KabarNet

Aktual Tajam

Anggota DPR Boleh Dugem Setiap Hari

Posted by KabarNet pada 30/01/2013

Jakarta – KabarNet: Kalau mau, setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ternyata boleh-boleh saja berpesta pora di klub malam (dugem) selama 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun. Pasalnya para anggota DPR ternyata tak dilarang untuk dugem. Belum ada aturan di Badan Kehormatan (BK) DPR yang melarang anggota DPR dugem.

Soal ini mencuat setelah baru-baru ini anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Wanda Hamidah, terungkap sempat berpesta pora semalam suntuk di sebuah klub malam sebelum akhirnya Wanda ikut ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) saat penggerebekan menjelang subuh di rumah presenter kondang Raffi Ahmad. Masyarakat boleh saja mengecam Wanda sampai mulut berbusa-busa, namun ternyata memang tak ada aturan yang melarang anggota DPR berpesta pora di klub malam.

Hal itu dibenarkan oleh Anggota Badan Kehormatan DPR, Usman Jafar, saat dikonfirmasi oleh wartawan. “Nggak ada aturannya, dugem belum disebut dalam aturan,” kata Usman, Selasa (29/1/2013).

Usman mengatakan larangan dugem belum tercantum dalam hal-hal yang dilarang oleh BK DPR. Namun ada larangan agar anggota DPR tak mendatangi tempat judi dan prostitusi. “Kecuali dalam tugas, misal untuk pembuktian,” ujar Usman menjelaskan.

Hal ini sangat disayangkan, mengapa seorang wakil rakyat ternyata masih sempat dugem. Apakah banyak legislator yang juga hobi dugem?

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, menilai seharusnya tokoh yang memilih jalur menjadi pejabat publik harus siap dengan segala konsekuensinya. Yakni menjadi contoh yang baik bagi rakyat, menjadi teladan positif untuk masyarakat yang diwakilinya.

“Pejabat publik sulit memisahkan urusan pribadinya dengan urusan publik, artinya harus ada kesiapan utuh untuk memberikan teladan. Jadi tidak mengingkari sumpah menjadi anggota dewan,” tandas Siti Zuhro, di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Apa yang dilakukan Wanda Hamidah tentu saja sangat mengecewakan. Masalah Wanda terkait narkoba atau tidak, itu adalah hal lain yang urusannya dengan penegak hukum. “Aneh juga, sebagai wakil rakyat kok dugem. Berarti rakyat yang diwakili adalah rakyat yang suka dugem. Jadi jangan ada tindakan negatif seperti ini seharusnya. Apalagi dia perempuan, itu masalah. Indonesia masih memuliakan posisi perempuan sebagai seorang ibu dengan tempat yang mulia,” kecam Siti Zuhro.

Siti menilai wajar jika BK DPRD DKI Jakarta mengeluarkan sanksi teguran. Karena ini tindakan tak elok yang melanggar etika. “Tak elok juga melanggar norma etika. Seharusnya mencitrakan hal positif seorang ibu, seorang istri, yang diasumsikan sesuai dengan norma sosial,” katanya.

Siti Zuhro menambahkan, seharusnya seorang anggota DPR memahami masalah etika dan moral terkait perilaku yang pantas dan tidak pantas. “Ingatlah, jadi anggota dewan berarti memahami semua hal ketatanegaraan, juga tentang korupsi, moral, narkoba, dan tugas lainnya,” pungkasnya.

Insiden moral tersebut terungkap lewat foto-foto yang dimuat dalam media jejaring sosial. Salah seorang sahabat Wanda mengunggah ke internet foto Wanda Hamidah berpakaian sexy sedang berpesta pora dengan teman-temannya di sebuah klub malam di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (26/1/2013) lewat tengah malam. Di meja tempat wanita anggota DPR itu duduk tampak botol minuman keras. [KbrNet/adl – Source: Detiknews]

6 Tanggapan to “Anggota DPR Boleh Dugem Setiap Hari”

  1. Anonim said

    Ribut aja.
    Huh……
    Udah ngurusin diri sendiri dulu

  2. Ronin said

    Hayo……siapa lagi yang mau pilih partai ?.
    Masih berharap kepada partai ? ?……
    Emang ada gitu anggota partai yang berpihak pada rakyat ? ?……
    Duit partai itu darimana didapat ? ? ?….dari malakin BUMN !. dari korupsi anggaran ? ?.
    atau dari uang jago setoran perusahaan2 ……..masih berharap ? ? ?…….
    TERLALU !!!!!!!!!!!!!!!!…………………………

  3. Semoga SBY senang dan kembali memberikan Grasi kpd Bandar2 kelas kakap Narkoba yg ditahan.

    Anoymous@
    Otak Loe tak berkualitas!
    Loe tak paham kehidupan sosial!
    Kl mau hidup sendiri dan mengurus diri sendiri,sono masuk kubur!
    Jahil amat sich loe jd makhluk! 🙄

  4. Anonim said

    Wiro pendek anak pelacur mulai cuap2 lagi.
    Bacot gak mutu, bikin ane mau muntah.

  5. Q_Q
    “TERKUTUKLAH sigondrong yang DIGANTUNG pada KAYU salib ╋ itu ☜!”
    GALATIA 3:13

    Nah!
    Itulah yg seharusnya membuat loe Muntah 😀
    Masak siTerkutuK disembah???
    Bahlul!
    Sent from my BlackBerry®
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  6. @Pengunjung KabarNet Yang Kami Hormati

    Pada pagi hari ini Kamis 31 Januari 2013 kami seperti biasa melakukan pengecekan rutin berkala untuk memeriksa komentar-komentar Pengunjung yang karena sesuatu dan lain hal diluar kontrol kami ternyata terjaring secara otomatis oleh Spam Filter Software yang terpasang di situs KabarNet.

    Saat kami tengah dalam proses mengeluarkan beberapa komentar Pengunjung dari “Spam Basket” tiba-tiba aliran listrik di tempat kami mendadak terputus karena pemadaman oleh PLN sehingga berakibat terhapusnya beberapa komentar Pengunjung.

    Bagi para Pengunjung KabarNet yang merasa mengirim komentar pada pagi hari ini antara jam 08:00 s/d 09:30 dan ternyata tidak muncul, diharap untuk mengulang lagi mengirimkan komentar tersebut.

    Atas akibat gangguan teknis tersebut kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

    Maaf dan Salam,
    ADMIN KabarNet

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: