KabarNet

Aktual Tajam

Amien Rais Ragukan Nasionalisme Jokowi

Posted by KabarNet pada 27/09/2013

Jakarta – KabarNet: Serangan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, terhadap Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini semakin bertubi-tubi saja. Yang terakhir, Amien mempersamakan Jokowi dengan bekas Presiden Filipina, Joseph Estrada yang disebutnya seorang pemabuk, namun bisa terpilih menjadi presiden hanya karena faktor popularitasnya sebagai aktor film, tak lebih dari itu.

Ucapan itu dilontarkan Amien di hadapan ratusan mahasiswa saat memberikan kuliah umum di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (24/9/2013).

Sebelum ini, Amien pun pernah meragukan kepemimpinan Jokowi. Ia menilai kesuksesan yang disebut-sebut melekat dalam kepimimpinan Jokowi hanya pencitraan belaka. “Di Solo itu yang bekerja Rudi (FX Rudi, wakil wali kota). Saya ini orang Solo, kemiskinan dan kumuh masih banyak,” katanya seperti dikutip Tempo di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2013 lalu.

Menurut Amien, Jokowi belum bisa dianggap sukses memimpin Jakarta. Alasannya, kemacetan dan kumuh masih menjadi persoalan. “Dia berhasil membersihkan Pasar Tanah Abang, tetapi macet Jakarta masih terasa,” ujarnya.

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat 1999-2004 itu juga meragukan Jokowi punya komitmen nasionalisme kuat kendati berasal dari partai nasionalis, PDI Perjuangan. Amien menyebut kebijakan Megawati Sukarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan, saat menjadi presiden, yaitu menjual saham PT Indosat Tbk ke asing, pembebasan utang pengusaha hitam, merupakan kebijakan yang berlawanan dengan semangat nasionalisme. “Mega saja bisa seperti itu,” katanya.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai kelompok politik Islam belum tentu mau berkoalisi dengan Jokowi jika maju sebagai calon presiden. “Belum tentu,” katanya. Pernyataan itu berbeda dengan pernyataan Amien sebelum ini di berbagai media yang menggadang-gadang kemungkinan Jokowi berduet dengan Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN.

Serangan-serangan Amien Rais tersebut tentu menimbulkan tanda tanya besar di benak masyarakat. Ada apa gerangan? Amien dikenal sebagai seorang Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Gajahmada, Yogyakarta, disamping juga seorang politisi ulung yang membidani lahirnya Partai Amanat Nasional (PAN). Ucapan orang sekaliber Amien Rais tentu bermuatan politis dan mengandung tujuan tertentu yang kini sedang ramai dibahas oleh para peneliti dan pengamat. Sebab, mustahil seorang Amien Rais melontarkan serangan terhadap Jokowi hanya dalam kapasitas pribadi karena rasa suka ataupun tidak suka saja.

Jadi, apa gerangan yang dituju Amien Rais dengan ucapan-ucapan yang membuat panas telinga di kalangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan para simpatisan Jokowi itu? [KbrNet/adl – Source: Tempo]

7 Tanggapan to “Amien Rais Ragukan Nasionalisme Jokowi”

  1. Anonim said

    cari sensasi saja itu Amien Rais,sudah tidak laku di pasaran politik,koar-koar cari perhatian biar dapat ikut ajang pemilu 2014

  2. tolong dibaca nih
    biar pinter

    Mayoritas Media Massa Nasional Jadi Pelacur Pembentuk Opini Palsu Jokowi by @TrioMacan2000 – Chirpstory
    http://chirpstory.com/li/122525

  3. andri said

    Amin yg galau.dia udah gak laku.jadi kalap komentnya.dicecar sama adian napitupulu tentang peristiwa 98 dia gak berkutik.

  4. BOY said

    coba dipikir sama pernyataan perang badar??????????siapa yang nasionalismenya yang tidak ada???????kalo ngomong kaya gini sama monyet ragunan mungkin bisa dipercaya!!!!!!!saya cuma mau bilang KASIHAN SEKALI.

  5. BOY said

    pesta demokrasi pake dibilang perang segala…..pak amin yang terhormat orang bodoh juga tau pilpres itu pesta demokrasi masyarakat indonesia bukan perang, kalo mau perang pergi kenegara konflik aja, perang badar itu perang apa…jangan disamain dong, inndonesia negara dan bangasa yang sudah damai….siapapun pilihan anda dan kawan2 mohon bijak dalam berkata2 dan berprilaku…GOD BLESS INDONESIA

  6. akurapopo said

    hanya orang bodoh yang mempercayai isi twit dr tm2000… siapa gerangan tm2000 aja gak jelas….. kalau memang benar dia pejuang tunjukan siapa diri dia sebenarnya dihadapan masyarakat umum dan buktikan bahwa apa yg dja twit itu semua benar ada bukti dan konkrit serta dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan dihadapan hukum…….

  7. Anonim said

    seorang amin rais tdk akan mungkin bicara tanpa dasar dan bukti. seharusnya kita renungkan, jgn sampai terulang kembali kerugian negara sepeti dl dimana aset negara hilang lagi, dan pemerintah yg tdk berpihak ke rakyat (pembentukan outsourching), pelepasan pulau pulau kita. kasihan perjuangan para pendiri bangsa yg dgn susah payah memerdekakan negara ini dgn wilayahnya menjadi sia sia

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: