KabarNet

Aktual Tajam

PKS Tolak Pancasila Sebagai Asas Tunggal!

Posted by KabarNet pada 14/04/2013

Jakarta – KabarNet: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak asas tunggal Pancasila dalam Rancangan Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan (RUU Ormas). PKS juga menolak adanya hak subjektif dari pemerintah untuk membubarkan ormas. Anggota DPR dari Fraksi PKS, Indra mengatakan, pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Organisasi masyarakat (Ormas) ditunda dari jadwal semula pada 12 April 2014.

Indra menegaskan, asas tunggal tidak sesuai dengan Konstitusi dan tidak sejalan dengan semangat reformasi. Makanya, Negara harus menjamin ormas untuk menentukan asasnya sesuai dengan ciri dan kekhasan organisasinya.

PKS dengan tegas mengatakan tidak ada asas tunggal, tidak adanya pasal-pasal yang berpotensi represif dan pengekangan. Artinya, Pancasila bukan lagi satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

“FPKS dengan tegas menyatakan untuk menunda pengesahan RUU Ormas, dan semua fraksi dan juga pemerintah telah sepakat menunda pengesahan RUU Ormas,” kata Indra di Jakarta, Jumat 12 April 2013).

PBNU memberikan reaksi serius atas pernyataan PKS ini. Wakil Sekjen PBNU Sulton Fatoni mengatakan, penolakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) atas Pancasila sebagai asas utama organisasi kemasyarakatan yang tercantum dalam Rancangan Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan harus disikapi serius.Sebagai partai yang terlibat dalam penyelenggaraan negara, sudah tidak sepatutnya masih mempertanyakan Pancasila dan UUD 45, kata Sulton di Jakarta, Rabu. “Kalau tidak mau Pancasila sebagai asas berbangsa dan bernegara, agenda apa lagi yang sedang disusun untuk masa depan negara ini?” katanya kepada pers.

Sulton mengatakan bahwa mengakui asas Pancasila dalam berbangsa dan bernegara adalah implementasi ajaran agama karena Pancasila adalah rumusan nilai-nilai luhur bangsa, bukan sebuah konsep keburukan.“Pancasila itu bukan agama karena itu tidak sepatutnya dibenturkan dengan agama,” tukasnya.Ia berharap pada saat RUU Ormas disahkan nanti tidak ada yang menolak rumusan asas Pancasila bagi ormas. “Negeri ini butuh energi besar untuk kerja-kerja masa depan, jangan dihabiskan untuk persoalan lama yang sebenarnya sudah dituntaskan para ‘founding fathers’ kita,” ujar Sulton.

Menurut salah satu Anggota Pansus RUU Ormas ini, pengesahan RUU Ormas jangan berorientasi untuk dipaksakan pengesahannya pada 12 April 2013. “FPKS menganggap pengesahan RUU Ormas harus berorientasi pada kualitas UU tersebut,” katanya.

Indra mengatakan, penyesuaian redaksi beberapa pasal harus dilakukan secara cermat dan harus dipastikan tidak ada asas tunggal, tidak adanya pasal-pasal yang berpotensi represif dan pengekangan.

Selain itu, lanjutnya, tidak ada pasal-pasal yang multitafsir, harus dipastikan adanya asprirasi publik, terutama aspirasi masukan atau kritikan ormas-ormas harus benar-benar diperhatikan dan masuk dalam draf UU. “UU (ormas) harus terkonstruksikan dengan baik dan jelas dalam pasal per pasal,” kata Indra.

Dia mengungkapkan dalam bebarapa hari ini rapat Pansus Ormas sudah begitu progresif dan konstruktif, hasilnya telah menghapus asas tunggal, ketentuan tentang penguatan posisi ormas, filterisasi/pengetatan keberadaan ormas asing, menghilangkan kewenangan subjektif pemerintah dalam pemberian sanksi penghentian sementara, menghapus beberapa ketentuan larangan yang berpotensi represif dan multitafsir. “Pemerintah dan teman-teman fraksi lainnya setuju, namun demikian masih ada beberapa pasal terkait dengan konsekuensi dari kesepakatan tersebut yang mesti disesuikan/dikonstruksi ulang redaksinya,” katanya. [KbrNet/ Ant/suarapembaruan]

97 Tanggapan to “PKS Tolak Pancasila Sebagai Asas Tunggal!”

  1. Anonim said

    PKS pasti kaki tangan negara lain yg menginginkan negara Indonesia hancur berantakan dan terjadi perang saudara.
    Gak beda dengan PKI dulu

  2. taUbat said

    HIDAYAT NUR WAHID : HABIBIE GURU DEMOKRASI BANGSA INDONESIA

    Sabtu, 13 April 2013

    PKS Karimun (Jakarta) — Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyematkan sebutan guru demokrasi bangsa Indonesia kepada mantan Presiden BJ. Habibie. Habibie, menurut Hidayat, pantas mendapat julukan itu karea pada era pemerintahannya terjadi demokratisasi dalam beragam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Hal pertama yang dilakukan Habibie ketika berkuasa adalah membuka kebebasan pers. Membogkar sistem kepartaian, yang tadinya hanya tiga partai menjadi multipartai.

    “Habibie juga yang mempercepat pelaksanaan Pemilu yang justru memperpendek masa jabatannya,” ucap Hidayat, saat membuka acara Serial I Dialog Demokrasi dan Peradaban Internasional yang diselenggarakan Fraksi PKS di Kompleks Bidakara, Jakarta, Kamis, (11/4) malam.

    Dan, yang tak kalah penting, pada masa Habibie pula lah azas tunggal Pancasila yang membelenggu sistem demokrasi di Indonesia dicabut. Organisasi massa dan organisasi politik diperkenankan memilih azas sesuai dengan karakteristik organisasinya, asalkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

    “Kami PKS, merupakan anak-anak reformasi, karena itu kami mengundang Habibie untuk mengajarkan tentang demokrasi dan peradaban internasional,” katanya Hidayat di hadapan peserta dialog.

    Lebih lanjut Hidayat memaparkan perjalanan Habibie menegakkan demokrasi di Indonesia.
    Di masa pemerintahannya, urai Hidayat, pertanggungjawaban Habibie ditolak MPR.

    “Dalam posisi kalah seperti itu, beliau tetap bersikap bijak sebagai seorang negarawan. Dalam keadaan kalah beliau tetap bersikap demokratis,” imbuh Hidayat.

    Mengisi Tahun Politik

    Fraksi PKS memaknai tahun politik sebagai tahun pencerahan dalam bidang politik. Bukan tahun saling jegal, salin fitnah, dan saling sandera. Bukan pula tahun rebutan kursi.

    Untuk itu Fraksi PKS akan menggelar Serial Dialog Demokrasi dan Peradaban Internasional. Setelah Dialog Seri I ini, FPKS akan menggelar diskusi berikutnya dengan menghadirkan tokoh demokrasi internasional lainnya, di antaranya Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, Mantan Presiden Brasil Lula da Silva, dan Menlu Turki Ahmet Davutoglu.

    “Diharapkan serial dialog ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih baik mengenai demokrasi,” tutup Hidayat.(HAS)

  3. natasya said

    Gimana nih PKS ???

  4. pancasila = produk gagal
    hanya melahirkan tirani

  5. Anonim said

    Yang gak suka Pancasila silakan keluar dari NRKI.
    Negara Indonesia merdeka dan didirikan 1945 dng asas tunggal Pancasila.

  6. saya hidup di bumi
    bumi ciptaan ALLAH SWT, bukan ciptaan burung garuda
    bumi miliknya ALLAH SWT, bukan miliknya burung garuda

    yg memberi kpd saya segala kenikmatan, anugerah, rizki
    seperti: makan, minum, melihat, mendengar, berjalan, menghirup udara dll
    adalah ALLAH SWT, bukan burung garuda

    yg gak suka dg syariat ISLAM, silahkan keluar dr bumi
    gak ingin menegakkan pancasial, silahkan cari planet yg diciptakan oleh burung garuda

    ______

    inna sholati, wanu suki wamh yaya, wama mati lillahi robbil alamin
    artinya sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan mati hanya untuk ALLAH, tuhan semesta alam
    bukan untuk burung garuda

  7. pancasial gak pernah membawa kejayaan untuk bangsa indonesia
    indonesia merdeka karena arhmat dan karunia ALLAH SWT
    bukan burung garuda
    burung garuda adalah mitos dlm ajaran syirik/pgan hjinduisme
    burung garuda adalah kendaraan tunggangan dewa wisnu

  8. terbukti sudah
    asa tunggal pancasial hanya melahirkan tirani

    liat tuh suharto, bonekanya amerika serikat
    dia mengijinkan amerika serikat merampok kekayaan alama bangsa indonesia
    tni danpolisi yg katanya menjaga kedaulatan nkri, ternyata cuma jadi centeng-nya perusahaan2 multinasional miliknya amerika serikat
    seperti freeport, chenron, newmont, exxon mobile

    Ali Imran (3):102
    Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

    bukan mati dlm keadaan pancasial

  9. ghost buster said

    Tetep Pancasila yg terbaik…
    UUD 45 yang mantab…

    Ini Indonesia Bung!…..bukan AS, bukan Mesir, Bukan Arab, bukan Israel…dan bukan dll.

    Berapa orang yg mati demi mempertahankan Pancasila….dan NKRI

    Jadi yg hidup skrg jangan banyak bacot….apa yg sudah kalian beri demi NKRI dan Pancasila?.

    Aneh…

  10. noname said

    PKS mau ganti jadi “PancaSapi”…huahahahahahaha…. buat Thaifa… ente ga realistis, ga usah bawa2 azas agama, kenapa yg dari timur tengah pada jadi manusia perahu… bertaruh nyawa untuk ngungsi ke negara “Kafir” (istilah ente) cuma sekedar ingin hidup tenang dan beribadah tenang…coba ente jawab yg masuk akal yaaaa, ga usah bawa2 dalil agama yg realistis…ini kan masalah kemanusian terlepas apapun agamanya kalo ane sih ngeliat sangat miris n sedih kok tega2 nya sesama manusia ciptaan Sang Pencipta bisa berbuat semena-mena terhadap manusia lain… tragis

  11. @ghost buster

    pancasila g terbaik…!?!?!
    hah :-O

    lha wong NKRI berdiri dr thn 1945 gak pernah maju
    pemimpinnya jongos semua
    sukano, jongosnya komunis uni sovyet
    suharto, jongosnya kapitalis amerika serikat
    dia juga seorang kejawen
    ISLAM cuma ktp-nya doang
    sbg jongsonya NEO-LIB amerika

    sejak berdiri
    yg ada di indonesia selalu
    KKN: korupsi, kolusi nepotisme
    rekayasa sejarah
    kekayaan alam dibiarkan untuk dirampok asing
    tni dan polisi, cuma jadi centeng

    pembantaian masal dimana-mana:
    talangsari, tanjung priok, alas tlogo, penculikan aktifis, DOM, petrus, peristiwa 27 juli 1996 dll

    praktik mafia
    mafia hukum, mafia pajak, mafia anggaran, mafia proyek, mafia sembako, mafir tanah, mafia bbm dll

    kelompok preman adalah binaannya aparat
    kerjanya jadi bakcing
    tempat judi, miras, narkoba, genk motor, pelacuran, lahan parkir, jasa penagihan, jasa penjagaan lahan, tukang tagih, tukang palak dll

    dlsbg

    kalo pancasial itu yg terbaik
    saya tanya
    1.mana buktinya
    2.ada nggak catatan sejarahnya
    3.kapan di era siapa pancasial bener2 sukses

    gak ada tuh

    mimpi

    pancasial = produk gagal

  12. ghost buster said

    @Thaifah Manshurah,
    Kalo yang kamu sebutkan di atas, apa itu karena Pancasila dan UUD1945 yang Salah?.

    Analogkan, jika PKS di anggap baik AD ART, visi dan misinya…kok ada kasus Sapi?, kok ada kasus bulog, kok ada kasus anggotanya liat video porno?

    Lalu bandingkan bagaimana juga di Aceh?, kok ada yg macam2 juga?.

    Jadi bukan karena Pancasila atau UUD1945 yang bermasalah….tapi….jawab sendiri..

  13. pancasial cuma buatan manusia
    inget itu
    buatan manusia gak ada yg sempurna
    banyak kesalahannya

  14. noname said

    ya uda THAIfa kalo elo ga setuju dng Pancasila… bertindak dooong aaah jng cuma komen2 doang…gw tunggu niy action loooo

  15. †m sidhiq† said

    @ Thaifah, coba anda lihat negara2 dgn syare’at islam di timur tengah, kenapa hancur lebur,
    tiap hari saling BOM antara suni , shy’ah ahmadyah,,wahabi kawarij,dll
    kenapa salah satu dari mereka pasti mita bantuan Amerika, atau NATO??

    TERUS KENAPA pengungsi2 nya pasti lari ke negara KAFIR??

  16. Gak usah pada nanggapi thaifah manshurah dia itu idiot….., gak bisa bedakan antara hidup berbangsa dan bernegara dengan agama. Bisanya salahin oknum/kelompok yg memang berbuat salah untuk menjustifikasi sistem yg ada seolah olah sistemnya yg salah dg harapan idenya yg paling baik. Mana ada negara yg sistemnya pakai syare’iat islam menjamin hidup berbangsa dan bernegara bagus trus rakyatnya damai dan makmur seperti bayangan thaifah m? Dasar goblok kebanyakan mimpiii….i!!!!! Jangan2 dia dpt pesenan/bayaran dr luar yg gak seneng NKRI????

  17. @m sidhiq
    itu bukan karena syariat ISLAMnya bung
    itu krena penguasanya TIRANI, bonekanya kafir
    mirip lah kayak di indonesia
    gak jauh beda
    kalo di indonesia penguasanya selalu teriak
    NKRI harga mati…!!!
    NKRI udah final…!!
    pancasial harga mati…!!!

    ternyata itu semua cuma jargon kosong
    dan justru mereka lah yg menjual NKRI kpd asing

    kalo ente mau liat sesungguhnya SYARIAT ISLAM
    liat dong sejarah kejayaan ISLAM
    sejak jaman Rasulullah sampe runtuhnya Turki Usmani
    ribuan tahun umat ISLAM berjaya
    bizantium dan persia ditaklukkan
    eropa tunduk
    spanyol dikuasai
    dlsbg

    sedangkan pancasial
    mana ada catatan sejarahnya..?!?
    indonesia sejak berdiri thn 1945
    gak pernah berjaya
    yg ada (seperti yg udah gw sebutkan di atas)

    akui aja bhw pancasial adalah produk gagal
    gak usah maksain gitu

    para pahlawan seperti pangeran diponegoro, imam bonjol, teuku cik di tiro dlsbg
    gak pernah memperjuangkan pancasial
    yg mereka perjuangkan ada SYARIAT ISLAM
    karena pancasial baru ada thn 1940-an

    ________
    ingat…!!!
    sejarah bisa terulang kembali

  18. †m sidhiq† said

    dulu emang islam berhasil menaklukan turki ama persia pakistan dan perancis.tapi itu dilakukan dengan cara licik ya kayak teroris gitu orang lagi santai2 di BOM. YA PANTES MENANG.
    tapi dalam perang salib lo islam kan udah KEOK.
    APA LAGI SEKARANG negara ISRAEL udah berdiri .
    Dulu 6 negara islam pernah ngeroyok ISRAEL eh malah yg ngeroyok K.O. KACIAN DEH ISLAM.

    PERLU LO INGAT !!!
    KALO KAFIR AMERIKA AMA N A T O MAU MERATAKAN TIMUR TENGAH DENGAN TANAH.
    CUKUP 1O BOM NUKLIR SAJA LO UDAH GAME OVER.

    TAPI KAFIR MASIH PUNYA HATI
    GAK KAYAK TERORIS. MAIN BOM DARI BELAKANG.

  19. †m sidhiq† said

    Kalau gue pikir negara dengan syareat islam yg hebat cma sepeti suriah lebanon palestina sudan uganda nigeria mali mesir libya afgan aduh gak tega gue

  20. †m sidhiq† said

    Ada bilang karena pemimpinnya TIRANI.negara2 itu kan udah pakek syareat. syareat yg paling ketat lagi
    seperti di SURIAH . disitu kan gak ada pengaruh kafirnya.
    cuma denger2 klompok suni mau minta bantuan sama kafir

    tuh coba apa salah nya kafir ???

  21. @msidiq
    kalo ente bilang turki menaklukkan persia, romawi dg cara2 teroris yg licik
    lha pancasial ditegakkan lebih licik
    liat tuh pembantaian masal
    talangsari, tanjung priok, DOM, petrus, rekayasa sejarah, korupsi, kolusi nepotisme, kerjasama dg negara asing seperti uni sovyet, diera sukarno
    amerika serikat di era suharto sampe sby

    terutama di era suharto
    dg asas tunggal pancasial
    ternyata suharto seorang diktator fasis pancasial
    dan indonesa tetep aja gak pernah bisa berjaya
    yg ada penguasanya cuma bonekanya asing

    terbukti
    pancasial = ilusi

  22. @m sidiq
    elo bangga banget sama israel
    umat ISLAM udah keok
    bah justru orang seperti ente inilah yg tertipu dg produk2 budaya buatan manusia
    seperti demokrasi, pancasial, ham, SEPILIS (sekularisme, pluralisme, liberalisme), multikulturalisme, hermeneutikaisme, inklusivisme, relativisme

    emangnya itu seua bisa membawa kejayaan
    mimpi doang luh

    umat ISLAM, terutama mujahdieen
    sedikit demi sedikit mempersiapkan jalan untuk berjaya
    gak ada jalan lagi selain mendirikan lagi KHILAFAH ISLAMIYAH, bukan pancasial yg gak pernah diutus seorang nabi dr ALLAH SWT untuk membawanya
    mujahdieen siap bertempur melawan teroris kafir harbi israhell
    kalo indonesia dg pancasialnya kan semuanya tunduk kpd kafir harbi yahudi laknatullah
    liat aja tuh freeport perusahaan perampok milik yahudi
    tni dan polisi cuma jadi centengnya
    exxon mobile, chevron, newmont dll

    kapan bisa berjaya dg pancasial..!!!
    gombal
    tidak ada suatu bangsa yg menegakkan pancasial
    kecuali indonesia
    tapi bangsa indonesia gak pernah dg pancasial bisa berjaya
    pemimpinnya penipu
    dpr cuma sarang penyamun
    aparat tukang bantai
    penguasa tukang menindas
    media masa tukang tipu

    pancasial = ilusi

  23. kafir amerika mau ngebom dg 10 bom nuklir….!!!!
    turs ente jadi takut sama mereka gitu iya
    trus ente berharap belas kasihan dr mereka
    trus ente berpikir, gak mungkin memenangkan peperangan melawan mereka
    trus menurut ente dg begitu gak ada cara lain lagi, kecuali tunduk dan patuh kpd kafir harbi
    persis seperti dajjal dur yg ingi membuka hubungan diplomatk dg kafr harbi israhell laknatullah

    pengecut sekali nyali ente

    justru amerika serikat dkk yg banci dan pengecut
    masak katanya negara adidaya
    tapi perang lawan kelompok militan di afghanistan beraninya maen keroyokan
    udah 12 tahun gak menang2, gmana sendri
    bahkan amerika serikat diambang keruntuhan persis seperti uni sovyet

    israehell, siap2 dihancurkan

  24. @m sidiq
    ente ini sepertinya bukan muslim

    gak seharusnya menggunakan identitas muslim
    kalo mau debat yg jujur
    gak usah menipu

    perang 6 hari itu
    israhell dibantu perancis, amerika, inggris
    sementara negara2 Arab cuma Mesir doang yg paling kuat
    sisanya negara2 boneka yg baru didirikan oleh kafir

    tapi gak usah khawatir
    kami akan memenangkan peperangan melawan israhell
    sesuai janji Rasulullah

  25. @m sidiq
    ente sepertinya bukan muslim
    jadi gak usah menipu dg menggunakan identitas muslim

    kami menaklukkan persia dan romawi dg cara2 teroris
    lha kan katanya romawi dan persia adalah negara adi daya pada jamannya
    romawi menjajah seluruh daratan eropa
    bahkan sampe ke britania raya dan scandinavia
    bahkan kerajaan israell utara dan selatan justru dihancurkan oleh mereka
    akhirnya seluruh eropa jadi kristen
    trus persia menjajah wilayah asia tengah, asia tengah, sampe ke india

    jadi tidak ada alasan buat mereka jika kami menaklukkan mereka
    bukan kah mereka itu sendiri negara adi daya yg sukanya menjajah
    masak negara adi daya kalah dg negara yg baru terbentuk

    nah sekarang amerika, sebuah negara adi daya
    kami siap menghancurkan hegemoni mereka
    sedangkan pancasial, justru tunduk dg sistem buatan amerika

  26. †m sidhiq† said

    Apa anda fikir alquran buatan tuhan??
    katanya maha benar tapi kok banyak salahnya.
    matahari dibilang terbenam dilumpur hitam. apa itu benar??

  27. †m sidhiq† said

    gue terlahir dari keluarga muslim.
    gue udah paham alquran dan hadist.
    tapi nuranigue tidak bisa menerima ajaran yg gue pelajari.
    soalnya semakin gue baca alquran semakin menggiring gue untuk jadi teroris.
    gue udah sadar sekarang .
    muslim seperti gue banyak lo pasti udah tahu.
    muslim seperti gue masih menggunakan akal nurani.
    gak seperti lo terjerat ajaran TERORIS.

    UMAR PATEK AJA UDAH INSYAF.

  28. †m sidhiq† said

    koruptor impor daging sapi tuh kan PSK GIMANA TUH.
    BISA JAWAB GAK????

  29. @m sidiq
    koruptor di PKS, emangnya gw pikirin
    lo pikir gw ini orang PKS apa…!?!?!
    gw sendiri anti dg yg namanya demokrasi
    demokrasi adalah produk budaya bikinannya orang penyembah berhala yunani kuno
    ratusan tahun sebelum masehi
    gw sendiri gak se-7 dg PKS yg ikut2-an demokrasi
    kalo ente memaksakan urusan korupsi daging sapi yg dilakukan oleh PKS dan menyamaratakan dg SYARIAT ISLAM
    lha gw bisa lebih dr itu
    partai demokrat, partai terkorup bukan partai ISLAM
    partai pancasialis sejati
    century, hambalang, wisma atlet, surat palsu MK, dlsbg
    golkar, partainya asuharto sang penegak asas tunggal pancasial
    ternyata lebih parah banget dr pd PKS
    BLBI, korupsi, kolusi, nepotisme

  30. @zindiq
    “Apa anda fikir alquran buatan tuhan??
    katanya maha benar tapi kok banyak salahnya.
    matahari dibilang terbenam dilumpur hitam. apa itu benar??”

    kalo ente meragukan AL-Qur’an
    coba bikin sendiri Al-Qur’an yg menurut ente itu berasal dr ALLAH SWT
    ato tunjukin yg berasal dr ALLAH SWT

    kalo ente meragukan AL-Qur’an tu berasal dr ALLAH SWT
    apalagi pancasial
    jelas2 pancasial buatan manusia
    ALLAH SWT gak pernah mengutus seorang Rasul/nabi -Nya utnuk membawa pancasial
    ngapain juga ente berjuang untuk pancasial
    dapet pahala juga nggak

    trus belom lagi burung garuda
    burung garuda itu berasal dr ajaran SYIRIK/PAGAN, hinduisme
    burung garuda adalah kendaraan/tungganyannya dewa wisnu
    jadi sebenarnya Indonesia ini adalah negara yg berlandaskan ajaran hinduisme
    walaupun ente teriak2 bhw NKRI bukan negara agama

    nih buktinya
    http://www.sanatansociety.org/hindu_gods_and_goddesses/garuda.htm

    http://en.wikipedia.org/wiki/Garuda

  31. kalo elo lahir dlm keluarga ISLAM
    trus elo sekarang mengkalim sudah sadar
    tapi elo meragukan Al-Qur’an berasal dr ALLAH SWT
    bahkan elu sempat melecehkan
    itu tandanya elo bukan sadar
    tapi elo jadi munafiq
    masak orang mengaku dirinya muslim(berserah diri kpd ALLAH SWT) tapi meragukan Al-Qur’an
    trus diganti dg pancasial
    produk budaya karangan manusia
    yg mana ALLAH SWT gak pernah mengutus seorang nabi/Rasul untuk membawanya

    ini namanya mengganti yg HAQ dg yg BATHIL
    ______

    teroris sejat itu orang2 yahudi bung
    liat tuh umat ISLAM di Palestina
    bukan orang ISLAM
    teroris itu orang amerika serikat
    liat tuh uimat ISALM di Iraq, afghanistan dll

    kalo orang yg ngebom di indonesia itu mereka adalah orang2 korban jebakan intelijen
    ente masih inget dg kasus KOMJIH(komando JIHAD)
    yg pentolannya namanya Umar Abduh
    kasus KOMJIH adalah jebakan intelijen
    nah sama
    orang yg ngebom di indonesia itu adalah orang2 hasil jebakan intelijen
    mereka masih muda, direkurt oleh intel yg berpura jadi ustad2
    trus mereka otaknya dicuci
    lalu ngebom
    trus disalahkan NII(NII KW IX sendri juga bikinannya intelijen)
    trus disalahkan ustad Abu Bakar ba’asyir
    JIHAD
    trus diasalahkan gerakan dakwah

    inilah pancasial yg sejati
    sukanya menebar kebohongan dan rekayasa

    bukti nyata bhw orang pancasial itu tukang bohong danrekayasa
    lait aja tuh
    pelajaran sejarah di bangku2 sekolah, sd, smp, sma
    semuaranya cerita donggeng rekayasa penguasa

  32. †M.SIDIQ† said

    anda sering mendiskreditkan penyembah berhala.
    apa beda berhala dengan batu kakbah dan batu hajar aswad???
    apa itu bukan berhala dalam bentuk lain???
    percaya khasiat air ZAMZAM apa itu tidak musryick????

  33. †OBATMAH† said

    AL QURAN MENANTANG MANUSIA MENCARI SATU SAJA AYAT YG SALAH.
    NAH …MATAHARI TERBENAM DI LUMPUR HITAM . GIMANA TUH

    ATO COBA TANYA FROP QOSIM MATHAR GURU BESAR UIN MASASAR.
    BANYAK AYAT YG PERLU DI REVISI .

    NAHH GIMANA TUH????

  34. †M.SIDIQ† said

    anda mengatakan pancasila produk gagal?
    apa syareat islam produk berhasil????
    kenapa negara2 pakek syareat hancur lebur tiap hari suni shyah ahmadyah wahabi kawarijj
    saling bom saling bantai??.

    AYO GIMANA TUH????

  35. †M.SIDIQ† said

    anda bilang timur tengah hancur lebur bukan karena syareatnya.
    bagaimana kalo saya juga mengatakan kalo ada kesalahan pemeritahan indonesia juga
    bukan karena pancasilanya .
    boleh kan??

    tapi kerusakan indonesia tidaklah seperti negara2 bersyareat nona manis.

  36. †M.SIDIQ† said

    anda bilang israel menjajah palestina ??
    itu keliru nona. yahudi israel itu pempertahankan tanah airnya dari pendatang ARAB.

    IBARATNYA YAHUDI ITU ORANG BETAWI MEMPERTAHANKAN DAERAHNYA DARI SERBUAN
    PENDATANG . BEGITU NONA.

    KALO YAHUDI MENYERANG DAN MENDUDUKI MEKAH DAN MADINAH ,
    NAH ITU BARU NAMANYA MENJAJAH.!!
    SEKALI2 BACADEH SEJARAH PENDERITAAN ORANG YAHUDI
    DIUSIR DARI TANAH ARAB.

  37. †M.SIDIQ† said

    Anda bilang amerika kalah di afgan ??? sudah nyata2 taliban runtuh dan osam udah game.
    apa anda tidak nonton batapa gembiranya pria2 afgan beramai2 mencukur jenggotnya
    pasca runtuhnya TALIBAN????
    MEREKA DULUNYA DIPAKSA berjenggot oleh taliban.

    wanita2 melepaskan cadarnya kare na dulunya dipaksa bercadar??
    diindonesia juga banyak gadis2 menderita diharuskan berjilbab.

    GIMANA TUH???

  38. “apa beda berhala dengan batu kakbah dan batu hajar aswad???”

    wow beda dong
    Ka’bah itu cuma qiblat ato arah
    sedangkan berhala
    nih baca sendiri

  39. “percaya khasiat air ZAMZAM apa itu tidak musryick????”

    yg percaya siapa…!?!?
    air zam-zam emang mengandung anti oksidan yg tinggi
    dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit
    tapi kesembuhan itu berasal dr ALLAH SWT bukan airnya

  40. saling bom saling bantai
    lha olisi dan TNI
    sejak NKRI berdiri selalu berbunuh-bunuhan
    talang sari, tanjung priok, dom petrus, penculikan aktifis mesuji, alas tlogo, peristiwa thn 1965
    jumlahnya jutaan
    _______
    indonesia menderita karena di indonesia berdasarkan aturan sampah pancasial
    pelacuran itu legal

  41. pancasial membolehkan KKN
    korupsi, kolusi, nepotisme
    rekayasa sejarah
    dlsbg

    taliban memaksa wanita pake jilbab
    lha amerika memaksa untuk wanita telanjang
    amerika serikat gak berani tempur lawan taliban sendirian
    beraninya men keroyokan
    kalo di IndonesiaTNI dan polisi, mana berani tempur lawan amerika
    trus
    amerika memaksa orang afghanistan jadi koruptor
    liat tuh pemerintahan bonek hamid karzai, rezim korup
    persis seperti di indonesia
    dimana penguasanya cuma boneka suruhannya amerika doang

    di indoneisa
    pelacuran, judi, miras, narkoba, premanisme, legal bahkan dibackini oleh aparat

  42. ente mengatakan kalo ente udah sadar
    tapi ente meragukan Al-Qur’an

    itu mah bukan sadar
    tapi ente makin TERSESAT

    kalo ente meyakini Al-Qur’an datang dr ALLAH SWT
    tentu hadist ato sunnah rasul lebih diragukan lagi
    karena hadis/sunnah raul levelnya dibawah Al-Qur’an
    mendingan gak usah sholat, puasa,
    karena ibadah itu semua perintahnya berasal dr Al-Qur’an
    dan nanti klo ente mati
    gak usah sekalian aja disholatkan

    tapi minta sama burung garuda
    mitos hindu

  43. enak aja luh ngomong mempertahankan tanah mereka
    bah kata siapa itu tanah mereka…!?!?
    aturan dr mana itu
    umat ISLAM sudah ribuan tahun berada disana
    orang yahudi baru sebentar
    gak sampe 400 tahun
    itu tanah nya milik kaum MUSLIMIN
    bukan yahudi laknatulla
    _____
    “yahudi israel itu pempertahankan tanah airnya dari pendatang ARAB.”

    pendatang ARAB..?!?
    arabnya dr mana…!!???!?!
    mekkah, madinah ato mana

    ente yg keliru
    makanya baca sejarah yg bener
    orang israhell dulu pernah mengungsi ke mesir
    trus di tanah kanaan, udah ada bangsa palestina disana
    lalu orang israhell pergi meninggalkan mesir kareja ditindas fir’aun
    disana mereka harus berhadapan dg bangsa palestina
    ingat kasus david vs goliath
    david itu nabi Daud AS orang israil
    sedangkan goliath adalah orang palestina
    tapi orang palestina masih pagan
    trus mereka bisa membangun peradaban
    tapi itu pun gak lama gak ada 100 thn
    dan dihancurkan trus dijajah oleh
    bangsa babilonia, persia, trus romawi
    trus pd thn 70 masehi, mereka dibantai habis oleh romawi tak tersisa
    penumpasannya dipimpin langsung oleh kaisar flavius titus
    trus selama ratusan tahun tanah palestina dikuasai oleh orang romawi
    mkanya orang di wilayah syam (suriah, libanono, yordania, paestina) kalo beragama kristen
    kristennya kristen orthodox
    sesuaidg agama remi orang romawi timur, byzantium
    baru pd thn 635 M, umat ISLAM dipimin langsung oleh Umar bin Khattab ra menaklukkan penjajah romawi
    sehingga orang di Palestina sekarang berbahasa Arab

    kenapa mereka dibiarkan hancur..!?!?!
    itu karena mereka hobinya membunuh para nabi, mengingkari para nabi, bahkan nabi yg terakhir katanya disalib

    jadi sebenarnya orang Palestina itu udah ada disana ribuan tahun bahkan ketika orang2 israhell masih ada di mesir
    tapi sejarah dipelintir oleh mereka seolah-olh mereka yg berhak tinggal disana
    solah-olah orang Arab mengjajah mereka

    jadi kalo dikatakan itu tanah mereka
    dan orang Arab Palestina adalah pendatang
    itu cuma klaim sepihak

    bahlul ente

    kalo ente berpikiran kayak gitu
    lha trus bagaimana dg orang2 kristen kulit putih di benua amerika (utara, tengah dan selatan)
    begitu juga di asutralia, new zealand, afrika selatan
    mereka adalah kaum pendatang
    tukang jajah
    tukang bantai penduduk asli
    merusak peradaban/buday penduduk asli
    diganti dr budaya/peradaban eropa
    memperbudak orang kulit hitam dr afrika
    dan mereka harus angkat kaki

    tanah kanaan adalah bukan miliknya orang palestina apalagi bangsat yahudi laknatullah
    tapi miliknya umat ISLAM

  44. cuma orang bodohlah yg mengatakan bhw tanah Palestina itu miliknya yahudi
    kenapa?
    karena yahudi sendiri adalah salah satu suku dr 12 suku bani israel
    suku benjamin, suku yusuf, suku gad, suku naftali, suku judah, suku ruben dll

    nah pertanyaan saya adalah

    kemana ke-11 suku yg lain?
    kenapa yg “tersisa” hanya suku yahudi saja?

    ato jangan2 orang2 yg mengaku yahudi di israhell sekarang ini cuma ngaku2 doang bhw mereka orang yahudi, salah satu suku israel

    soalnya saya juga pernah melihat berita
    bwh orang kulit hitam terutama dr sudan selatan, ethiopia
    mereka juga mengaku bhw mereka adalah suku yg hilang dr bani israel

    trus saya juga pernah baca berita
    bhw orang yahudi yg ada sekarang ini bukan bani israel seperti di jaman Musa AS
    mereka ada bangsa KHAZAR
    mereka mengaku2 aja sbg bangsa israel biar bisa menguasai tanah Palestina

    ________

    jelas
    wilayah palestina miliknya umat ISLAM
    bukan miliknya orang Arab
    karena orang Arab/Palestina sendiri juga ada yg beragama kristen
    cuma binatang yg percaya dg mitos
    “yahudi bangsa pilihan tuhan”
    “tanah yg dijanjikan”

    tanah yg dijanjikan itu dulu
    waktu nabi Musa AS membawa bani israil keluar dr Mesir
    kalo sekarang perjanjian tsb sudah TIDAK BERLAKU lagi
    sudah BATAL
    karena bani israil selalu mengingkari para nabi, membunuh para nabi dll

  45. karem said

    masalah memutar balik fakta anda memang jagonya nona TAQIYA.
    NABI2 yahudi pun anda klaim sebagai muslim .
    padahal mereka belum tahu shahadat. lucu seksli.
    KENAPA ANDA TIDAK MENJAWAB TENTANG MATAHARI TERBENAM DILUMPUR HITAM????
    TIDAK BERANI?????

    ////////??????????????????

  46. †M.SIDIQ† said

    bukankah HAMID KARZAE itu muslim dan memakai syareat islam nona manis???

  47. †M.SIDIQ† said

    Bangsa Eropa di Australia dan Amerika membawa kemajuan dan kesejahteraan nona.!
    mereka tak pernah menganggap pribumi kafir atw sesat nona!!
    mereka tak pernah membom tempat sucinya nona!!

    Beda ama islam , yg mereka bawa pasti kehancuran bom sana sini .
    lihat saja ; SUDAN NIGERIA SOMALIA MALI MESIR LIBYA IRAK PAKISTAN AFGAN
    WADUH GAK TEGA LAGI NYEBUTNYA.

  48. Maria Sitompoel said

    PANCASIAL INDONESIA HARUS DIHAPUS, SIAL INDONESIA PAKAI PANCASILA.

  49. Maria Sitompoel said

    sial pancasila, BANYAK DUSTANYA.

  50. @zindiq
    nabi2 bani israel itu semuanya Muslim
    perhatikan penjelasan saya
    definisi muslim itu adalah berserah diri kpd ALLAH SWT
    sebutan untuk ajarannya dlm bahasa Arab disebut as-salam
    ato dlm bahasa ibraninya, syalom
    as-salam = syalom
    mulai dr nabi Adam AS sampe yg terakhir yaitu nabi Muhammad SAW
    jadi semua nabi satu agama
    trus disempurnakan oleh nabi Muhammad SAW
    setelah disempurnakan, jadilah al-Islam
    as-salam = syalom = al-Islam

    kalo nabi itu beragama yahudi
    lha trus bagaimana dg nabi Adam AS, Nuh AS, Idris(Enoch) AS, Ibrahim AS dll…!?!?
    dijaman mereka, mana ada agama yahudi
    bahkan kata yahudi aja gak dikenal sama sekali

    trus perlu ente pahami baik2 juga bung
    yahudi itu merujuk kpd salah satu suku dr 12 suku bani Israil
    jadi kalo semua nabi bani Israel itu beragama yahudi
    bagaimana juga dg nabi Isa AS?
    dia berasal dr suku Yusuf
    jadi sangat TIDAK logis sekali seluruh nabi di bani Israil itu semuanya beragama yahudi
    itu sama aja bilang agama yg dianut oleh nabi Muhammad SAW adalah agama Quraish
    karena nabi Muhammad SAW adalah orang Arab dr suku Quraish…. 😛

    tolong gunakan logika ente

  51. ente meragukan Al-Qur’an
    yg menurut ente bukan dr ALLAH SWT
    tapi lucu sekali jika ente berpedoman pada pancasial
    setahu saya ALLAH SWT gak pernah mengutus seorang nabi-Nya pun untk menyebarkan pancasial, uud 1945, KUHP, demokrasi, adat istiadat nenek moyang dlsbg

    trus ente meyakini bhw orang Arab adalah penyerobot wilayah yg katanya milik yahudi

    saya mau tantang ente
    tolong tunjukin dalilnya….!!!
    jangan lari luh, awas luh
    trus
    dalil tsb berasal dr mana
    apakah dr Al-Qur’an ato selain Al-Qur’an?
    kalo selain Al-Qur’an
    maka TERTOLAK dalil tsb
    kenapa?
    sebab ente sendiri justru meyakini Al-Qur’an bukan dr ALLAH SWT
    jadi kalo ente menunjukkan dalil yg bukan dr AL-Qur’an, tapi malah ente berpegang teguh kepadanya
    ini logiknya aneh
    Al-Qur’an ditolak tapi selain Al-Qur’an malah dipegang teguh
    persis seperti pancasial

  52. @zindiq
    ente ini bukannya sadar
    tapi ente adalah orang yg TERSESAT
    karena ente meragukan Al-Qur’an sbg firman ALLAH SWT

    saya sarankan
    sebaiknya ente bertobat
    dan pelajari lagi ISLAM dg baik
    jangan mempelajari ideologi/sistem sampah bikinan manusia kafir seperti
    demokrasi, pluralisme, sekularisme, liberalisme, dlsbg

    _____
    penjelasan ttg lumpur hitam

    dlm ayat tsb dikatakan
    “Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain. Katakanlah: “Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya. Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu maka diapun menempuh suatu jalan, Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka.”
    (Al Qur’an 18:83-86)

    perhatikan potongan ayat ini
    “dia melihat MATAHARI TERBENAM di dalam laut yang BERLUMPUR HITAM”
    siapa yg dimaksud dia dlm ayat ini.!?!?!
    dia itu adalah nabi Dzulqarnain AS
    Dzulqarnain AS melihat bhw matahari telah tenggelam dlm lumpur hitam
    jadi tenggelamnya matahari dlm laut yg berlumpur hitam itu hanya dlm pandangan dan penglihatan dia(Dzulqarnain AS)
    jelas sekali itu
    sederhana sekali
    tapi karena ente sudah tersesat dan meragukan Al-Qur’an
    maka semua yg ada dlm Al-Qur’an SALAH SEMUA

    ato lebih lengkapnya baca sendiri
    http://faithfreedom.muslim-menjawab.com/2011/10/menjawab-tuduhan-menurut-alquran.html

  53. “Bangsa Eropa di Australia dan Amerika membawa kemajuan dan kesejahteraan nona.!”

    umat ISLAM juga membawa kemajuan buat orang2 EROPA
    ingat bung
    orang2 Eropa sebelumnya hidup dlm penindasan oleh gereja
    mereka hidup primitif
    umat ISLAM-lah yg mengajari mereka bagaimana caranya membangun peradaban
    bahkan komputer sendiri itu gak mungkin bisa bekerja tanpa penemuannya seorang ilmuwan Muslim, yaitu matematika Al-Goritma
    dia bernama, Muhammad Al-Khawarizmi
    dlsbg

    kemajuan dan kesejahteraan…?!?!
    itu dlm pandangan kaum pendatang
    buat kaum pribumi, ini namanya penindasan
    PENCAPLOKAN wilayah

    dan ente perlu ingat juga bung
    penduduk asli di benua amerika (utara, tengah,dan selatan)
    mereka adalah kaum yg punya peradaban tinggi
    jauh sebelum orang2 eropa bisa bikin peradabannya
    dan juga jauh sebelum orang2 eropa datang
    coba buka google, trus ketik
    machu pichu, maya aztec, inca dlsbg

  54. ngebom…!?!?!
    lha amerika serikat
    ngebom hirosyima nagasaki,
    sekarang ngebom Iraq yg katanya ingin mencari senjata pemusnah masal
    perlu ente ingat, yg berkuasa di Iraq kan bonekanya amerika, bukan ISLAM
    begitu juga si hamid karzai, bonekanya amerika
    termasuk juga negara2 timur tengah lainnya

    di indonesia apalagi
    pemimpin, penguasanya bonekanya amerika
    pemimpinnya penipu semua
    korupsi, kolusi, nepotisme merajalela
    sejarah bangsa yg dipelajari di bangku2 sekolah, ternyata cuma cerita dongeng
    kekayaan alamnya melimpah, tapi dibiarkan utuk dirampok asing
    pemerintah cuma jadi kaum tuan tanah, tinggal terima setoran
    aparat keamanan, tni dan polisi, cuma jadi centeng
    orang2 LSM cuma jadi advokatnya mereka
    media masa, cuma jadi humasnya amerika

    terbukti pancasial adalah produk gagal
    ALLAH SWT gak pernah mengutus seorang nabi-Nya untk membawa pancasial

  55. oiya
    tambahan sedikit
    mengenai matahari tenggelam dlm lumpur hitam
    ente tau kan di wilayah sekitar Eropa tenggara dan Asia Kecil
    masuk negara Turki, Rusia, dan yg lainnya
    disitu terdapat sebuah laut yg bernama laut HITAM
    coba cari di google
    nah, nabi Dzulqarnain AS bertemu suatu kaum yg mendiami tempat di sekitar laut HITAM
    jadi “tenggelamnya” matahari itu hanya dlm pandangan ato penglihatan seorang manusia saja
    manusia tsb adalah nabi Dzulqarnain AS
    itu makanya laut tsb disebut laut HITAM

    luar biasa
    kebesaran dan kebenaran Al-Qur’an
    ALLAHU AKBAR

  56. †M.SIDIQ† said

    lo bilang eropa primitif terus islam yg ngajarin peradaban????????????????
    HA HA HA HA benar2 DUNGU nona!!!
    teori dari TALIBAN ya???
    siapa yg ngajarin ngebor minyak??
    lo nyari minyak aja masih di tolong kafir
    belagu amat lo!!!!!!!!!!!

  57. †M.SIDIQ† said

    matahar terbenam di lumpur hitam itu adalah pandangan manusia zulkarnaen kan?????
    kenapa lo masukin alquran yg katanya wahyu tuhan ?? bodoh
    lo udah fitnah tuhan . seolah2 tuhan begok ya.

  58. @ All

    kenape lo semua pade ribut2x disini ? jgn kalian campur adukan antara sistem dengan ‘oknum’ pelaksana sistem.

    dari komen kalian semua sangat jelas kalian mencampuradukkan antara keduanya.

    Jika kita membiicarakan sitem maka bandingkanlah mana yg lebih baik antara sistem syariah, liberal, komunis, sosialis dlsb disertai bukti dan dalil dan otentik untuk menguatkan argumen sehingga pembaca mendapat pencerahan disini.

    Sebuah sistem yg sudah bagus sekali pun, jika tidak dilaksanakan oleh dengan konsisten maka belum tentu hasilnya bagus jadi yg salah bukan sistemnya melainkan oknum pelaksana sistem tersebut.

    Sebuah sistem baru berjalan dengan baik jika asas konsepnya baik, dilaksanakan dengan konsisten dan ada sanksi hukum yg jelas.

    @ +M Siddik+

    Kamu mengaku sebagai muslim dan kami semua disini gak tau apa benar atau tidak dan untuk membuktikan klaim anda, coba anda sebutkan dulu berapa jumlah huruf surat al fatihah dan jika anda tidak dapat menjawab berarti semua komentar anda diatas = yg keluar dari p***tat anda.

    kedua, asal elo ketahui dan coba cari informasi dari banyak sumber jgn cuman berasal dari sumber propaganda yg bertujuan mennyudutkan islam, semua negara islam pada mulanya hidup dgn tentram damai dan sejahtera setelah datang bangsa eropa yg notabene kristen, semua negara islam tersebut mengalami penjajahan, perbudakan, pembantaian dan pengkristenisasian dan ini FAKTA YG TAK TERBANTAHKAN LAGI.

    sedangkan masalah konflik di Timur Tengah semua berakar dari kolonialisme Barat dengan mendirikan negara ilegal israhell sehingga membuat kawasan timur tengah dan sekitarnya dari mula2x yg stabil dibawah naungan khilafah islam menjadi menjadi tidak stabil akibat tercerai berai menjadi negara 2x kecil yg dipecah 2x karena masing 2x pemimpin islam mau berkuasa dan tidak mau lagi dibawah negara khilafah.

    hal ini tentu saja membuat islam menjadi lemah, tidak bersatu dan menjadi mudah ditaklukan serta mau diadudomba demi semata2x menjaga kepentingan amerika di Timur Tengah yaitu MINYAK sekaligus membuat Timur Tengah tidak stabil dgn mendukung negara ilegal israhell.

    jadi kesimpulanya konflik2x yg terjadi baik di iraq, libya, afghanistan, pakistan dan negara2x yg dianggap musuh amerika adalah hasil rekayasa dan konspirasi amerika dan antek2xnya yg bertujuan melemahkan kekuatan2x potensial yg dapat mengancam kepentingan Amerika, Israel dan sekutu2x arab yg munafik dgn politik pecah belah dan adu domba dgn menyebarkan paham kebencian dan perpecahan konflik antar sekte dalam islam dgn tujuan melemahkan sehingga mudah ditaklukan sedangkan bagi negara islam munafik yg mau bekerjasama dgn orang kafir negaranya relatif stabil karena para dikatator2x tersebut didukung habis2xan oleh amerika dan diberi bantuan senjata ditukar dengan minyak untuk MENEKAN RAKYAT2X DI NEGARA TERSEBUT SEDANGKAN MEREKA TIDAK SUKA DGN PEMERINTAHNYA.

    gue tunggu tanggapan dan balasan dari elo ya.

    gitu aza kok repot
    @ Thaifah

    Gue mo nanya ama lo, apakah pemerintahan Arab Saudi yg MONARKI itu sudah sesuai dengan sistem pemerintahan Syariah Islam ?

    gue tunggu jawaban lo ye.

    wassalam

  59. †M.SIDIQ† said

    gue emang tersesat di jalan alloh yg penuh ceceran darah dan teriakan takbir dengan mata melotot
    sambil mengacungkan pedang.
    tapi gue menemukan jalan yg damai penuh kasih.
    gue merasa lebih nyaman di jalan sekarang.

  60. †M.SIDIQ† said

    menurut gue jumlahnya 19 .
    tapi ayat 7 yg bikin gue gusar .
    ayat itu sumber kebencian .

  61. Paulus Nabi Palsu said

    @+m sidik+

    Ya itu semua terserah elo,jika memang keputusan elo sudah bulat dan mantabs unt menjadi penghuni abadi neraka jahanam, ya gue mau bilang apa lagi semuanya khan sudah jelas terbongkar kebohongan elo, ngaku2xnya muslim padahal sebenarnya srigala berbulu domba yg kerjanya mengadu domba.

    Dasar domba sesat lo, ditanya lain jawabanya lain.

    @ saudara thaifah

    Where are you? Lg ngumpulin bahan jawaban ya, jgn lama2x ya padahal pertanyaanya khan sgt simpel.

    Ojo lali yo

  62. †M.SIDIQ† said

    stelah kematian muhammad ,setiap pergantian kekahalifahan pasti melalui pertumpahan darah.
    sampai terbunuhnya Ali cucu nabi .

    di lombok ahmadyah di bantai .di sampang shy’ah dibantai.
    apa itu adu domba kafir???

  63. †M.SIDIQ† said

    gue tdk takut ama neraka jahanam ,
    juga tdk tertarik janah yg isinya sungai ama 72 houry perawan dan anggur.

    karena yg begituan banyak di bumi.
    gak usah nunggu kiamat

    gitu aja kok susah. dik dik……

  64. “stelah kematian muhammad ,setiap pergantian kekahalifahan pasti melalui pertumpahan darah.
    sampai terbunuhnya Ali cucu nabi .”

    indonesia lebih parah lagi
    setiap penggantian presiden selalu ada pertumpahan darah
    dlm agama kristen yg elu bangga2-in bahkan elu menambahkan lambang pagan, yaitu salib
    sejarah gereja selalu ada pembantaian masal
    ingat masa2 DARK AGES, trus MAHKAMAH INQUISISI, perang CRUSADE, 3 G(golden, glory, gospel) dlsbg

  65. elo gak takut dg neraka jahannam…!!!
    itu urusan elo
    emangnye gue pkirin
    mendingan dini aja
    sekarang elo bikin surat wasiat
    yg ntar kalo elo mati mayat elo gak usah dimandikan, disholatkan, dibungkus dg kain kafan, dikubur dg tata cara ISLAM, didoakan dg tata cara ISLAM

    kan katanya elo meyakini kalo Al-Qur’an bukan dr ALLAH SWT
    kalo Al-Qur’an aja diragukan, apalagi hadis yg levelnya di bawah Al-Qur’an
    sedangkan itu semua berasal dr Al-Qur’an dan Hadist

  66. “kenapa lo masukin alquran yg katanya wahyu tuhan ?? bodoh
    lo udah fitnah tuhan . seolah2 tuhan begok ya.”

    kenapa dimasukin….!!!
    lha emangnya yg bikin Al-Qur’an gw apa
    itu kan cuma dlm pandangannya dia(Dzulqarnain AS) saja
    bukan berarti itu bener2 tenggelam
    makanya baca dg bener kalimatnya

    ya terserah
    kalo emang ente udah gak percaya mau apalagi
    percuma aja dijelasin
    pasti dicari-cari kesalahannya
    _____

    justru ente yg bodoh
    pancasial cuma produk budaya sampah dr ajaran SYIRIK/PAGAN, justru malah ditegakkan
    gak ada sejarahnya suatu bangsa dg pancasial bisa berjaya
    gak ada catatan sejarahnya
    setiap penggantian pemimpin/presiden, negara pancasial tsb selalu membutuhkan darah pengorbanan rakyatya

    pancasial = sampah

    ISLAM harga mati
    pancasial sebentar lagi mati

  67. “lo bilang eropa primitif terus islam yg ngajarin peradaban????????????????”

    baca dong sejarah eropa, sebelum ISLAM datang
    orang2 eropa hidup dlm masa2 DARK AGES
    hidup dibawah penindasan gereja
    trus ada MAHKAMAH INQUISISI
    mereka hidup dibawah penindasan romawi
    yg kemudian menjadi gereja vatican
    hampir seluruh daratan eropa termasuk juga britania raya, dibawah kekuasaan vatican
    mereka ditindas
    sementara itu umat ISLAM sedang berjaya
    menguasai peradaban, teknologi

    ingat galileo, seorang ilmuwan yg harus mati oleh gereja
    gara2 dia menyatakan bhw matahari pusat tata surya dan bumi mengelilingi matahari
    dia dihukum karena bertentangan dg doktrin gereja

    apalagi pancasial, gak ada catatan sejarah kejayaannya
    ______

    nyari minyak ditolong kafir…!!!
    sori aja
    inilah mental inlander bangsa indonesia
    ngebor minyak aja gak sanggup bisanya cuma impor doang

    bicara soal minya
    liat tuh orang2 kafir eropa, amerika
    mereka tukang rampok di timur tengah
    trus ente bilang itu kemajuan
    liat juga tuh bangsa dnonesia dimiskinkan secara sistematis oleh orang2 eropa
    bukan oleh orang Arab

  68. woi zindiq
    elu belum menjawab gw luh
    jangan lari luh

    tolong tunjukin dalili bhw tanah Palestina itu tanahnya yahudi

    jangan lari luh
    dalilnya drmana

  69. penjelasan ttg lumpur hitam
    “dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. ”

    dia (Dzulqrnain AS) melihat bhw matahari tenggelam di laut yg berlumpur hitam
    itu hanya dlm pandangannya si Dzulqarnain AS saja
    sama seperti manusia melihat matahari tenggelam, terbenam bahasa inggrisnya sunset
    ato terbit, sunrise
    padahal bukan matahari yg terbenam
    cuma dlm pandangan manusia saja

    kenapa dimasukan?
    ya terserah ALLAH SWT dong mau memasukkan ayat ini
    kan Dia yg bikin, kok elo yg protes
    gw sih bisa maklum
    ente kan orang termasuk orang zindiq
    emang dasar ente aja yg gak bisa memahami ayat tsb
    trus ente cari alasannya yg aneh2
    elu pikir gw gak bisa jawab pertanyaan sampah dr ente

    persis seperti nabi Ibrahim AS dlm proses pencarian tuhan dlm surat Al-Anbiya
    juga menganggap bhw bulan, bintang dan matahari sbg tuhannya
    itu dlm pandangannya dia saat itu
    tapi itu bukan berarti bhw ALLAH SWt adalah bintang, matahari, bulan ato benda angkasa lainnya

  70. amerika itu kalah perang lawan taliban
    dr awal amerika serikat gak berani perang sendirian seperti uni sovyet dulu
    beraninya maen keroyokan
    pake ngajak NATO/ISAF
    banci betul

    kalo amerika menang, tentu sekarang amerika dkk udah gak berada lagi di afghnistan
    perang udah berenti
    karena taliban/mujahideen habis ditumpas
    tapi kenyataannya
    sampe sekaragn gak menang2

    udah 12 tahun gak menang2
    gimana sendiri, coba
    sekarang amerika dkk diambang kehancuran
    terutama ekonominya
    karena setiap hari dibom oleh mujahideen
    sebentar lagi, impetium amerika akan hancur persis seperti uni sovyet dulu
    ente bisa liat sendiri perekonomian mereka hancur lebur
    bagitu juga perekonomian sekutunya, eropa barat
    juga sama ja
    diambang kehancuran

    nih gw kash liat videonya


    nih tentara amerika nangis (04:45)
    udah keroyokan pake nangis lagi
    padahal sebelumnya, mereka ngebom pemukiman warga sipil


    masih banyak lagi

  71. †Ahmad Mursalim.† said

    secara teori lo, lo boleh ngomong apa aja itu kan TAQIYA yg lo anut.
    tetapi gue ngomong secara fakta ‘ negara2 bersyareat itu kebanyakan hancur lebur saling bantai.!!

    kalo dalam sejarah gereja dulu pernah ada pertumpahan darh ya itu politik bisa saja.
    tetapi tidak berlanjut sampai sekarang.
    contoh; yahudi dulu pernah menyalib yesus. ya itu dulu….tapi tidak ada berlanjut.menjadi dendam sejarah. itu bedanya .

  72. †Ahmad Mursalim.† said

    tapi islam beda peristiwa abad 7 tetep aja sampai sekarang di pelihara.
    apa gak gila tuh!!!

  73. TAQIYAH….!?!?!
    gak gak bertaqiyah
    ente aja yg maksain
    kalo orang punya pemikiran gak seperti ente, trus disebut taqiyah
    apa2-an luh

    ente jangan lari dr pertanyaan gw
    tolong tunjukin dalil bhw tanah Palestina itu miliknya oragn2 yahudi…!?!?!

    jangan lari luh dr pertanyaan gw

  74. ente belom menjawab pertanyaan gw

    BUKTIKAN KALO NABI IBRHIM ITU BERAGAMA YAHUDI…!?!?!

    kalo gw udah menjelaska kalo nabi Ibrahim AS itu beragama ISLAM
    elo mana pembuktiannya….
    jangan lari luh

    ___________

    sekedar catatan
    kata yahudi itu diambil dr dari salah satu suku dr 12 suku bani Israil, yaitu JUDAH
    12 suku bani Israil ini adalah keturunan nabi Ishaq AS
    nabi Ishaq AS adalah anak dr nabi Ibrahim AS
    jadi JUDAH adalah cucunya nabi Ibrahim AS
    dr Judah ini trus berkembang menjadi suatu agama yg disebut Yahudi
    ato bahasa inggrisnya Judaism

    jadi sangat lucu dan aneh sekali jika
    1.suatu agama diambil dr nama suatu suku
    nama suku tsb diambil dr nama seseorang
    jadi nama agama tsb diambil dr nama seseorang
    aneh sekali…!!!
    2.jika nabi Ibrahim AS memeluk suatu agama
    yg mana nama dr agama tsb diambil dr nama cucunya sendiri
    padahal, sewaktu dia masih hidup
    cucunya belom lahir
    lha trus nabi Ibrahim AS membawa agama apaan dong
    lha wong cucunya aja belom lahir
    3.sangat aneh sekali, jika ke-12 suku bani israel semuanya beragama yahudi
    suku ruben, beragama yahudi
    suku yusuf, beragama yahudi
    suku gad, beragama yahudi
    suku yahudi beragama yahudi
    dlsbg
    ini logika jahil bin bahlul

    _______

    ayo gw tantang elo untuk menjawab pertanyaan gw
    jangan lari luh
    kalo elo gak jawab
    gw anggap elo kalah
    dan gw gak akan lagi menjawab pertanyaan2 sampah dr elo lagi
    😦

  75. ISLAM abad ke 7…..!?!?!?!

    lha demokrasi, adalah produk budaya bikinannya manusia penyembah berhala
    ratusan tahun sebelum masehi

    filisofi usul pancasial berasal dr ajaran hindu
    burung garuda juga berasal dr ajaran hindu
    agama hindu sendiri diciptakan di india ratusan tahun sebelum masehi
    ____

    catatan:
    agama ISLAM adalah agama yg sudah disempurnakan oleh ALLAH SWT sejak nabi Adam AS
    jadi keberadaan ISLAM gak mungkin tenggelam oleh waktu
    sampe kiamat nanti
    kalo ISLAM itu ketinggalan jaman, maka ALLAH SWT akan mengutus seorang nabiNya lagi untuk menyempurnakannya
    tapi pengutusan nabi sudah berakhir
    ISLAM sudah sempurna

    QS 9:33
    Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.

    QS 48:28
    Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.

  76. †M.SIDIQ† said

    semua nabi2 kan berasal dari cerita bangsa yahudi.
    nah lo islam mendompleng cerita 2nabi yahudi . lo masukin quran. ya kan???
    islam lahir ya setelah muhammad . begitu begok!!

    yg ngaku nabi setelah muhammad ada kok.
    tuh …mirza gulam ahmad he he he.

  77. †M.SIDIQ† said

    gue gak percaya alloh itu TUHAN.
    SOALNYA kalo gue baca karakter alloh dlm quran kok biadab banget perintah2nya.

    ngancem pakek neraka jahanm.
    iming2 surga 72 houry ama anggur lagi.
    waduh2 sorga begituan mah cocok buat preman doang.ih gak doyan aku.

    makanya negara2 islam berantem mulu . ya kayak preman.

    liah tuh SURIAH DLL.

  78. †M.SIDIQ† said

    LO kok gak jawab saudi yg monarki.
    sesuai syareat gak ????

    lo jngan kabur ya!!

  79. †M.SIDIQ† said

    bicara dalil . menurut islam palestina adalah darul islam.
    menurut yahudi; itu tanah yg dijanjikan .ya emang itu satusatunya tanah yg tersisa.yg lain kan udah lo kuasai habis. serakah banget sih lo!!
    karena sama2 mengklaim ya tinggal adu kuat aja.
    tentang hasilnya kita lihat aja nanti.

    menurut dalil quran ;matahari terbenam di lumpur .
    bintang2 untuk nimpuk setan, wah gede amat setannya.
    bintang itu aja lebih besar dari matahari.
    waduh begoknya antum.
    itu dalil lo
    he he he

  80. †M.SIDIQ† said

    gue mau tanya, kenapa alloh nurunin ayat pakek nitip lewat jibril, yg dituju kok muhammad yg
    buta huruf. terus muhammad ngasih tau anak buahnya, nah anak buahnya ini lah yg nulis alquran

    prosesnya bertele tele banget.
    makanya jadi banyak versinya.
    kenapa gak pilih orang cerdas yg bisa nulis sendiri?????
    ayo bisa jawab gak???

  81. †M.SIDIQ† said

    agama islam agama yg udah disempurnakan oleh alloh.
    menurut lo udah sempurna blon???
    soalnya kan banyak ayat yg salah!!!
    kok berani ngaku sempurna?????????????????

  82. isnawa said

    PANCASILA Mengandung inti sari ajaran Islam, strategi ulama agar ajaran islam dapat diamalkan oleh semua agama di Indonesia, maka hendaklah kita bijaksana dalam berbangsa dan bernegara.Marilah kita bersatu sebagai makhluk ciptaan Allah dengan menampilkan keindahan Islam dalam sikap dan perkataan agar manusia merasakan indahnya Islam bagi semua agama. sekian.

  83. isnawan said

    PANCASILA Mengandung inti sari ajaran Islam, strategi ulama agar ajaran islam dapat diamalkan oleh semua agama di Indonesia, maka hendaklah kita bijaksana dalam berbangsa dan bernegara.Marilah kita bersatu sebagai makhluk ciptaan Allah dengan menampilkan keindahan Islam dalam sikap dan perkataan agar manusia merasakan indahnya Islam bagi semua agama. sekian.

  84. pertanyaan gw dijawab dg abal2
    sampah betul luh
    yahudi, itu bukan agama para nabi
    tapi agama orang2 yg tinggal di tanah JUDEA
    dr situlah muncul istilah JUDAISM(agama yahudi)

    payah

  85. dasar zindiq
    debat sama elu gak

    negara Arab rusuh itu karena amerika serikat tukang merampok minyak
    hobinya mendirikan diktator
    miriplah kayak di indonesia
    pemimpinnya cumaboneka suruhan
    tapi selalu teriak pancasial harga mati
    makanya orang2 yahudi, kaum pendatang harus diusir
    baru timur tengah damai
    mereka kan kaum pendatang ilegal

  86. indonesia dg pancasila rusuh melulu
    KKN melulu
    pembantaian melulu
    itu karena penguasanya adalah bonekanya amerika semua
    kekayaan alamnya dirampok amerika
    ente bilang itu kemajuan
    persis seperti orang2 kulit putih yg ada di asutralia
    kaum penjajah

  87. dasar zindiq
    payah luh

    tantangan gw untuk membuktikan bhw nabi Ibrahim AS beragama yahudi
    gak sanggup dijawab
    bisanya cuma mengalihkan topik pembicaraan

  88. @zindiq
    justru ente yg berTAQIYAH
    pake ngaku2 sbg muslim segala
    tapi
    1.gak percaya Al-Qur’an dr ALLAH SWT
    2.mengatakan bhw Al-Qur’an cuma karangan Muhammad SAW
    3.menyebut nabi Muhammad SAW gak pake sikap yg hormat
    cukup dg sebut namanya saja
    4.mendukung yahudi lakntullah
    5.mengatakan bhw umat ISLAM-lah yg harus keluar dr bumi Palestina
    5.trus bangga banget dg tanda salib
    mana ada umat ISLAM yg bangga dg tanda salib
    kecuali orang kristen yg ngaku2 muslim

    ente gak usah berTAQIYAH
    ente bukan muslim

    gw tantang untuk ngebuktiin bhw nabi Ibrahim AS beragama yahudi
    eeeeee ternyata ente gak sanggup
    malah justru bikin tuduhan

    emang dasar kristen
    tukang tipu
    pake ngaku2 beragama ISLAM segala

  89. †Anonymous† said

    lo juga ngaku2 rahmatan lil al amin
    padahal musibah lil al amin.

    FAKTA…..NO …TAQIYA.

  90. vino said

    @Thaifah sahabatku..

    orang2 yg menolak islam itu sudah ada sejak jaman rasulullah saw. sunnatullah itu.
    mereka ada sebagai ujian bagi kita. fakta apapun yang kita beri akan ditolak mereka.

    jangan sampai kita, sebagai org yang mengerti, malah membuat islam terlihat kasar.
    muhammad saw ditunjuk ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak.

    sudah sepatutnya kita mengikuti beliau. tunjukkan dengan kata2 yang baik. rasulullah saw tidak pernah berkata kasar bahkan kepada musuhnya yang suka meludahi beliau, beliau malah memberikan kasih sayangnya.

    sudahlah, beritau saja apa yg antum tau. tidak usah menghina, memaki, kasian mereka…

  91. vino said

    Memang, harus kita akui, ada nilai-nilai Islam terkandung dalam butir-butir Pancasila. Namun, gak berarti Pancasila itu identik dengan Islam.

    “Barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi” (Ali Imran [3]: 85).

    Coba buka Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cari arti kata asas. Akan ditemukan definisi: sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat. Jika ditarik lebih luas, itu berarti juga tumpuan bertindak. Sebab, mana mungkin kita bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu?

    Jika kita bertanya kepada ustadz atau ulama dimana pun mereka berada di bumi Indonesia ini, apa tumpuan berpikir, berpendapat, atau bertindak seorang Muslim? Pasti jawabnya Al-Qur`an dan Hadits. Jika kita tanya lagi, bagaimana bila ada yang lain? Mereka mungkin akan bertanya kembali, apakah bertentangan dengan Islam? Kalau tidak, silakan saja. Kalau bertentangan, jauhilah!

    Ada dua hal yang bisa kita simpulkan.

    Pertama, asas seorang Muslim adalah Islam.

    Kedua, jika ada asas-asas lain maka tempatkan Islam di atas semua itu.

    Belakangan ini para pakar & pelaku politik sering menyebut kata-kata “asas tunggal”. Tentu saja yang dimaksud adalah Pancasila. Ada keinginan dari sekelompok pelaku politik untuk menyeragamkan asas partai-partai politik di Indonesia menjadi satu asas saja, seperti pada masa Orde Baru.

    Apa tujuannya? Wallahu a’lam. Hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT) yang tahu isi hati mereka.

    Tunggal jelas berarti satu. Asas tunggal berarti tidak boleh ada asas lain. Jika Pancasila menjadi asas tunggal, itu berarti tak boleh ada asas lain kecuali Pancasila yang dijadikan tumpuan berpikir atau berpendapat di negeri ini. Kalaupun ada yang lain, tak boleh bertentangan dengan Pancasila. Pokoknya, Pancasila berada di atas segalanya. Yang lain ada di bawahnya, termasuk Islam.

    Sebagian partai politik ada yang menentang keinginan ini. Mereka ingin mencantumkan Islam sebagai asas partai. Sebagian lagi ada yang menolak asas tunggal namun tetap mencantumkan Pancasila sebagai asas partai. Dan golongan terakhir, partai nasionalis yang jelas-jelas menginginkan Pancasila sebagai asas tunggal.

    Sebagian pelaku politik ada yang berpendapat Islam sudah final. Tak boleh digantikan oleh ideologi lain. Namun, sebagian yang lain berpendapat Islam dan Pancasila itu tidak bertentangan. Pancasila itu, kata mereka, ya, Islam juga.

    Pertanyaannya, apa benar begitu?

    Memang, harus kita akui, ada nilai-nilai Islam terkandung dalam butir-butir Pancasila. Namun, tak berarti Pancasila itu identik dengan Islam. Coba lihat, di negara yang berideologi Pancasila ini, lokalisasi masih boleh berdiri (meskipun pelacuran liar tak dibolehkan), minuman keras boleh dijual (meskipun kandungan alkoholnya tak memabukkan), waria dan gay masih bebas bertebaran bahkan melakukan seminar dan kontes, pelaku zina dan pemerkosa cuma mendapat hukuman penjara, goyang sensual masih boleh dipertontonkan di televisi, poligami dilarang bagi pegawai negeri, dan majalah porno masih bebas dipajang.

    Fakta di atas tak ditemukan saat kepemimpinan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) dulu. Masihkah ini belum menjawab pertanyaan tersebut? Wallahu a’lam.

    dari : http://noorulfuady.wordpress.com/asas-tunggal/

  92. @†Anonymous†
    justru ente yg gak usah TAQIYAH
    ngaku beragama ISLAM tapi
    1.bangga dg lambang salib
    padahal seorang sahabat yg tadiya kristen trus masuk ISLAM yg bernama Adi bin Hatim pernah dilarang oleh Rasulullah pake salibgonta-ganti nama
    Msiddiq, ahmad, †Anonymous† tapi pake tanda salib
    2.menuduh bhw para nabi beragama ISLAM itu karangan Muhammad SAW
    3.menuduh bhw AL-QUr’an bukan firman ALLAH SWT

    dlsbg

    tapi satu yg belum ente jawab
    TOLONG JELASIN KALO NABI IBRAHIM AS, BERAGAMA YAHUDI….!?!?
    dimana agama yahudi diambil dr nama JUDAH, ato bahasa inggrisnya JUDAISM
    JUDAH sendiri adalah cucu dr nabi Ibrahim AS

  93. PENDEKAR TALIBAN said

    TOLONG JELASIN
    BERAPA JUMLAH ISTRI NABI??
    YG PALING TUA UMUR BERAPA???
    YG PLLING MUDA UMUR BERAPA???
    YG BUDAKNYA BERAPA???
    YG TAWANAN PERANG BERAPA??
    YG YG ANAK SODAGAR BERAPA???

    AYO BISA JAWAB GAK???

    BUMI INI KATANYA GOYAH, TERUS DI PANCANG 7 GUNUNG
    UNTUK MENYETABILKAN.
    KOK CUMA 7???
    KENYATAANNYA GUNUNG KAN BANYAK.

    BELUM TAHU GEOGRAFI SIH.
    UDAH BERANI NULIS DALIL
    NAH KETAHUAN DEH BEGOKNYA

    BINTANG2 UNTUK NIMPUK SETAN .
    UDAH TAHU ASTRONOMI BELUM ??

    ??????????????????????
    ?????????????????????
    ????????????????????????

  94. Karimunjawa Tour

    PKS Tolak Pancasila Sebagai Asas Tunggal! « KabarNet.in

  95. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. said

    PARTAI PALING BRENGSEK DI MUKA BUMI INI ADALAH PKS….!!!!!!
    JOKOWI NAIK, PKS BUBAR, BERSIHKEN SAMPEK KE AKAR2NYA!!!!!! PARTAI LAKNAT!!! *hammer*

  96. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. said

    PKS PENERUS PKI, CUMA BEDA FORMAT AJA…

  97. mamad said

    Partai Kesandung Sapi

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: