KabarNet

Aktual Tajam

Guru Besar UIN Makassar: Al Qur’an Perlu Direvisi

Posted by KabarNet pada 22/06/2012

ASTAGHFIRULLAH

Guru Besar UIN: Rasulullah Sudah Meninggal, Al Qur’an Perlu Direvisi

Pernyataan Guru Besar UIN Makassar, Prof. Dr. HM. Qasim Mathar sangat memukul perasaan umat Islam.

Bertempat di Lecture Theater UIN Alauddin, Kamis (21/06/2012), sekitar pukul 10.00 WITA – 13.00 WITA, pegiat #IndonesiaTanpaJIL wilayah Makassar yang bekerja sama dengan BEM-Fakultas Ilmu Kesehatan mengadakan diskusi tentang Islam Liberal dengan menghadirkan dua pembicara yang memiliki latar belakang pemikiran berbeda antara yang menolak Islam Liberal dengan yang mendukung liberalisme Islam.

Di kubu anti JIL diwakili oleh Akmal Sjafril, MPd.I, sedangkan di kubu pro JIL diwakili oleh Guru Besar Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin Makasar Prof. Dr. HM. Qasim Mathar.

Memulai pembicaraan mengenai definisi agama, Prof. Qasim membuat beberapa pernyataan yang menodai agama Islam dan kontroversial. Diantara pernyataan-pernyataan kontroversial lulusan program Doktor IAIN Jakarta itu antara lain adalah:

  • “Tidak akan kafir seseorang yang agamanya Islam walaupun dia melenceng dari ajaran2 akidah Islam,” katanya seperti disampaikan oleh Zilqiah Angraini, salah seorang pegiat #IndonesiaTanpaJIL melalui akun Twitter.
  • “Jangan teriak kafir kepada sesama umat Islam,” kata guru besar Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Alauddin Makasar itu.”
  • “Orang beragama itu ibarat lagi main bola di lapangan, bola itu kamu tendang kemana bolanya ngga akan kafir.”
  • “Jangan membatasi penafsiran Al Quran karena generasi ke depan lebih jago daripada generasi yang zaman dulu.”
  • “Seharusnya dalam Islam tidak usah ada istilah poligami, karena pernikahan sempurna itu hanya monogami.”
  • “Kalau masyarakat aman-aman saja dengan kehadiran Islam liberal, ya jangan ganggu lagi kenyamanan masyarakat itu.”
  • “Tuhan tidak pernah ada di depan kita, tidak pernah ada di kursi MPR. Kedaulatan bukan di tangan Tuhan.”
  • “Sains itu bergerak ke depan bukan ke belakang. Islam juga harusnya begitu.”
  • “Yang mengaku menjadi Nabi setelah Nabi Muhammad, ya terserah dia. itu tandanya dia mau direkam sejarah. Jadi biarkan saja.”
  • “Rasulullah sudah meninggal, isi Al Qur’an perlu direvisi karena sudah tidak cocok lagi.”

Lebih lanjut, Prof. Qasim juga mengatakan bahwa sekarang Nabi sudah tidak ada. Menurutnya, hanya menjadi sebuah mimpi saja jika umat Islam hendak menyeragamkan pemahaman mengenai Islam.

Guru Besar yang mengaku sebagai aktivis Syiah itu juga menjelaskan karena Rasulullah sudah meninggal, maka ia mengatakan bahwa isi Al Quran perlu direvisi karena menurutnya sudah tidak cocok lagi dengn zaman.

Ia menyatakan tidak peduli dengan orang yang mau puasa atau tidak, mau berlebaran kapan. “Biarkan saja, karena Islam itu adil,” kata profesor kelahiran Makassar pada tanggal 21 Agustus 1947 itu seperti dilaporkan Zilqiah.

Prof. Qasim yang pro JIL berpesan agar umat Islam tidak usah ditanamkan dan tidak perlu disatukan, ia menyarankan agar berhenti memikirkan mengajak orang untuk bersatu.

Sang Guru Besar Sejarah dan Pemikiran Islam itu kemudian menutup statement-nya dengan kalimat, “jangan mimpi dan sibuk mikirin untuk menyeragamkan umat muslim. capek nanti.”

Kegiatan diskusi tentang Islam Liberal Kamis siang (21/06/2012) ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara. Kepada Prof. Dr. Qasim Mathar, panitia memberikan kenang-kenangan salah satunya berupa kaos #IndonesiaTanpaJIL. [KbrNet/muslimdaily]

Untuk membaca pernyataan-pernyataannya, silakan buka link berikut: Pernyataan Kontroversial Qasim Guru Besar UIN Makassar dlm Diskusi #IndonesiaTanpaJIL Makasar atau Dari Diskusi Islam Liberal 101 UIN Makassar.

51 Tanggapan to “Guru Besar UIN Makassar: Al Qur’an Perlu Direvisi”

  1. Cabut tuh gelar Prof.,… gw aja yang hanya S2 mengerti tentang islam,.. kenapa seorang Prof jadi error gini ya,.. masyaallah,….
    jangan membuat ummat islam marah pak Prof…

  2. Doni said

    abis kesambet di pohon sengon tuch prof, saking pinternya otaknya dah kebolak balik..

    ane yakin prof ini aja ngak paham kali sama bahasa arab..

    mudah2an sempat bertaubat sebelum wafat.

  3. Chilmi said

    Ini orang sudah sinting atau sedang menjalankan perintah Iblis, pernyataan orang ini adalah makar kepada Allah SWT dan orang ini pantas dihukum mati……

  4. Anonim said

    kasihan sekali ni profesor,gelarnya aja prof tapi otaknya kosong

  5. mastres said

    pernah dengar hadits yang ini :

    Anas bin Malik menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Akan tiba suatu masa pada manusia, dimana orang yang bersabar di antara mereka dalam memegang agamanya, ibarat orang yang menggenggam bara api.” (Hr. at-Tirmidzi)

    Dengan redaksi yang berbeda, Abu Hurairah menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Celakalah orang-orang Arab, yaitu keburukan yang benar-benar telah dekat; fitnah ibarat sepenggal malam yang gelap gulita. Pagi hari seseorang masih beriman, sorenya telah berubah menjadi Kafir. Kaum yang menjual agama mereka dengan tewaran dunia yang tidak seberapa. Maka, orang yang berpegang teguh pada agamanya, ibarat orang yang menggenggam bara api.” (Ibn Hajar al-Haitsami, Majma’ az-Zawaid wa Manba’ al-Fawaid, juz VII, hal. 552)

    Kesimpulan :
    1. Setiap orang yg merasa memiliki ISLAM pasti akan PANAS DI HATI, merasa terbakar di hati melihat agamanya dilecehkan oleh orang-orang JIL yg segolongan QASIM MATHAR. Namun kita tetap bersabar dalam agama ISLAM
    2. Mereka telah menyebarkan fitnah ke seluruh muka bumi ini dengan dalih apapun demi kehidupan dunia mereka
    3. Bara Api (ISLAM) akan tetap menjadi PETUNJUK bagi siapa saja yg memegangnya dengan erat.
    4. Namun bagi siapa pun yang mencampakkan dan meninggalkan bara api (ISLAM) hati mereka TIDAK TERSINGGUNG walaupun islam dilecehkan orang lain, karena sesungguhnya mereka sudah berlepas diri dari ISLAM. Ibarat mereka berjalan dikegelapan, petunjuk itu telah hilang dari tangan mereka, dan mereka pun berjalan berputar-putar (seputar isu HAM & KEBEBASAN) tanpa tahu arah. Mereka pun membentur disana-sini karena GELAP-nya malam (=pikiran) tanpa PETUNJUK lagi disisinya.

  6. profesor iblis otaknya sdh error. Mesti diformat smua isi otaknya sampe kosong, trus diinstal ulang

  7. Rosi said

    Udah lama sy jarang buka kabarnet, aplgi ngeshare…
    Kabar2 sampah sampah sering ditampilin. Ky kabar di atas, cuma ngutip dr twiter, tnpa ada klarfksi dl. hahaha, memalukan. Pantes ni media ga maju2.

  8. Wallahu a’lam bisshawaab

  9. Baby said

    Profesor Keblinger, Stres, Gajian tidak cukup…. kasian nih profesor… yang setor kurang kaleee
    @ Rosi: Kamu sepertinya anak dari profesor Qasim ya…? baru datang kok marah2

  10. tarun said

    semoga ada yg bisa bunuh si Qosim Matar ini…keliatan dari mukanya kaya orang dungu…Jaringan Iblis Liberal…

  11. erensdh said

    Kalo melihat berbagai aksi kekerasan dari para fundamentalis Islam, saya kira kata Prof Qasim itu wajib.

  12. orang bae said

    @ all
    apa benar itu berupa statement nya prof. diatas? coba diteliti dulu kebenarannya. klw benar maka terkutuklah prilaku nya, dan andai tidak benar, maka orang yg menyatut nama prof. itulah yg terkutuk.

  13. just human said

    Mnurut saya pandangan profesor itu cukup logis dan bisa diterima dengan nalar, sy justru aneh tuh sama komentator yang pertama muhammad aris alwi : “Cabut tuh gelar Prof.,… gw aja yang hanya S2 mengerti tentang islam,.. kenapa seorang Prof jadi error gini ya,.. masyaallah,,,”. justru itu yang arogan sekali, gelar profesor tuh bukan dengan mudah bisa didapat bung.

  14. LASKAR SEMUT PUTIH.
    Menyikapi Pernyataan Prov Dr Qasim Mathar yg Sesat dan Menyesatkan.

    MAKLUMAT UNTUK UMAT ISLAM YANG BER IMAN !!!!!!!!
    ************************************************************
    أسْـتَـغْــفِـرْ لًًًَــهًُــمْ أَوْ لَا تَــسْـتَــغْـفِـرْ لَــهُـمْ إنْ تَـسْـتَــغْـفِـرْ لَهُـمْ سَـــبْـعِـيْـنَ مَـرَّةً فَــلَـنْ يــَـغْــفَـرَاللهُ لَـهُمْ

    ذٰلِكَ بِــأَنَّــهُـمْ كَــفَـرُوْا بِـــا للهِ وَ رَسُـــوْلِهِ، وَ اللهُ لَا يَــــهْدِى الْــقَـوْمَ الْـــفٰـسِــــــقِــيْـنَ

    IMAN Kalian SEDIKIT atau BANYAK,selama Kalian mempunyai IMAN !?
    Di Panggil dan di Perintahkan Oleh Al-Qur’an untuk Memerangi,Mengintai
    Musuh2 Allah Dari tempat Persembunyiannya,kemudian TANGKAP HIDUP/MATI
    KAPAN DAN DIMANA SAJA KALIAN BER JUMPA DENGAN MEREKA !!!!!!!

    Di dalam Al-Qur’an di TEGASKAN ,,,,,,,,Dan MELARANG KITA,,,,,,,,,,!!!!!!!!!
    Umat Manusia Untuk tidak memberikan AMPUNAN Kpd Mrka. Sesungguh nya
    ALLAH TIDAK Memberikan AMPUNAN dan PETUNJUK KEPADA
    ORANG – ORANG KAFIR dan FASIQ
    TERMASUK KEPADA MAHKLUQ ANEH INI.!!!!!!!!!!!???????
    WAJIB !!! HUKUM nya untuk DI BUNUH dan HARUS di HABISI
    Sampai Ke Akar2 nya serta HALAL DARAH nya untuk di TUMPAHKAN !!!!!!

    LIBERAL,,,,,,adalah,,,,,,,, DAJJAL,SYETAN,IBLIS.,,,,,BUKAN MANUSIA ,,,!!!!!!!
    KAFIR,,,,,MURTAD,KELUAR DARI ISLAM,,,,,,,,,,,,,,!!!!!
    LIBERAL,,,,,,BUKAN ISLAM dan ISLAM,,,,,,BUKAN LIBERAL

  15. just human said

    knp sih kalian gemar banget bilang “bunuh..bunuh” kalau ada orang yang tidak sependapat dengan kalian?? bukannya itu juga tdak sesuai dengan ajaran islam, sperti contoh kometar dari Tarun : “semoga ada yg bisa bunuh si Qosim Matar ini…keliatan dari mukanya kaya orang dungu…Jaringan Iblis Liberal…”.

  16. qahwa said

    @ all

    apa benar itu berupa statement nya prof. diatas? coba diteliti dulu kebenarannya. klw benar maka terkutuklah prilaku nya, dan andai tidak benar, maka orang yg menyatut nama prof. itulah yg pembuat penyebar fitnah. Wallahu A’lam bis sawab.

  17. bambang said

    wah…pemikiran prof Qosim sangat berbahaya,menyimpang dari islam,saya do’akan agar semoga sadar.

  18. anezutha said

    Sekalipun bergelar profesor, umat islam yang paham ttg islam tidak akan terpengaruh dengan statemen ngawurnya sang profesor tengik…mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan, semoga Alloh SWT cepat mengazab orang2 yang membenci islam. amin

  19. YA Allah balaslah orang yang telah berani untuk merubah firman-mu,
    Maha Benar Allah dengan Segala FirmanNya.

  20. Sang Kata said

    FAKTOR PENYEBAB NEGARA GAGAL

    Akar permasalah atau penyebab Indonesia masuk kategori negara gagal :

    (1) Kawanan parpolis dari berbagai paltform, kalah menang pemilu/pilpres, masuk koalisi atau oposisi, bertingkah laku seperti anak KURANG AKAL, menghalalkan segala cara, tindakan dan omongannya serba brutal.

    (2) Wakil rakyat dari semua fraksi, komisi bertingkah laku bak orang gila KEHILANGAN AKAL. Utamakan kesejahteraan diri, dahulukan kemakmuran keluarga, pentingkan kembali modal. Kinerja politisnya mirip tukang jagal.

    (3) Media massa dan geng jurnalis yang hidup dari bencana politik dengan dalih menaikkan peringkat, gelar acara dialog, diskusi dan debat, tanpa merasa malu bergaya mirip orang pikun TANPA AKAL, memainkan peran sebagai tukang jagal. Membentuk opinis sesuai selera, lebih kejam daripada fitnah.

    (4) Penyelenggara dan pelaku ekonomi, mampu pesan pasal sampai jual beli pasal, mereka KELEBIHAN AKAL, mereka selalu menang modal. Tak perlu jadi birokrat, jadi aparat keamanan, jadi hamba hukum.

    (5) Rakyat pemilih yang dibutuhkan suaranya saat coblosan dalam sehari, setelah itu, di sisa waktu dalam lima tahun disuruh berjuang sendiri, menjadi korban para pemain akal, minimal ketiban sial.

  21. Andi said

    Menrt sya. . . Emang sesma islam hrus slng mengngtkan.tp tdk slng menylahkan.stju. .

  22. Yan.rakey said

    ALQUR’AN sesuai perkmbngn jaman dijamin keabsahanya.gkada iblis yg bs menggantinya.cb saja dirubah

  23. Anonim said

    ini setan wujut manusia

  24. kejawenjoyoboyo@gmail.com said

    Bp kurang br hati2 menulis dan memahami AL QUR’AN,sbg se orang PENGAJAR ILMU agama bgmn bp mmahami isi ayat2 kitab al qur’an yg menjelaskan adanya wahyu AL QUR’AN.Sungguh pendapat tidak BENAR hal itu menunjukan TIDAK TAHU isi kitb al qur’an.

  25. Amama Ali said

    KLo dia hafal al-Qur’an aku percaya dehhh

  26. NU Tulen said

    Semenjak dimulainya Reformasi Thn 1998 Negara Indonesia dijadikan tempat pembuangan Limbah atau Sampah oleh negara2 yg tidak menginginkan Indonesia jadi negara besar didunia, adapun limbah atau sampah tersebut adl:
    1. Demokrasi Liberal baik dalam Politik maupun dalam ekonomi.
    Tidak ada satu pun contoh atau model negara yang makmur dan maju saat ini dihasilkan karena mereka menggunakan sistem Politik Demokrasi Liberal karena ongkosnya terlalu mahal, perlu anda ingat bhw sampai dengan thn 1975 orang kulit hitam di AS maupun penduduk asli AS masih terbelenggu oleh Diskriminasi…
    2. Hak Azazi Manusia versi International saat ini.
    Perlu anda ketahui sifat – sifat negara yang memaksakan Indonesia untuk memakai HAM saat ini adalah sebaliknya mereka sdh mencampakan HAM dengan perbuatan2 Mereka yg melakukan standart Ganda dalam politik baik didalam negeri maupun ke Luar Negeri… Bagaimana saya seorang muslim sulitnya mencari Masjid dan tempat makanan2 Halal dinegara2 Amerika, Inggris dan Prancis, berbeda seperti Indonesia yg mayoritas Islam bagaimana mudahnya ummat selain Islam dalam menjalankan peribadatannya sampai2 didaerah terpencil pun ummat selain islam bisa dng mudah beribadat…. Apakah kita terus mau dibodohi dengan menekan ummat islam yg sdh sangat keterlaluan di Indonesia agar terjadi perpecahan diantara ummat beragama di RI?
    3. Kesetaraan Gender.
    Ingat dari tahun 1990 an methode ini sdh jadi sampah dan dibuang kenegara2 dunia ke 3 oleh negara maju agar dapat menghancurkan generasi muda sehingga
    Dapat menghambat laju kemajuan generasi muda maupun anak2….
    4. Ekonomi Hutang.
    Model ini yang selalu menjadikan penyebab utama dalam hal dis integritas suatu negara, hasil riset kami menunjukkan negara2 yg memakai model ini akan selalu bermasalah dalam hal rendahnya bargaining power ke negara2 lain… Jika kita diberikan pujian oleh negara2 penghutang hal tersebut akan merupakan angin surga agar kita selalu terikat dalam dikte-dikte mereka… Tidak ada hutang yg gratis, yang gratis adl alam Indonesia yg kaya raya pemberian dari ALLAH SWT.
    Yang jadi pertanyaan saya apakah kita masih mau menggunakan sampah atau limbah tersebut sampai negara ini terperosok ke jurang kehancuran?
    Belajarlah dari China dan India yang cepat2 membuang sampah dan limbah tersebut dan berpindah ke Model yang sesuai prilaku masyarakat negara tsb.
    – Bukan kah Indonesia sdh punya model2 tersebut dengan Pancasila dan UUD 1945?

  27. ocu said

    mantab nih profesor*akibat filsafat*ilmu yg tiada manfaat,mdh2an pak prof thobat

  28. JIL SESAT said

    misi pertama JIL =>

    “mengembangkan penafsiran Islam yg liberal sesuai dg prinsip-prinsip yang kami anut, serta menyebarkannya kepada seluas mungkin khalayak”

    jika kita mengkaji misi jaringan liberal tersebut, tentu sangat beda jauh dengan apa yang disyariatkan Agama Islam..!
    prinsip sesat apa yg mereka gunakan?? tidak boleh kita berijtihad sekehendak hati…! termasuk merevisi ayat2 Al-Qur’an..!

    lihatlah salah satu contoh ayat Al-Qur’an (Ali ‘Imran: 19) yang menurut mereka kurang tepat dengan masa sekarang :

    “innaddiena indallahil ISLAM”

    mereka ganti dengan

    “innaddiena indallahil HANIFIYYAH”

    SANGAT BERTOLAK BELAKANG DENGAN FIRMAN ALLAH :

    Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar.”

    “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Qur’an, Dan sesungguhnya Kami benar-benar yang memeliharanya.”
    (Al Hijr: 9).

  29. Ardian Sahira said

    Ahlan wasahlan.

    Orang ini sepertinya perlu dikasih minum obat oles mulut ataw obat penenang bahkan obat cacing.

    Orang seperti beliau sudah selayaknya dapat binta (anumerta).Hiwkhiwk..666x hiw.
    Ini orang akan menyesal sepanjang khayat:

    Al-Baqarah ayat 7
    Allah telah mengunci- mati hati dan pendengaran mereka , dan penglihatan mereka ditutup . Dan bagi mereka siksa yang amat berat

    Hidup Muslim dan Islam.

  30. rahmatullah al buchori, said

    allah aja santai melihat musuh-musuhnya ,kenapa kita repot-repot mengurusinya,allah kan maha kuasa apa susahnya melawan musuhnya,kita shok bela allah,sepertinya kita meremehkan beliau deh, alquran juga sering salah bumi aja dibilang datar padahal bulet , kalau alkuran diikuti semua maka dunia ini akan akan seperti di tmur tengah, tiap hari hanya ledakan bom saja,

  31. Abdullah said

    Semoga Allah sembinasakan, org yg enyakini alquran perlu direvisi. Kalau qasim matar gomong gituan. Wajar karena dia punya penyakit lupa ingat. Org tuanya aja ngak pernah ajarkan seperti itu. Kalau tdk tobat pastilah is kafir

  32. kartika fajar said

    rahmatullah@ statemen nt sama ngawurnya dengan profesor, sepertinya nt orang liberal atow orang kafir, ingat…Allah SWT akan mengazab di dunia maupun di akhirat bagi siapa saja yang durhaka kepadaNYA, seperti contoh pir’aun ditenggelamkan kedalam lautan…saya sarankan agar anda segera bertobat agar tidak dipir’aunkan !!

  33. Anonim said

    astagfirulloh…..semoga bapak profesor dibukakan pintu hatinya oleh allah SWT, dan kembali kejalan yang benar…saya sebagai muslim sangat prihatin dan semoga paham yang disampaikan tidak menjadi sebuah mata Kuliah di UIN makasar…

  34. Anonim said

    Omong-omong, apa ada sumber resmi dari pernyataan prof ini? Mosok sih profesor spt politisi saja….

  35. dodee said

    Kenapa IAIN selalu melahirkan prof sakit jiwa?Malu gua jadi alumni IAIN…dasar prof sarap…tu dapat gelar nyogok ya gitu…gua yakin lu bukan islam,tapi sok2 jadi islam gila…Semoga Azab Untukmu Dapat dilihat di Dunia segera!!!Amiiiiiiin Ya Allah…

  36. Anonim said

    Kadir berkata
    prof. itu asal ngomong aja dasar agamanya nga kuat baca kitab kuning nga bisa, wajarlah …cuma cari sensai mau dikenal

  37. Anonim said

    wah ni kayanya uda tdk benar jangan2 uda kesambit setani prof.
    gak salah tu d juluki guru besar trus pemikiran lebih parah dari orang stress……
    kasihan ni prof kayanya mw d rukiah deh…
    atau mw numpang terkenal jg ya prof. dngan buat sesuatu yang lain/salah….

  38. Anonim said

    Rahmatullah Al Buchori:sepertinya ni orang kagak bener ya….
    makanaya mas kalau kagak sanggup otaknya pedalam agama alone2 aja tukan lu jd gila jg….

  39. Anonim said

    Anne juga yakin tuh ….professor udah gila kali…? kudu masuk rumah sakit jiwa…..

  40. †rahmatullah al buchori† said

    Surat al kafir un sangat menyakiti hati orang non islam,cobalah dibaca betapa sakit perasaan orang yang mendengar.
    Ayat tentang janji2 surga itu cobalah baca,masak orang yg berjihad akan dihadiahi 72 bidadari perawan.
    Yang dibicarakan cuma sek dan anggur , ini benar2gila kitab suci kok menjanjikan pesta sek,
    Benar seperti kata GUS DUR alquran itu banyak pornonya. itu yang perlu di revisi .
    A lquran terlalu banya menyigung agama lain. dengan mengatakan orang KAFIR.. KATA KAFIR ini juga dipakai mengkafirkan
    kita sesama muslim coba saja SUNI bilang SYAH kafir. SYAH juga bilang SUNI kafir. JI bilang NU kafir dan banyak lagi saling
    meng KAFIRkan .dan yang paling fatal akibat janji SURGA yg salah itu yg perlu direvisi itu,,orang tidak lagi menyayangi jiwa
    raganya , mereka rela jadi syuhada membom masid SUNI ,DEMIKIAN JUGA SEBALIKNY rela jadi syuhada membom masjid SYAH
    .ini bennar2 mengerikan . di timur tengah dari abad 7 sudah 1400 tahun lamanya darah TUMPAH tak pernah henti
    jutaan nyawa jadi tak berharga coba renungkan itu .hal yang tak pernah terjadi dibelahan bumi manapun.

  41. @Rahmatullah Al Buchori:mas kalo mau jadi kafir jangan tanggung2 ganti nama aja skalian, ga cocok,ga sesuai dngan artinya(nama berbau Islam/timur tengah)ga sesuai dngan statement yg bnyak mencela Islam dan timur tengah..saya usul ganti nama jadi dajjal..

  42. Anonim said

    Cobalah kita memandang agama sebagai produk tuntunan dari Allah sang PENCIPTA, kalau kita paham bahwa Allah adalah PENCIPTA, kita akan tahu, bahwa sesuatu yang berat dan tidak relevannya dengan otak kita tentang isi Al Qur’an tetap harus kita terima dengan iman dan ikhlas, karena Allah adalah SANG PENCIPTA, semuanya Hak Nya untuk menentukan hukum.

  43. Suraprana said

    Udah gak waras nih profesor,Qur’an mau di revisi otak luh aja yg direvisi

  44. amry syihab said

    Istigfar pak profesor sadar eling….

  45. †rahmatullah al buchori† said

    Coba sekarang kita ambil al quran, lihat Surah Q.8;12. Q.9;5. Q.9;191 Q.9;14. Q.9;28. Nah kita sekarang baca sama sama,
    isinya cuma suruh bunuh orang ,penggal kepala orang, ngatain orang kafir , ngatain orang najis .
    padahal kenyataannya mereka yang disebut KAFIR kehidupannya lebih baik damai dan sejahtera , seperti negara Korea selatan ,
    AMERIKA ,KANADA, JEPANG, EROPA, AUSTRALIA NEW SEALAND, coba bandingkan dengan ,afgan,irak,iran ,somalia, nigeria lebanon SURIAH,DLL. TIAP HARI BOM BOM BOM….ITU JUGA PERLU DIREVISI.

  46. Ahmad iqbal said

    Surah ALFATEHAH ayat 7 itu juga sumber kebencian KATA YAHUDI diganti dengan PERAMPOK . sedangkan kata NASRANIganti dengan PENCURI . nah itu baru KITAB SUCI namanya.

  47. gjgjgj said

    Prof yang kebnyakan mikir jadi udah gila

  48. Anonim said

    astaghfirullah…..

  49. Anonim said

    Singkat kata ini yang disebut ” ILMU tanpa IMAN ” punya akal tapi gak tau siapa yang ngasih..,,

  50. Anonim said

    kalau saya setuju direvisi…kita jangan terpaku dengan ayat yg mengatakan alqran itu sempurna…karena dilihat dari sejarahnya alqran itu ditulis oleh para sahabat nabi, sehingga pasti tidak akan sempurna…marilah kita objektif melihat kenyataan…akibat ayat2 yg keliru ditulis mengakibatkan amrozi dkk menjadi pembunuh berdarah dingin…dan lihatlah antar sesama muslimpun saling mengkafirkan dan saling bunuh akibat dari ayat yg salah ditulis…..mereka hanyalah korban dari kesalahan tulisan/ayat dlm alquran…marilah kita berpikir jernih dan jangan hanya emosional dlm beragama.

  51. Anonim said

    BISA DIBUNUH ORANG INI!.Meskipun SANGAT BETUL karena semua yg tidk pernah direevalausi dan disesuikan dengan KEADAAN, TEMPAT dan WAKTU adalah Kadaluarsa.Dan obat expired malah jadi rcun bagi manusia seperti yg TERBUKTI SEKARANG.

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: