……………………

  28. Capedeh said

    Tenang aja bro, bro pada semuanya …
    Kalau Indonesia gak bisa bayar utang luar negeri karena beli pesawat misalnya, kan kita punya 17.000 pulau, ya tinggal dijualin aja pulaunya satu persatu, he, he, heee …
    Emang gue pikirin … paling gitu jawabnya, cape deh …

  29. Unknown said

    Weeee presidenku hebat..!keren!
    rakyatnya diperes buat beli pesawat vvip dngan fasilitas “hiburan” untuk 70org “rombongan”, rakyatnya sndiri, ngaplo..
    alhamdulillah ya, sesuatu bangeet..

  30. hanifa cipon said

    heeeeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmmmmm SAK KAREBMU……

  31. supriyanto said

    nggak papa mumpung masih hidup………………. jika rakyat nggak suka salanya sendiri kenapa dulu milih aku ????

  32. saya ijin refer tulisan ini untuk salah satu posting di blog saya

  33. […] KabarNet. (2012, February 10). Pesawat kepresidenan RI Rp 819 miliar [Web log post]. Retrieved from https://kabarnet.wordpress.com/2012/02/10/pesawat-kepresidenan-ri-rp-819-miliar/ […]

  34. Anonim said

    kalo untuk bangun jembatan di pelosok2 desa kira kira jadi berapa ……..

  35. REYNOLD said

    saya rasa,itu sudah sewajarnya dilakukan pemerintah untuk adanya efisiensi terhadap pengeluaran APBN untuk penyewaan pesawat.kan lebih untung kalo make pesawat sendiri ketimbang.saya mendukung langkah pemerintah untuk ekspansi yang positif di massa depan……

  36. Anonim said

    DIAM AJ DEH ,MAU AP KITA INI CUMA RAKYAT JELATA .

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: