KabarNet

Aktual Tajam

Syeikh Al-Buthi Gugur Dibom Dalam Masjid

Posted by KabarNet pada 22/03/2013

Damascus – KabarNet: Innaa Lillaahi Wa Inna Ilaihi Roji’uun. Sebuah serangan bom bunuh diri mengguncang sebuah masjid di ibukota Syiria, pada Kamis 21 Maret 2013 malam Jum’at, yang menewaskan seorang Ulama Sunni kharismatik Asy-syeikh Mohammad Said Ramadhan Al-Buthi Asy-syafi’i (84), bersama sedikitnya 23 muridnya yang saat itu menghadiri pengajian rutin di Masjid Jami’ Al-Iman di Distrik Al Mazra’ah – Damascus – Syiria. Pelaku bom bunuh diri itu nekat meledakkan dirinya di saat Syeikh Al-Buthi sedang memberikan rutinitas pelajaran agama.

Peristiwa ini merupakan pertama kalinya seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dalam masjid. Menurut sumber berita Syiria, pelaku bom bunuh diri merupakan anggota Front Al-Nusrah yang menyelinap ke dalam masjid. Dosa besar ulama Sunni tersebut karena diyakini oleh Front Al-Nusrah sebagai pendukung Presiden Bashar Al-Assad.

Gugurnya Al-Buthi sebagai syahid adalah pukulan besar bagi pemimpin Syiria, yang sedang berjuang melawan pemberontak. Bashar Al-Assad menuding para pemberontak sebagai teroris dan tentara bayaran yang didukung oleh kekuatan asing berusaha untuk mengacaukan negara.

Sementara itu, juru bicara pemberontak Syiria, Loay Maqdad, menyatakan bahwa unit-unit yang berhubungan dengan Pasukan Pembebasan Syiria tidak bertanggung jawab atas ledakan tersebut. “Kami Pasukan Pembebasan Syiria tidak bertanggung jawab atas operasi ini. Kami tidak melakukan bom bunuh diri dan tidak menargetkan masjid,” ucap Loay kepada televisi Al Arabiya.

Video yang dirilis stasiun televisi Al-Ikhbariyah menunjukkan belasan mayat bergelimpangan dengan kondisi mengenaskan di karpet masjid sementara para pekerja emergency memberikan bantuan pertama pada korban yang masih hidup.

Masjid Eman terlihat hancur setelah seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya yang menewaskan Syeikh Mohammad Said Ramadhan Al-Buthi.

Masjid Eman terlihat hancur setelah seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya yang menewaskan Syeikh Mohammad Said Ramadhan Al-Buthi.

Syeikh Dr. Said Ramadhan Al-Buthi memiliki nama asli Muhammad Said ibn Mula Ramadhan ibn Umar Al-Buthi. Beliau dilahirkan di wilayah Buthan (Turki) pada tahun 1929 dari sebuah keluarga yang cerdas dan taat beragama. Ayahnya, Syekh Mula Ramadhan adalah salah seorang tokoh ulama besar di Turki, termasuk di Syam (Syiria). Sesaat setelah peristiwa kudeta yang dilancarkan oleh Kemal Attatruk, ia pindah ke Syiria bersama ayahnya.

Said menempuh studi dengan spesialisasi ilmu Syariah hingga memperoleh Ijazah Licence. Pendidikan masternya ia tempuh di Fakultas Bahasa Arab. Pada tahun 1965, Said Ramadhan menyelesaikan program Doktornya di Universitas Al-Azhar dengan predikat Mumtaz Syaf ‘Ula dalam usia 36 tahun. Disertasi yang ia tulis berjudul “Dlawabit al-Mashlahah fi asy-Syari’at al-Islamiyyah,” mendapatkan rekomendasi Jami’ah al-Azhar sebagai “Karya Tulis yang Layak Dipublikasikan.”

Di mata beberapa ulama dan ustadz-ustadz yang pernah menimba ilmu di Syiria, saat ini Al-Buthi lebih dikenal sebagai tokoh ulama sufi dibanding tokoh pergerakan. Buku-buku karya Al-Buthi banyak beredar di Indonesia dan karyanya banyak menjadi rujukan. Beliau telah menulis tidak kurang dari 40 buku dalam bidang kesusasteraan, falsafah, sosiologi dan keagamaan.

Pada tahun 1965 Syeikh Ramadhan Al Buthi menjadi pengajar kemudian menjadi dekan Fakultas Syari’ah di Universitas Damaskus dan menjadi Khatib Masjid Al Umawi. Dan tahun 2012 beliau menjadi ketua Ikatan Ulama Bilad As Syam.

Atas gugurnya Asy-syeikh Mohammad Said Ramadhan Al-Buthi sebagai syahid, DPP Front Pembela Islam (FPI), menyampaikan ucapan belasungkawa yang disampaikan langsung kepada KabarNet, sebagai berikut:

Innaa Lillaahi wa innaa ilaihi Rooji’uun.. Kamis 21 Maret 2013 malam Jum’at telah SYAHID guru kami tercinta Asy-syeikh MUHAMMAD SA’ID RAMADHAN AL-BUTHI ASY-SYAFI’I AL-ASY’ARI bersama 23 muridnya saat usai ta’lim rutin di Masjid Jami’ Al-Iman – Damascus – Syiria, karena DIBOM di dalam Masjid. Entah siapa pelakunya?? Ya Robb, Engkau Maha Tahu siapa pelakunya, maka hancurkan mereka, karena telah membunuh salah seorang Ulama Besar yang menjadi Wali-Mu!.. [KbrNet/Slm]

20 Tanggapan to “Syeikh Al-Buthi Gugur Dibom Dalam Masjid”

  1. khawarij said

    wahabi bajingan!! Iblis!!
    hanya karena tak sepaham, seorang ulama pun dibunuh dengan cara sadis!

    “Barangsiapa membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya neraka jahanam dengan kekal abadi di dalamnya, dan Allah akan murka dan melaknatnya serta mempersiapkan untuknya siksaan yang besar.” (an-Nisa’: 93)

    wahabi keparat!

  2. Segaf bin Ayyad Al Hasny said

    Allahummagfirlahum, warhamhum, waafihim wa’fuanhum, wa akrim nuzulahun…
    Pukulan berat bagi kami para pecinta ulama. Ya syaikh dan para muridnya, Allah menempatkan kewafatan kalian dalam keadaan terbaik, yaitu belajar dan mengajar. Semoga kami bisa dalam barisan kalian kelak dihari kebangkitan.
    Hati ini sedih karena kehilangan orang-orang mulia, namun kemuliaan kalian adalah lebih utama disisi Allah, maka apalah artinya kesedihan kami ini…
    Selamat jalan kami ucapkan, ingat-ingatlah kami para pecintamu dihadapan Allah..

  3. mau tau said

    apa bedanya wahabi, sunni dan syiah ya?

  4. ghost buster said

    Loh Kok saling membunuh?, nopo meneh iki?

  5. Anonim said

    BIADAB!!!

  6. kenapa? said

    @ khawarij berkata
    22/03/2013 pada 10:49

    wahabi bajingan!! Iblis!!
    hanya karena tak sepaham, seorang ulama pun dibunuh dengan cara sadis!

    “Barangsiapa membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya neraka jahanam dengan kekal abadi di dalamnya, dan Allah akan murka dan melaknatnya serta mempersiapkan untuknya siksaan yang besar.” (an-Nisa’: 93)

    wahabi keparat!

    Syiah vs sunni juga ada bentrok
    http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2012/08/28/20371/ulama-madura-beberkan-insiden-sampang-kaum-syiah-melempar-bom-molotov/

  7. OPOMANING said

    Mau tau ?

    Karena sipelaku sudah kemakan umpan syeitan. Simple kan ?

  8. aji24ridwan said

    Belum tentu juga yang memlakukannya dari wahabi, karna anda pun blom punya bukti2, yg akhirnya akan menimbulkan fitnah saja dan makin memperkeruh suasana, masih ada banyak kemungkinan mengenai siapa yang melakukannya, jadi tunggu saja hasilnya, seandainya pemerintah syiria itu mau membalas budi atas keloyalitasan Asy-syeikh MUHAMMAD SA’ID RAMADHAN AL-BUTHI, tentu nya dia akan mengusut kasus ini hingga tuntas, mudah2an kita semua dihindarkan dari fitnah…

  9. Anonim said

    Oooooo memang ternyata satu character, hobby sukanya membunuh dan ngebomb sana sini. Yg ngebomb nanti dapat selusin perawan katanya dan masuk surga.
    Kak kaget deh.

  10. †Anonymous† said

    islam ya emang kayak gitu.

    jangan heran.

    pelajaran faforitnya ya bom bunuh diri.

    dapaet 72 bidadari sih.

    bahenol lagi.

  11. noname said

    menyakitkan…!!! orang baik harus mati sia-sia karena pemahaman atas ajaran yg keliru… sama seperti keluarga korban BOM lainnya di seluruh dunia…sesungguhnya hal tersebut tdk perlu terjadi apabila semua pihak bisa menerima perbedaan dengan lapang dada, hidup damai berdampingan serta saling tolong menolong sesama umat ciptaan NYA… indah bukan…

  12. berita salah
    TIDAK di bom
    persis seperti orang2 yg tidak bersenjata dan statusnya baru terduga teroris ditembak mati densus 88
    tapi polisi bilangnya di media masa ada aksi tembak-menembak

    coba kalian liat lagi foto2-nya
    dlm masjid tsb masih utuh kipas anginnya, AC-nya

  13. coba antum sekalian liat foto2nya yg di-posting oleh islampos
    dlm tulisannya yg berjudul

    “Kejanggalan-Kejanggalan Di Masjid Syeikh Ramadhan Al Buthi Dibom”

    perhatikan fotonya

  14. OPOMANING said

    Eh, ngomong-ngomong jahatan mana ya, pemain panggung yang disuruh memerankan tokoh jahat atau sang sutradara dibalik panggung yang nyuruh pemain memainkan peran jahat ?

    Jelas, pemain memainkan tokoh jahat semata demi bayaran sebagai pemain, tak lebih ! Tapi sang sutradara dibalik panggung, dengan kelicikannya ia yang memang tidak senang dengan terangnya cahaya Islam, akan berupaya dengan segala cara untuk menyuruh para pemain bayarannya untuk memainkan peran sebagai tokoh jahat semata demi satu tujuan, yakni menyudutkan dan memadamkan cahaya Islam yang semakin terang benderang di akhir jaman.

    Sesungguhnya siasat Allah jauh lebih hebat daripda tipu daya orang kafir. Mereka dengan berbagai daya upaya akan selalu memadamkan cahaya Islam, tapi Allah justru maikn menerangkan cahaya Islam hingga akhir jaman.

    .

  15. †Anonymous† said

    siasat alah emaang paling hebat .
    dia kan tukang tipu paling hebat.
    tukang tpu kok disembah BAHLUL

  16. http://islampos.com/kejanggalan-kejanggalan-di-masjid-syeikh-ramadhan-al-buthi-dibom-49194/

  17. Goblok tuh yang bom udah tahu tempat ibadah malah dijadikan tempat sadis :v

  18. peniup murtad said

    ngapain nyalahin wahabi ? Dasar muslim abal2 goblok. Lo itu islam sesat. Islam mana yg lo jadiin patokan? Ustad indo yg terjebak media? Berbohong yg baik2 sah? Goblok

  19. peniup murtad said

    ngapain nyalahin wahabi ? Dasar muslim abal2 goblok. Wahabi ntu islam arab malah yg dekat ka’bah. Lo smua itu islam sesat. Islam mana yg lo jadiin patokan? Ustad indo yg terjebak media? Berbohong yg baik2 sah? Goblok

  20. peniup said

    gapain nyalahin wahabi ? Dasar muslim abal2 goblok. Lo itu islam sesat. Islam mana yg lo jadiin patokan? Ustad indo yg terjebak media? Berbohong yg baik2 sah? Goblok

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: